Nama Latin Mawar, Lengkap Dengan Deskripsi Singkat


Apa sih nama latin dari bunga mawar yang sering kita lihat terutama disekitar kita? Nama latin mawar yang sering kita lihat khususnya di Indonesia yang sering diperjual belikan adalah Rosa sp. Namun, pada kenyataannya nama latin daripada bunga mawar banyak sekali berdasarkan asal spesiesnya. Berikut adalah nama latin mawar berdasarkan asal spesiesnya:

nama latin mawar

Spesies asal Eropa:

Rosa wichuraiana, dapat tumbuh hingga 6 meter. Namanya diambil dari ahli botani Jerman Max Ernst Wichura (1817-1866), dengan akhiran-IANA.

Rosa spinosissima, Mawar putih kecil dari Skotlandia.

Rosa centifolia, digunakan oleh Perancis untuk penyulingan sebagai minyak mawar untuk dijadikan parfum.

Rosa gallica, berasal dari Eropa bagian tengah dan selatan.

Rosa canina, menghasilkan buah rose hips yang sangat kaya dengan vitamin C bahkan termasuk di antara sumber vitamin C alami yang paling kaya.

Rosa Alba, merupakan contoh Mawar Taman yang paling tua, dibawa ke Inggris oleh bangsa Romawi kuno.

Spesies asal Amerika Serikat:

Rosa cinnamomea, dinamakan cinnamomea (cinnamon) atau kayu manis karena memiliki aroma seperti kayu manis. Spesies ini hanya terjadi sebagai bentuk corolla ganda di New England, Amerika Serikat.

Rosa nitida, dikenal juga dengan mawar yang bersinar karena daunnya berkilau. Nitida berasal dari kata nitidus (latin yang berarti bersinar).

Rosa californica, merupakan mawar liar California, adalah spesies mawar asli negara bagian Amerika Serikat dari California dan Oregon dan bagian utara dari Baja California, Meksiko.

Spesies asal Timur Tengah:

Rosa foetida, diperkenalkan dari Persia (Iran) merupakan tambahan penting bagi budidaya mawar semenjak tidak ada bunga mawar kuning asli dari Eropa. Rosa foetida dikenal juga dengan nama Austrian briarPersian yellow rose dan Austrian coper rose.

Rosa foetida bicolor, mawar dengan warna mekarnya merah-tembaga dengan warna benang sari kuning dan memiliki aroma licorice yang kuat.

Rosa foetida perciana, mawar kuning persia dengan bentuk ganda rosa foetida, bunga kuning yang kuat.

Rosa felicia, merupakan mawar merah muda pucat dengan memiliki banyak kepala pada satu cabang yang melengkung panjang dengan aroma yang sangat enak.

Rosa damascena, merupakan mawar yang berasal dari Damaskus (Suria), digunakan oleh Bulgaria, Iran dan Jerman untuk penyulingan minyak mawar untuk dijadikan parfum.

Spesies asal Tiongkok:

Rosa chinensis, telah lama digunakan sebagai obat tradisional Cina. Mawar jenis ini biasa digunakan untuk masalah perut dan sedang diselidiki untuk mengendalikan pertumbuhan kanker.

Rosa laevigata, putih, harum merupakan mawar asli Cina Selatan dan Taiwan selatan hingga Laos dan Vietnam, dan invasif di Amerika Serikat.

Rosa gigantea, adalah spesies mawar asli timur laut India, Myanmar utara dan barat daya Cina di kaki bukit Himalaya di 1000-1500 m dpl.

Rosa Primula, adalah salah satu yang terbaik dari mawar liar yang berubah menjadi besar, tegak, semak berduri dengan daun muda memberikan aroma yang sangat kaya.

Rosa mulliganii, mawar dengan bunga individu kecil dan tunggal.

Rosa sericea pteracantha, adalah spesies mawar asli Cina barat daya (Guizhou, Sichuan, Xizang, Yunnan), Bhutan, India utara (Sikkim), Nepal dan Myanmar, tumbuh di pegunungan pada ketinggian dari 2,000 – 4,400 m.

Rosa hugonis, mawar tua semak favorit yang menjulur naik ke atas, mekar berwarna putih dan kuning pada benang sarinya.

Rosa banksiae lutea, adalah spesies tanaman berbunga dalam keluarga mawar, asli Cina tengah dan barat, di provinsi Gansu, Guizhou, Henan, Hubei, Jiangsu, Sichuan dan Yunnan, di ketinggian 500-2,200 m.

Spesies asal Jepang:

Rosa roxburghii, adalah obat herbal dengan potensi anti kanker.

Rosa roxburghii ‘hirthua (tidak ditemukan referensi untuk penjelasannya).

Rosa acicularis nipponensis (tidak ditemukan referensi untuk penjelasannya).

Rosa multiflora, umumnya dikenal sebagai mawar multiflora, mawar bayi, mawar Jepang, adalah spesies mawar asli Asia Timur, di Cina, Jepang dan Korea.

Rosa wichuraiana (tidak ditemukan referensi untuk penjelasannya).

Rosa rugosa, menghasilkan buah rose hips yang sangat kaya dengan vitamin C bahkan termasuk di antara sumber vitamin C alami yang paling kaya (hampir sama dengan rosa canina).

Rosa uchiyamana (tidak ditemukan referensi untuk penjelasannya).

Rosa jasminoides (tidak ditemukan referensi untuk penjelasannya).

Rosa fujisanesis (tidak ditemukan referensi untuk penjelasannya).

Itulah nama latin mawar dengan sedikit penjelasannya, sebagian tidak ada penjelasannya dikarenakan kami tidak menemukan referensinya. Semoga dapat sedikit menambah ilmu Anda.

Referensi: Wikipedia dan lain-lain.


Leave a Reply