Sekilas Tentang Deskripsi Mawar Semi Holland


Bagi para penyuka bunga mawar semi holland (mawar yang paling banyak dibudidayakan di Indonesia), mari sekilas kita bahas mengenai deskripsi mawar dimulai dari atas mahkota, kelopak, daun, batang sampai akarnya untuk menambah ilmu kecintaan kita terhadap bunga yang sangat indah ini.

Mahkota

Mahkota bunga (corolla) mawar semi holland pada umumnya terdiri atas banyak helai daun bunga (helai daun bunga disebut juga dengan petal) mahkota yang tersusun bertumpukan dan membentuk lapisan-lapisan indah dengan berbagai macam warna pada umumnya seperti merah (sexy red), merah muda pucat (pink universe), merah muda keunguan (revival), kuning (mohana), oranye (voodoo), putih (white avalanche), ungu (cool water), dll.

Kelopak

Mawar semi holland Dilengkapi dengan perhiasan kelopak bunga yang umumnya terdiri atas lima helai (helai kelopak disebut juga dengan sepal) berwarna hijau tepat berada di bawah mahkotanya.

Batang

Batangnya berkayu tegak lurus berwarna hijau tua, menempel dan menjadi satu dengan kelopak bunganya. Batangnya dilindungi dengan duri yang pada umumnya berwarna hijau kecoklat-coklatan atau kemerah-merahan atau kombinasi antara warna tersebut dengan tinggi antara 30 – 80 cm dan memiliki kambium sehingga dapat memperbesar.

Daun

Daunnya berwarna hijau, majemuk dimana tiap daunnya terdiri atas 3 hingga 13 anak daun dan berbentuk lonjong meruncing dengan tulangnya yang menyirip, berujung runcing dan tepiannya beringgit.

Akar

Sistem perakaran bunga mawar sebenarnya tunggang, namun karena bunga mawar semi holland dikembangkan dengan cara okulasi (penggabungan stek mawar holland dengan mawar liar), maka akar yang dihasilkan adalah akar serabut. Sama dengan batangnya, akar mawar memiliki kambium sehingga dapat memperbesar.

Susunan mawar semi holland

Susunan mawar semi holland

Kesimpulan

Berdasarkan deskripsi mawar semi holland yang telah dijelaskan diatas tersebut, dapat disimpulkan bahwa tanaman ini termasuk kedalam kategori tumbuhan dikotil. Dimana ciri-ciri tumbuhan dikotil adalah memiliki kelopak bunga kelipatan empat atau lima, memiliki daun yang menjari atau menyirip, dan memiliki kambium pada batang dan akarnya.


Leave a Reply