Manfaatkan Mahkota Mawar Untuk Peluang Bisnis Lainnya


Dalam setiap membuat produk bisnis apa pun itu seperti budidaya pertanian, industri barang elektronik, membuat olahan makanan dan lain sebagainya biasanya terdapat produk gagal. Seperti halnya budidaya mawar, setiap petani mawar pasti mendapatkan sebagian bunganya tidak dapat dijual karena kualitasnya yang tidak memenuhi standar penjualan. Bunga mawar yang tidak dapat dijual biasanya yang memiliki batang bengkok, mahkota kecil dan atau agak rusak.
Lalu dikemanakan biasanya bunga-bunga yang tidak dapat dijual tersebut? Kebanyakan pasti dibuang, padahal mahkota mawarnya masih dapat dimanfaatkan untuk hal lainnya. Begitu pun dengan mahkota-mahkota yang tumbuh bagus pada saat batang-batang sedang dilakukan teknik “bending” seperti pada gambar di bawah ini biasanya dibuang.
Mawar mekar ketika dibending
Padahal bunga-bunga tersebut, khususnya lembaran-lembaran mahkota (petal) mawar tersebut masih dapat dijadikan peluang bisnis lainnya. Lalu peluang bisnis apa yang dapat memanfaatkan petal mawar?

Indonesia merupakan negara yang masih sangat kental dengan tradisi ritual atau upacara kenegaraannya, nah biasanya untuk melakukan tradisi-tradisi ritual tersebut mereka selalu menggunakan helaian-helaian (petal) bunga mawar sebagai bunga tabur. Jadi bunga-bunga mawar yang tidak dapat dijual sebagai bunga potong dapat dimanfaatkan dengan cara memetik lembaran-lembaran daun mahkotanya untuk dijual kemudian kepada orang-orang yang biasa melakukan tradisi ritual tersebut atau ke pasar yang biasa menjual bahan-bahan ritual seperti itu.

Petal-petal mawar tersebut dapat juga dijual kepada penyedia jasa mandi mawar, karena terdapat juga orang-orang khususnya perempuan yang menyukai mandi mawar. Mandi mawar dipercaya dapat membuat orang menjadi rileks.

Selain itu, dapat juga diproses menjadi air mawar yang manfaatnya sudah saya tuliskan pada postingan sebelumnya disini. Walau pun setiap orang dapat membuat air mawar sendiri, namun tidak semuanya mau repot untuk membuat air mawar. Padahal membuat air mawar itu sangatlah mudah. Membuat air mawar agar dapat dimanfaatkan oleh manusia adalah sebagai berikut:

Masukkan lembaran-lembaran mahkota mawar yang masih segar kedalam rebusan air dalam panci dan biarkanlah hingga mendidih. Setelah itu matikan api jika sudah mendidih dan biarkan airnya dingin dengan sendirinya. Lalu masukkanlah panci tersebut kedalam lemari pendingin (kulkas) dengan tanpa membuka tutup pancinya selama 24 jam. Kemudian pisahkanlah mahkota mawar tersebut dengan airnya dengan cara melakukan penyaringan agar didapati ekstrak air mawarnya. Lalu masukkanlah kedalam botol bersih yang kedap udara dan selalu simpan didalam kulkas agar tetap segar. Nah, jika Anda dapat memproduksi air mawar ini dengan kuantitas yang lumayan banyak, maka air mawar ini dapat juga dijual kepasaran.

Selain itu, dapat juga dijual setelah dirubah menjadi parfum karena Anda pun dapat membuat parfum mawar di rumah sendiri. Cara pembuatannya adalah sebagai berikut:

Kumpulkan petal mawar menjadi dua cangkir lalu cincanglah lembaran-lembaran mahkota mawar tersebut. Lalu ambil sebuah kain bersih dan simpan dalam wadah atau mangkuk hingga menutupi seluruh permukaan mangkuk tersebut dan isilah dengan mahkota mawar yang telah dicincang-cincang tadi dengan ditambahkan air bersih dua cangkir. Jadi apabila Anda membuatnya dengan 10 cangkir petal mawar, maka airnya pun 10 cangkir. Kemudian tutup mangkuk tersebut dan biarkanlah semalaman. Namun, jenis mawar untuk dijadikan parfum haruslah dari jenis bunga mawar wangi.

Besoknya tinggal Anda buka penutup mangkuknya dan ambil kainnya terus peraslah kedalam sebuah panci atau alat rebus lainnya. Lalu rebuslah air perasan tadi menggunakan api yang kecil hingga tersisa sebanyak tiga sendok makan. Sehingga apabila Anda membuatnya dengan 10 cangkir, maka biarkan hingga tersisa sebanyak 15 sendok makan. Setelah itu masukkanlah kedalam botol kecil dan parfum pun sudah bisa dipakai atau dijual.

Namun dikarenakan proses pembuatan parfum mawar dengan cara tersebut masih bersifat tradisional, maka kekuatan wanginya hanya dapat bertahan selama satu bulan dalam botol yang sudah tertutup rapat. Sehingga Anda harus bisa menjualnya dalam waktu kurang dari satu bulan terkecuali jika Anda dapat melakukan penyulingan modern dengan tambahan bahan lainnya agar parfum dapat bertahan lama.


Leave a Reply