Mawar: Tanaman Hias Atau Bunga Potong?


Siapa yang tidak tahu dengan bunga mawar? Sepertinya hampir semua orang tahu dengan bunga yang sangat indah dan harum ini (pada sebagian jenis), namun yang jadi pertanyaan adalah apakah bunga mawar termasuk kedalam kelompok tanaman hias atau bunga potong?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari terlebih dahulu kita cari tahu apa itu pengertian tanaman hias dan bunga potong?

Dari berbagai sumber yang saya dapatkan, tanaman hias adalah semua tumbuhan bunga-bungaan atau dedaunan yang berbentuk unik dan khas baik itu berbentuk merambat, pohon, terna, semak atau perdu yang digunakan sebagai dekorasi untuk mempercantik ruangan ataupun luar ruangan baik itu ditanam melalui media pot atau langsung dalam tanah pada kondisi ruangan terbuka.

Sedangkan pengertian bunga potong adalah satuan bunga yang dipotong dari tanaman induk dan dimanfaatkan sebagai rangkaian bunga baik itu sebagai buket atau karangan bunga maupun satuan bunga potong.

Di Indonesia sendiri kebanyakan bunga mawar diperjual-belikan sebagai bunga inti dalam sebuah rangkaian bunga semisal buket yang biasanya dihiasi dengan bunga-bunga lainnya seperti aster atau pikok, atau bahkan diperjual-belikan dalam bentuk satu batangan mawar saja yang dikemas dengan plastik khusus.

Jadi apakah bunga mawar termasuk kedalam kelompok bunga potong? Jawabannya iya, namun termasuk juga kedalam tanaman hias.

Mengapa saya katakan termasuk kedalam bunga potong maupun tanaman hias? Padahal terlihat jelas perbedaan bunga potong dan tanaman hias itu apa seperti yang saya jelaskan diparagraf-paragraf awal.

Hal ini tidak lain dikarenakan bunga mawar memiliki banyak jenis, jenis bunga mawar yang banyak dibudidayakan oleh petani Indonesia adalah mawar potong dengan jenis yang paling terkenal adalah mawar semi holland yang bisa Anda lihat gambarnya dibawah ini.
Mawar potong semi holland

Mawar potong semi holland

Namun, terdapat juga jenis bunga mawar yang diperuntukkan sebagai tanaman hias yang bisa dimanfaatkan untuk mendekor ruangan ataupun luar ruangan disekitar rumah Anda. Jenis mawar ini biasa disebut mawar lokal yang dapat ditanam pada sebuah pot dengan tinggi tanaman sekitar 30-40 cm seperti pada gambar dibawah ini.

Tanaman hias mawar

Tanaman hias mawar

Sedangkan mawar semi holland lebih cocok untuk dibudidayakan dalam rumah kaca untuk dimanfaatkan bunganya yang panjang-panjang hingga lebih dari 50 cm sebagai bunga potong untuk diperjual-belikan sebagai suatu rangkaian bunga (buket, karangan bunga atau satuan) dengan nilai ekonomis yang tinggi. Budidaya mawar semi holland dapat terus berbunga hingga umur 5 tahun dalam sekali tanam. Budidaya mawar semi holland dalam rumah kaca dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Rumah kaca mawar

Rumah kaca mawar

Walau pun begitu, bunga mawar semi holland dapat difungsikan sebagai tanaman hias sekaligus bunga potong, karena selain dapat dibudidayakan untuk bunga potong, namun dapat juga ditanam pada halaman rumah tanpa memerlukan rumah kaca.

Jadi, mana yang lebih Anda suka dari jenis bunga mawar yakni sebagai bunga potong atau sebagai tanaman hias? Manapun yang Anda suka, baik itu mawar sebagai tanaman hias maupun sebagai bunga potong, Anda dapat mencari produk mawar-mawar tersebut melalui blog ini. Silahkan hubungi kontak yang tersedia pada blog ini untuk melakukan pemesanan.


Leave a Reply