Teh Mawar: Cara Membuat Dan Khasiatnya


Teh merupakan salah satu minuman yang paling banyak digemari manusia, minuman yang sama halnya dengan kopi ini yakni mengandung kafein pada umumnya terbuat dari tanaman teh, oleh karena itu penyajiannya pun dinamakan sama dengan nama tanamannya yaitu minuman teh. Lalu apakah Anda penggemar minuman teh? Jika ya, apakah Anda pernah mencoba minuman teh yang terbuat dari bunga mawar?

Mungkin sebagian orang ada yang belum mengetahui bahwa bunga yang indah ini dapat disajikan sebagai minuman teh. Jika Anda penasaran ingin merasakan sensasi yang berbeda dari minuman teh mawar ini, Anda dapat mencoba membelinya di supermarket atau toko makanan kesehatan di daerah Anda karena sekarang teh mawar ini dapat Anda dapatkan dengan praktis. Namun, jika Anda memiliki tanaman mawar sendiri, mengapa tidak Anda coba membuatnya sendiri? Karena membuat teh mawar tidaklah sulit, pada postingan kali ini saya akan memberikan tips bagaimana cara membuat teh mawar sendiri dan apa khasiatnya bagi Anda. Silahkan disimak cara pembuatannya berikut ini:

teh mawar merah

Ambil bunga mawar merah yang segar dan pastikan bebas embun, lalu petiklah mahkota mawar tersebut menjadi lembaran-lembaran daun bunga (petal mawar). Pastikan juga bunga yang Anda petik terbebas dari pestisida karena akan Anda konsumsi.

Kemudian petal mawar tersebut Anda masukkan kedalam kantong teh celup dan tutup rapat, bisa juga Anda masukkan kedalam botol dan tutup rapat. Lalu diamkan beberapa hari atau beberapa minggu ditempat yang gelap dan tertutup hingga mengering dan tercium aromanya. Jadi proses pengeringannya bukan dijemur dibawah terik matahari.

Setelah petal mawar itu mengering, Anda tinggal menyeduh layaknya menyeduh teh tubruk biasa dengan air panas. Rasanya masam, namun dengan tambahan gula batu atau madu, rasa masamnya akan menjadi jauh lebih nikmat.

Khasiat Teh Mawar

Dari berbagai sumber didapatkan bahwa manfaat mengkonsumsi teh mawar adalah Anda akan merasakan rileksasi (pereda cemas dan obat depresi) dikarenakan aroma harum dan zat yang terkandung dari bunga mawar. Teh mawar merupakan sumber antioksidan dan mengandung vitamin E, D, C, B3 dan A serta asam sitrat.

Oleh karena kandungan-kandungan tersebut, teh mawar itu menyehatkan karena dapat menunjang sistem imun (sistem kekebalan) manusia sehingga dapat menghindari resiko berbagai serangan penyakit. Selain itu, teh ini juga dapat mencegah sembelit dan dapat membantu menurunkan berat badan hingga menjadi ideal. Jadi bagi orang yang sedang melakukan diet sehat, jangan lupa untuk meminum teh ini.

Lalu, jenis bunga mawar apakah yang dapat dijadikan teh? Yakni jenis bunga yang sudah umum dapat dikonsumsi yakni bunga mawar kampung.


Leave a Reply