Cara Panen Bunga Mawar Semi Holland


Dalam blog ini, saya sudah menuliskan tips cara budidaya bunga mawar Semi Holland dari mulai pemilihan bibit, cara perawatan, berkenalan dengan hama hingga saat ini tiba waktunya untuk menuliskan tips cara panen Bunga Mawar Semi Holland. Jika Anda belum membaca tulisan-tulisan saya sebelumnya mengenai cara budidaya bunga mawar, silahkan Anda cari dan baca apa yang sedang Anda ingin ketahui dengan menelusurinya melalui kolom penelusuran atau dengan cara mencari dari judul-judul tulisan yang ada di laman utama.

Lalu, bagaimana cara panen bunga mawar ini? Pertama-tama kita harus mengetahui ciri bunga yang sudah siap sebagai bunga potong. Ciri bunga mawar yang sudah siap dipanen adalah dengan melihat kuntum bunganya yang belum mekar penuh dengan ukuran normal, jangan dipanen apabila masih sangat kuncup atau terlalu mekar. Panen ketika terlalu kuncup, kuntum bunga akan terlalu kecil dan biasanya sulit mekar walapun sudah direndam dalam air. Sebaliknya apabila panen terlalu mekar, maka bunga biasanya tidak akan tahan lama, terlebih apabila untuk dikirim ke lokasi yang jauh.

Cara Panen Bunga Mawar

Kemudian waktu pemanenan yang baik adalah seperti halnya penyiraman saat suhu udara dan penguapan air tidak terlalu tinggi yakni di waktu pagi atau sore hari. Tangkai yang harus dipotong adalah bagian pangkal (dasar) menggunakan pisau atau gunting stek (gunting pangkas) yang tajam, bersih dan steril. Bagi pemula diusahakan untuk menggunakan sarung tangan yang tebal agar tangan tidak terluka oleh duri yang dimiliki bunga mawar.

Setelah pemotongan/panen dari tanamannya selesai, bersihkan duri dan daun dari setiap tangkai menggunakan lap kasar, tarik setiap daun dan duri dari setengah tangkai atas hingga ujung tangkai bawah sehingga daun dan duri hanya tersisa setengahnya pada bagian atas mendekati kuntum mahkota bunga. Hal ini agar nantinya para pembeli bunga mawar dapat memegang tangkai bawahnya dengan aman tanpa terluka oleh duri yang dimilikinya.

Periode panen tersebut akan dimulai dari umur 5 bulan selama tanaman mawar dibudidayakan melaluiĀ bibit mawar polybag. Periode panen ini akan terus berlanjut hingga umur tanaman mencapai 5 tahun. Namun, apabila perawatannya kurang baik, umur tanaman mawar ini berkisar hingga 3 tahun bahkan kurang dari itu apabila perawatannya benar-benar kurang baik.


Leave a Reply