Inilah Taman Bunga Mawar di Indonesia


Taman adalah sebuah areal penyegar yang dibuat oleh manusia maupun alami yang biasanya terbuat dari material lunak maupun keras yang dibentuk sedemikian mungkin sehingga terciptanya pemandangan atau suasana yang menyegarkan khususnya untuk dinikmati manusia itu sendiri. Pada umumnya taman sering kita jumpai di depan rumah (taman pribadi) maupun yang terletak di pusat-pusat keramaian seperti taman rekreasi, taman bermain atau ditempat yang jauh dari keramaian seperti taman botani. Sedangkan taman bunga mawar termasuk ke dalam taman botani (tumbuhan), lalu dimanakah terdapat taman bunga mawar di Indonesia?

Setelah browsing kesana kemari pakai Google, taman bunga mawar yang saya dapatkan hanya ada tiga di Indonesia yakni di Taman Bunga Nusantara, Wisata Petik Bunga Mawar Gumur dan Kebun Mawar Situhapa. Berikut saya beri gambaran setiap taman bunga mawar di tiga tempat tersebut.

Taman Bunga Mawar di Taman Bunga Nusantara (TBN). TBN berlokasi di Cianjur tepatnya di Jalan Mariwati KM 7, Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi Cipanas – Cianjur, Jawa Barat, di antara Gunung Gede Pangrango dan Kebun Teh Puncak. Di taman ini pengunjung dapat menikmati berbagai pemandangan dengan berbagai jenis tanaman yang ada di dunia, pun dengan taman bunga mawar yang dimilikinya.

taman bunga mawar

Ketika memasuki taman mawar, akan tercium bau harum bunga mawar yang sangat terasa dengan pemandangan bunga mawarnya yang indah. Disana terdapat berbagai jenis mawar yang berwarna merah tua, merah muda, putih, kuning, peach dari ukuran terbesar (king rose) sampai ukuran kecil. Uniknya adalah berbagai jenis bunga mawar yang dimiliki TBN berbunga sepanjang tahun tanpa ada masa istirahat. Hal ini dikarenakan berbeda dengan seperti mawar yang berasal dari negeri asalnya (China), di negara tersebut pada musim salju bunga mawar akan meluruhkan seluruh daunnya menuju periode istirahat (dormant) dan kembali berbunga pada musim panas. Sedangkan di Indonesia yang memiliki iklim tropis, tidak ada musim salju sehingga bunga dapat terus berkembang, pun mereka merawat taman bunga mawarnya dengan perlakuan khusus semisal tata cara penyiraman, penyiangan dan pemupukan dilakukan dengan perhitungan yang matang dan seksama.

Kedua adalah Wisata Petik Bunga Mawar Gumur. Gumur adalah singkatan dari Gapoktan Gunung Sari Makmur yang beralamat di Jalan Gunung Sari No. 29 Gunung Sari, Kecamatan Bumiaji, Kota Wisata Batu, Malang – Jawa Timur. Terletak diantara daerah Gunung Arjuna di sebelah utara dan perbukitan Gunung Panderman di sebelah selatan.

Taman bunga mawar di Gumur adalah taman yang menawarkan petik sendiri mawar yang dikenal dengan Mawar Presto karena tanpa duri. Sedangkan jenis bunga mawar yang tersedia ada beberapa jenis yakni Mawar Pergiwo Pergiwati yang dijadikan sebagai mawar lokal unggulan. Selain itu terdapat juga jenis mawar Holland, Red Holland, Luciana, Marbel, Cerry Brandy, Havalan dan masih banyak jenis lainnya.

Ketiga adalah Kebun Mawar Situhapa. Situhapa berlokasi di Jalan Raya Kamojang Km 5, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, Situhapa – Jawa Barat. Taman bunga mawar yang dimiliki Situhapa terdiri atas berbagai macam jenis mawar diantaranya seperti Mawar (RosaFloribunda Peach, Rosa Climbing, Rosa Mini Rosaceae, Rosa Sinensis, Rosa Summer Fairy, Rosa Red Floribunda, Rosa Our Rosy Carpet, Rosa Princes of Monaco, Rosa Old Roses, mawar lokal, dll. Luas lahan yang dimiliki Situhapa adalah 5 HA termasuk didalamnya disediakan juga fasilitas penginapan, restoran, toko cinderamata dan bengkel kerja produksi minyak atsiri bunga mawar.

Akhir kata, selamat berwisata di taman bunga mawar tersebut bagi Anda yang menyukai bunga indah ini.

*Dari berbagai sumber.


Leave a Reply