Buket Bunga Mawar – Cara Hemat Merangkai Buket Bunga Mawar Sendiri


Menerima buket bunga mawar pada hari-hari spesial tentu menjadi kenangan yang tidak akan pernah terlupakan. Begitu pula jika Anda orang yang memberikan buket bunga mawar tersebut. Bagai hadiah istimewa yang mampu membuat suasana makin terasa lebih romantis.

Namun, sebuket bunga indah ini tentu tidak murah. Tapi jangan khawatir. Anda bisa kok membuatnya sendiri, bahkan jika Anda pemula sekalipun. Tentu ini bisa jadi jalan alternatif yang lebih hemat dan juga menyenangkan, bukan?

Contoh buket bunga mawar

Contoh buket bunga mawar

Sebelumnya, mari kita kenali model-model dasar dalam merangkai bunga mawar.

Model Dasar Buket Bunga Mawar

Untuk bisa membuat buket bunga mawar sendiri, tentu Anda harus mengenali dan mempelajari beberapa model yang sering digunakan dalam merangkai bunga hias. Beberapa diantaranya adalah model bundar, model lonjong, model diagonal, model vertikal, model horizontal, dan model segitiga. Selain itu, ada model crescent, membentuk bulan sabit. Ada pula model right angle yang memiliki sudut siku-siku. Anda juga harus mengenal model invented-T yang terlihat seperti bentuk huruf T terbalik. Dan juga model kipas yang dari namanya saja kita sudah tau bagaimana bentuk model ini.

William Hogarth, seorang seniman dari inggris menciptakan sebuah bentuk buket bunga mawar yang terkenal hingga sekarang. Rangkaian ini disebut dengan Hogart Curve, yang dibuat pada periode Baroque. Model ini memiliki bentuk seperti huruf S.

Tips Membuat Buket Bunga Mawar

Sebenarnya, membuat buket bunga mawar tidaklah menguras banyak waktu. Bahkan bisa dibilang ini adalah cara alternatif dengan biaya yang murah meriah, dibandingkan dengan membeli dari toko bunga. Untuk itu, simak yuk tips-tipsnya berikut ini:

Membersihkan Tangkai Mawar – Mawar terkenal akan tangkainya yang dipenuhi dengan duri. Agar lebih aman, sebaiknya snip / hilangkan semua durinya. Berhati-hatilah agar durinya tidak menusuk jari-jari Anda.

Memotong Tangkai Mawar – Agar bunga mawar tetap fresh (segar), potong tangkainya paling tidak pada bagian pangkal daun dengan langkah miring ke bawah atau ke atas. Lakukan di bawah air yang sedang mengalir. Taruh bunga-bunga ini di vas berisi air.

Mulai Merangkai – Gabungkan sekitar 4 bunga mawar untuk dijadikan sebagai pusatnya. Gunakan satu tangan dan tahan erat-erat. Tambahkan satu persatu bunga dengan memakai tangan lainnya.

Mengikat Buket Bunga Mawar – Pakai karet gelang atau pita perekat khusus bunga untuk menahan rangkaian bunga yang sudah Anda buat agar tetap ditempatnya. Rekatkan hingga 8-10cm panjang tangkai. Lakukan poin pertama sampai poin ke-empat, setidaknya sampai Anda punya 4-5 ikat rangakaian bunga mawar. Masukkan kembali ke vas berisi air.

Sentuhan Terakhir – Gabungkan ikatan bunga mawar yang Anda punya untuk membuat buket bunga mawar yang lebih besar. Ikat dengan pita perekat sampai akhir tangkai. Inilah saat dimana Anda menentukan bentuk buket bunga mawar seperti apakah yang Anda inginkan. Pilih kain satin yang cantik dan balut dari bawah tangkai hingga ke atas. Gunakan jarum pentul untuk menahan agar pita tidak jatuh. Setelah itu, ikat dan buat bentuk pita yang cantik.

Itulah dia cara mudah untuk membuat buket bunga mawar yang bisa Anda berikan kepada orang-orang spesial disekitar Anda. Bukan pekerjaan yang sulit, jika Anda punya waktu untuk mempelajari dan mencobanya dirumah. Selamat mencoba!

Kredit foto: Blooms A Million


Leave a Reply