Bunga Mawar – Si Cantik Pembawa Manfaat Untuk Kecantikan dan Kesehatan


Bunga Mawar, identik sebagai bunga yang dilambangkan dengan cinta dan kasih sayang. Siapa sih wanita yang tidak akan senang diberikan bunga ini? Selain arti dari bunga mawar yang penuh cinta, ternyata tersimpan banyak sekali manfaat yang mungkin tidak banyak orang yang tau.

Mawar adalah tanaman hias dan dikenal juga sebagai Rosa canina dalam bahasa latin. Karena warna-warnanya yang indah, bunga mawar mulai digemari sebagai bunga yang memiliki berbagai arti yang berhubungan dengan cinta dan persahabatan.

Mawar semi holland warna kuning

Mawar semi holland warna kuning

Namun tahukah Anda? Bunga mawar punya segudang manfaat untuk kecantikan serta kesehatan, dibalik keindahan warna dan wanginya yang semerbak. Mau tau apa saja sih kegunaan dari bunga mawar? Ikuti terus ulasannya berikut ini.

Manfaat Bunga Mawar untuk Kecantikan

Dalam dunia kecantikan, bunga mawar ternyata bisa pula dipakai untuk merawat wajah, kulit, dan rambut. Ini dikarenakan kandungan bunga mawar terdiri dari vitamin A dan vitamin E yang dipercaya mampu membuat kulit wajah terlihat lebih segar dan cerah. Bahkan untuk Anda yang memiliki masalah mata panda karena kelelahan dan kurang tidur, kelembaban dari air bunga mawar bisa jadi solusi untuk Anda. Lebih disarankan perawatan air bunga mawar ini digunakan untuk Anda yang memiliki jenis kulit kering. Berikut ini adalah berbagai cara menggunakan bunga mawar untuk merawat kecantikan Anda:

  • Menyegarkan dan Mencerahkan kulit – Celupkan kapas ke air mawar dan tepuk pelan di wajah Anda. Jika Anda memiliki masalah jerawat, gunakan air mawar dengan cara membasuh wajah dua kali dalam sehari.
  • Menjaga Kesehatan Rambut – Gunakan beberapa tetes air mawar ketika keramas atau setelah membilas shampoo dari rambut Anda dalam keadaan rambut yang basah.
  • Menghilangkan Mata Panda – Celup kapas ke air mawar dan gunakan untuk mengkompres kedua mata Anda.
  • Menjaga Kesehatan Organ Intim Wanita – Campur air hangat dan air mawar secukupnya dan gunakan untuk ‘mencuci’ Miss V Anda.

Manfaat Bunga Mawar untuk Kesehatan

Tidak hanya untuk kecantikan, bunga mawar juga punya manfaat untuk kesehatan. Selain vitamin A dan E yang bagus untuk kulit, ternyata bunga mawar memiliki kandungan vitamin B3, vitamin C, dan vitamin D. Bahkan ditemukan pula kandungan zinc, antioksidan, dan tanin dalam bunga mawar.

Bagi Anda yang seringkali mengalami stress dan lelah karena rutinitas sehari-hari, air sari bunga mawar ternyata bisa dijadikan sebagai aromatherapy yang memiliki efek menenangkan. Tambahkan tetesan air mawar sebanyak yang Anda mau ke dalam bak air hangat yang Anda gunakan untuk berendam.

Selain itu, kelopak bunga mawar juga bisa dijadikan teh herbal untuk mengobati infeksi kandung kemih dan maag. Sensasi hangat dan wangi dari teh mawar membawa rasa nyaman dan rileks ke sekujur badan Anda. Baik sekali sebagai teman bersantai di sore hari maupun kala hujan sedang turun. Bahkan sebuah parfum dengan ekstrak mawar bisa menaikan mood Anda dan tentunya membuat Anda beraroma lebih menarik.

Itulah dia berbagai kegunaan dari bunga mawar, baik untuk kecantikan maupun untuk kesehatan. Tidak hanya terkenal karena tampilannya yang cantik, kini Anda tentunya lebih mengenal mawar dari segi manfaatnya yang baik. Nah, selamat mencoba tips-tips memanfaatkan bunga mawar diatas.


Leave a Reply