Harga Bunga Mawar Kami Dibedakan Berdasarkan Tipe Konsumen


Harga bunga mawar kami ditawarkan beragam kepada setiap konsumen yang berbeda-beda. Berdasarkan pengalaman, terdapat setidaknya dua tipe konsumen yang biasa memesan bunga mawar kepada kami yakni diantaranya adalah tipe pemesan dengan sistem abodemen dan sistem pesan langsung (sistem order). Sistem order dibagi lagi kedalam beberapa bagian yang nanti akan dijelaskan lebih rinci dibawah.

Pertama-tama akan kita jelaskan terlebih dahulu mengenai sistem abodemen. Apa itu sistem abodemen? Bagi para pelaku bisnis bunga potong khususnya di Bandung, pasti sudah tahu betul apa itu sistem abodemen dalam kaitannya dengan penjualan bunga potong. Namun, berdasarkan pengalaman, biasanya para pelaku bisnis bunga potong yang berada di luar Bandung terutama luar Pulau Jawa jarang yang mengetahui sistem ini. Apa itu sistem abodemen?

harga bunga mawar

Sistem abodemen dapat diartikan sebagai sistem kontrak kuota berdasarkan kerutinan permintaan pesanan yang terus menerus sama hingga waktu yang telah disepakati bersama. Contohnya adalah, florist A terus melakukan pemesanan bunga mawar pada hari yang sama dengan jumlah permintaan yang sama.  Misal setiap hari senin pesanannya selalu 5 kodi mawar yakni masing-masing warna merah, kuning, putih, oranye dan pink. Sedangkan pesanan hari kamis adalah 10 kodi mawar yakni masing-masing 2 kodi untuk setiap warna yang telah disebutkan sebelumnya. Dengan sistem abodemen ini biasanya harga bunga mawar kami paling murah dibanding dengan harga kepada tipe konsumen selain ini. Pun, harganya terus tidak berubah walaupun dalam kondisi ramai seperti valentine misalnya.

Hal tersebut dikarenakan ada kepastian permintaan daripada konsumen secara terus menerus (rutin), kami pun akan terus memenuhi permintaan tipe konsumen ini, sehingga tipe konsumen abodemen adalah tipe konsumen yang paling kami prioritaskan, terkecuali apabila memang bunga dari kebun benar-benar sedang sulit, maka biasanya kami meminta kebijakan daripada konsumen dengan mengurangi jumlah yang biasanya di pesan namun biasanya tidak sampai tidak ada sama sekali.

Sistem yang kedua adalah sistem order, sistem order adalah dimana permintaan bunga mawar dari konsumen tidak selalu pada hari yang sama dengan jumlah permintaan kuota yang sama. Dengan sistem ini biasanya harga bunga mawar kami berikan lebih mahal dan fluktuatif. Semisal harga menjelang valentine akan berbeda dengan harga pada hari-hari biasa yakni relatif melonjak naik dan pemenuhan akan pengiriman bunga pada hari-hari ramai seperti ini menjadi prioritas nomor dua karena kami lebih memprioritaskan konsumen abodemen. Selain itu, sistem order seperti ini tidak bisa dadakan, tetapi harus memesan 2-3 hari sebelumnya.

Harga bunga mawar kami pada sistem order dibagi lagi menjadi tiga bagian, yakni konsumen yang order dari luar Bandung atau luar Pulau Jawa, konsumen sekitar Bandung yang meminta COD (Cash On Delivery) dan yang ambil ditempat.

Harga bunga mawar kami yang diberikan kepada konsumen sistem order dari luar Bandung atau luar Pulau Jawa adalah yang paling mahal, hal ini dikarenakan kami harus mengeluarkan biaya tambahan seperti membeli plastik khusus dan kapas berair untuk dipasangkan pada ujung batang bunga agar bunga tetap segar walaupun untuk lokasi jarak jauh, juga kami memerlukan kardus/karton sebagai wadah pengiriman serta pengepakan khusus yang memerlukan tambahan tenaga dan pengangkutan menuju bandar udara (cargo pesawat), terminal bis, kereta api, dll yang lokasinya jauh dari tempat kami. Sedangkan harga bunga mawar kami untuk konsumen COD di Bandung relatif sama dengan konsumen sistem order di luar Bandung atau lebih murah tergantung seberapa banyak pemesanannya. Terakhir, harga bunga mawar yang kami berikan kepada konsumen sistem order yang mengambil bunganya di tempat kami adalah paling murah diantara kedua sistem order sebelumnya, karena kami tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan lainnya semisal ongkos kirim maupun pengepakan. Namun, yang memesan dengan cara mengambil bunga di tempat kami, diwajibkan melakukan transfer terlebih dahulu (booking). Hal ini dikarenakan terkadang ada konsumen yang sudah pesan, namun tidak jadi mengambil bunga padahal kami sudah menyiapkannya untuk mereka dan menolak pemesanan calon konsumen lainnya yang benar-benar membutuhkan.
*Mohon maaf, terkait beberapa hal, kami sudah tidak menerima pelanggan abodemen, terima kasih.


12 Comments

  1. Amel Speedy March 23, 2015
  2. Rudi Ardiansyah March 23, 2015
  3. vettri anita September 6, 2016
    • Admin September 6, 2016
  4. MUTIARA SILANI October 5, 2016
    • Admin October 7, 2016
  5. Ifa Hanifah October 13, 2016
    • Admin October 13, 2016
  6. A.Muh.Saad October 15, 2016
    • Admin October 15, 2016
  7. Riny November 18, 2016
    • Admin November 18, 2016

Leave a Reply