Macam-Macam Bunga Mawar – Berbagai Jenis Bunga Mawar yang Ada di Dunia


Anda pecinta bunga dan tanaman? Tentu menyenangkan mengenal berbagai macam bunga yang tersebar luas hampir di seluruh dunia. Warna dan bentuk bunga yang beraneka ragam rasanya menarik untuk ditelusuri lebih jauh.

Kali ini, mari kita kenali macam-macam bunga mawar yang bisa ditemui di berbagai belahan dunia. Mawar sendiri termasuk genus Rosa dan kelas Dicolylodonae. Bunga ini dinilai memiliki nilai ekonomi yang menjanjikan, karena inilah tanaman mawar banyak dibudidayakan sebagai usaha. Mawar terkenal dengan warna-warnanya yang indah serta wanginya yang semerbak. Tidak heran jika mawar termasuk salah satu tanaman hias yang populer.

Dibalik keindahannya, bunga mawar juga menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Misalnya sebagai antidepresan, ramuan peremajaan kulit, sumber vitamin C dan aromatherapy. Bahkan mawar juga bisa dijadikan sebagai selai mawarteh mawar, dan agar-agar.

Salah satu jenis mawar warna pink

Salah satu jenis mawar warna pink

Berikut ini adalah beberapa macam bunga mawar berdasarkan varietasnya.

Macam-Macam Bunga Mawar Kuno

Mawar kuno atau Old Garden Roses memiliki berbagai macam karakteristik dan ukuran. Keturunan paling tua dari mawar kuno adalah Alba yang mekar setahun sekali. Gallica, keturunan lainnya hanya berbunga saat musim panas. Centifolia, keturunan mawar kuno yang ada di Belanda. Mawar kuno yang hanya berbunga di musim gugur dinamai DamaskMoss, yang masih kerabat dekat dari Centifolia memiliki karakteristik yang unik, yaitu daun dan batangnya yang berwarna hijau seperti ditutupi lumut. Mawar kuno lainnya seperti Tea, Portland, China, Hybrid Perpetual, dan Bermuda Rose memiliki bentuk serta wangi yang unik.

Macam-Macam Bunga Mawar Liar

Mawar liar termasuk salah satu dari macam-macam bunga mawar yang sejak dahulu sudah dikenal oleh manusia. Mawar jenis ini dikenal dengan bentuknya yang sederhana, daya tahan terhadap hama penyakit yang tinggi dan mudah berkembang biak. Ada lebih dari seratus spesies mawar liar yang bisa ditemukan di dunia. Pada umumnya, mawar liar akan cepat tumbuh di dataran berudara sejuk. Karena keunggulannya, mawar liar sering dipakai untuk grafting mawar (bahan okulasi). Mawar liar bisa tumbuh dengan cara merambat maupun tumbuh sebagai semak belukar. Ketika tengah mekar, mawar liar akan terlihat indah.

Macam-Macam Bunga Mawar Modern

Pada tahun 1867, muncul kultivar mawar yang menjadi awal dari masa mawar modern. Bentuk-bentuk dari mawar modern sangatlah beragam. Keunggulan bunga mawar modern adalah kemampuannya untuk berbunga terus menerus, berbunga double dan memiliki jumlah petal (lembaran daun mahkota) yang banyak. Sebagian dari macam-macam bunga modern punya wangi yang harum, sedangkan sebagian lagi tidak. Seorang ahli mawar asal Lyon, Perancis bernama Jean-Baptiste Guillot menciptakan mawar La France. Mawar ini diciptakan melalui persilangan antara Rose Madame, Viktor Verdier, dan Rose Madam Falcot.

Itulah dia macam-macam bunga mawar berdasarkan varietasnya. Selain yang sudah disebutkan diatas, ada pula English Rose yang berasal dari persilangan mawar modern dan mawar kuno. Bunga mawar ini mampu berbunga berulang-ulang dan punya wangi yang lebih harum. Bunga mawar lainnya yang juga tidak kalah unik adalah Buck Roses, mawar yang tahan dari berbagai penyakit dan suhu dingin.

Walaupun begitu, di Indonesia sendiri bunga mawar yang paling diminati dan paling sering dijadikan komoditas perekonomian adalah mawar semi holland, Anda pun dapat memesan bunga mawar semi holland melalui blog ini dengan cara mengontak langsung kontak yang tersedia.

Akan tetapi tujuan ditulisnya artikel tentang macam-macam bunga mawar diharapkan dapat membantu Anda dalam mengelompokannya, meski tidak semua orang tahu. Dengan begitu, Anda tidak hanya mengenal bunga mawar sebagai bunga yang hanya digunakan sebagai lambang cinta semata. Semoga bermanfaat.


Leave a Reply