Bunga Mawar Putih – Mengenal Sejarah, Makna, dan Cara Merawatnya


Bunga, tersebar di berbagai belahan bumi dengan macam, bentuk, karakteristik dan makna yang berbeda-beda. Seperti bunga mawar yang terbagi menurut jenisnya dan warnanya. Warna dari bunga mawar inilah yang mengambil peranan penting dalam arti dari bunga mawar tersebut.

Setiap budaya jelas memiliki legenda dan mitos yang berbeda, termasuk dalam penafsiran makna dari sebuah mawar putih. Bila dijelaskan secara universal, putih seringkali dialokasikan sebagai warna yang melambangkan ketulusan, kemurnian, dan kepolosan. Mawar putih ada untuk menunjukan ketulusan yang besar dan sulit diungkapkan dengan kata-kata.

Namun bagaimana sebenarnya sejarah dan makna yang tersimpan dalam bunga mawar putih? Yuk kita cari tahu.

Fakta Mengenai Arti Bunga Mawar Putih

Tahukah Anda? Sebelum mawar merah terkenal sebagai simbol cinta sejati, mawar putih lah yang awalnya memegang simbol tersebut. Meski begitu, simbolisme tersebut masih dipertahankan meskipun dengan cara yang berbeda.

Bunga mawar putih semi holland

Bunga mawar putih semi holland

Karena direpresentasikan sebagai simbol kemurnian dan persatuan dari ikatan cinta, bunga mawar putih seringkali dipakai untuk pernikahan. Bunga mawar putih lebih sering dikemas menjadi Handbucket pengantin bersama dengan bunga berwarna putih lainnya.

Selain hadir dalam pernikahan sebagai simbol awal yang baru, bunga mawar putih juga bisa digunakan untuk mengiringi kepergian seseorang. Inilah mengapa mawar putih kerap hadir di pemakaman, sebagai simbol penghormatan dan simpati bagi ia yang kembali ke Tuhan-nya. Representasi mawar putih di hari pemakaman juga terlihat sebagai ungkapan cinta spiritual tiada akhir.

Penggunaan Bunga Mawar Putih

Selain di pernikahan dan pemakaman, bunga mawar putih bisa dijadikan kado ulang tahun. Perayaan hari Valentine maupun Anniversary akan terasa lebih elegan dan romantis dengan kehadiran mawar putih. Wanita mana yang tidak senang diberi kejutan berupa sebuket bunga mawar putih yang harum beserta kartu berisi kata-kata yang indah.

Tips Memelihara Bunga Mawar Putih

Bila Anda adalah seorang penggila tanaman hias, tidak ada salah mencoba memelihara bunga yang termasuk dalam genus Roses ini. Simak tipsnya berikut ini:
  • Selama masa satu sampai dua bulan penanaman, Anda harus menyiram bunga mawar secara teratur.
  • Cukup siram satu atau dua hari sekali setelah masa dua bulan tersebut Anda lewati.
  • Sebaiknya jangan menyiram bunga hingga tergenang karena mawar tidak terlalu suka.
  • Siramlah tanahnya adalah yang paling utama, bukan daunnya (daun tidak disiram juga tidak apa-apa).
  • Gunakan pupuk organik (jikalau ada) dan lakukan pemupukan minimal sekali setiap bulan.
  • Segera berantas hama dengan obat yang banyak dijual di toko bunga atau dengan tangan sendiri.
  • Ganti media penanaman sekali tiap satu atau dua tahun jika ditanam pada pot.
  • Agar bunga mawar putih lebih sering berbunga, bersihkan dahan-dahan yang mulai mengering.

Mudah, kan? Untuk tips lainnya, bisa Anda sesuaikan dengan jenis dan karakteristik dari bunga mawar putih yang ingin Anda tanam.

Itulah dia makna dan tips dari bunga mawar putih. Lagi-lagi, pengertian dalam bunga mawar putih tentunya berbeda bagi setiap orang. Entah sebagai lambang awal yang baru atau tanda hormat. Bisa pula digunakan untuk menyampaikan rasa hormat, ketulusan, simbol persahabatan maupun tanda cinta.

Tidak hanya cantik, bunga mawar putih terlihat sederhana namun bermakna kompleks. Apapun arti dari bunga mawar putih, bisa dipastikan jika bunga tersebut akan sangat dihargai dan berarti bagi sang penerimanya.


Leave a Reply