Bunga Mawar Ungu – Temukan Sejarah dan Arti Dibalik Keindahannya


Bunga bisa jadi salah satu cara untuk mengungkapkan rasa cinta dan kasih sayang. Meski begitu, tidak semua bunga memiliki arti yang serupa. Bahkan bunga mawar, yang terkenal sebagai simbol cinta, masih memiliki arti yang berbeda-beda sesuai dengan warnanya.

Salah satu yang paling cantik dan langka adalah bunga mawar ungu. Bunga ini cepat sekali populer karena warnanya yang sangat menarik. Sebuket bunga mawar ungu tentu memiliki kesan yang mencolok. Tapi, apa sih sebenarnya pesan yang terkandung dari bunga mawar ungu?

Jika Anda penasaran, cari tau bersama yuk sejarah dan makna yang tersimpan dibalik keindahan bunga mawar ungu berikut ini.

Sejarah Bunga Mawar Ungu
Bunga mawar ungu memiliki kisah yang panjang, sama seperti daya tariknya yang masih bertahan hingga sekarang. Dalam budidayanya, bunga mawar ungu terbagi dalam beberapa varietas mulai dari mawar kuno hingga mawar modern. Bunga berwarna indah ini juga dibagi kedalam dua jenis yakni yang tumbuh dalam semak ataupun sebagai tanaman merambat.
Bunga mawar ungu

Bunga mawar ungu

Makna dari Bunga Mawar Ungu

Sama seperti mawar lainnya, bunga mawar ungu juga memiliki arti spesial. Representasi dari bunga mawar ungu adalah cinta pada pandangan pertama. Anda yang tidak mampu mengungkapkan perasaan kagum dan keterpesonaan Anda, bunga mawar ungu merupakan perantara yang paling tepat untuk mengekspresikan perasaan romantis Anda. Warna ungu dari sebuah mawar juga diartikan sebagai kemegahan yang anggun.

Fakta Bunga Mawar Ungu

Sebenarnya, bunga mawar ungu dan bunga mawar biru berbagi makna yang sama. Sayangnya, bunga mawar biru tidak terjadi secara alami, maka bunga mawar ungu lah yang mewakili simbol misterius dan sulit terjangkau. Makna tersimpan lainnya dari bunga mawar ungu adalah rasa ingin tau dan sesuatu yang mistis.

Cara Menanam Bunga Mawar Ungu

Ingin mengoleksi tanaman mawar Anda dalam berbagai warna? Maka tidak akan lengkap tanpa kehadiran si ungu. Berikut ini adalah tips untuk Anda yang ingin memeliharanya di rumah.
  • Sebaiknya pilih media tanam yang memiliki tingkat kesuburan tinggi. Buat jarak agak berjauhan, atau sekitar 60-70 cm dengan kedalaman yang seragam.
  • Lebih baik jika penanaman dilakukan pada awal musim hujan. Ini karena tanah sedang dalam keadaan yang lebih lembab dan subur.
  • Potong akar bibit tanaman mawar ungu dengan gunting dan rendam dalam air kurang lebih 15-30 menit.
  • Letakkan bibit di tengah lubang dan padatkan tanah. Lebih baik untuk mengaturnya sedemikan rupa agar akarnya mudah mendapat kontak langsung dengan tanah yang berair.
  • Siram sekeliling tanahnya agar lembab.
  • Buat anyaman bambu untuk melindungi tanaman mawar Anda dari hewan peliharaan Anda jika ada.

Pada dasarnya, cara penanaman bunga mawar ungu sangatlah mudah dan hampir sama dengan mawar lainnya. Namun, bibitnya lah yang agak sulit untuk didapatkan khususnya untuk jenis mawar ungu semi holland. Walaupun begitu, jika Anda memesan minimal 1000 pohon bibit warna ungu, kami bisa mempersiapkan dengan waktu sekitar 2 bulan.

Daya tarik bunga mawar ungu memang tidak dapat dipungkiri. Bagi Anda yang senang Anti mainstreambunga ini bisa menjadi pilihan yang sempurna. Bunga ini dapat digunakan untuk menyampaikan pesan yang berarti, dengan kekayaan simbolisme yang dimilikinya. Lagi-lagi makna dari sebuah bunga mawar ungu tentu berbeda tiap individu, entah itu dipengaruhi oleh budaya maupun opini pribadi.

Namun tentu saja, menerima sebuket bunga mawar ungu bisa jadi pengalaman yang tidak akan terlupakan.
Kredit foto: slgckgc


Leave a Reply