Mawar Hijau – Bunga Mawar Langka yang Bermakna Luas


Bunga mawar lebih sering dikenal sebagai bunga yang memiliki warna merah merekah dan juga putih. Perlu Anda tahu juga bahwa bunga mawar terdiri atas berbagai warna, seperti: pink, kuning, orange, dan ungu. Lalu, adakah bunga mawar hijau? Tentu saja ada!

Sosok bunga mawar ini punya struktur yang tak jauh berbeda dari mawar pada umumnya, dengan daun menyirip dan batang berduri. Namun yang membedakan adalah warna hijau pada mahkota bunganya. Mawar hijau masih termasuk langka dan sangat sulit dicari lho.

Mawar Hijau di Indonesia

Meski sulit untuk ditemukan di toko-toko bunga, ternyata mawar hijau juga ada di Indonesia lho. Tepatnya di salah satu obyek wisata Kebun Raya Bali di kawasan Bedugul, Bali. Beberapa pengunjung Kebun Raya Bali ini mungkin tidak begitu menyadari kehadiran bunga mawar hijau ini karena sering tersamarkan dengan dedaunan. Bila Anda suatu hari mengunjungi obyek wisata ini, coba deh cari mawar hijau ini di area koleksi mawar tidak jauh dari pintu masuk.

Koleksi mawar hijau ini sudah ada sejak tahun 1976 dan berasal dari seorang kepala desa di suatu tempat di Bali. Sampai saat ini, pihak Kebun Raya Bali tengah mengusahakan budidaya mawar hijau agar bisa dijual bibitnya. Selain Kebun Raya Bali, Anda juga bisa menemukan bunga mawar hijau di Kebun Raya Cibodas, Jawa Barat.

Jenis Mawar Hijau

Menurut keterangan Koordinator Jasinfo Kebun Raya Bali, Putu Suendra, koleksi mawar hijau di obyek wisata tersebut diperkirakan hasil persilangan alami dua jenis spesies mawar. Sebenarnya ada beberapa varietas mawar yang memang berwarna hijau, diantaranya adalah:
  1. Green Tea Rose – Mawar ini dinamakan green tea karena memiliki warna hijau yang lembut seperti warna teh hijau.
  2. Green Ice Rose Bunga ini sering disebut sebagai miniatur mawar. Dengan warna hijau pucat, bunga ini cocok untuk ditanam dalam pot.
  3. St Patrick Rose Warna asli dari mawar ini adalah kuning lemon. Ketika terpapar sinar matahari, warna kehijauan mulai tampak di mahkotanya. Mawar ini cocok untuk dijadikan dekorasi pernikahan, terutama ketika berdampingan dengan mawar putih.
  4. Greensleeves Rose Mawar ini sangat unik karena berwarna hijau gelap. Ketika disandingkan dengan mawar dari berbagai warna lainnya, mawar hijau ini akan terlihat sangat indah.
  5. Mint Julep Rose Meskipun didominasi dengan warna kuning, bagian mahkota paling luar mawar ini punya warna hijau mint yang terlihat menyegarkan. Bunga mawar ini bisa membuat Anda merasa nyaman.
Varietas mawar lainnya yang juga memiliki warna hijau adalah Green Diamond, Fashion Green, Limbo, Chartreuse Rose, dan Lime Sublime Rose.

Makna Dibalik Keindahan Bunga Mawar Hijau

Setiap warna dari bunga mawar mewakilkan berbagai makna yang berbeda, begitu pula dengan mawar hijau. Ada arti yang luas tersimpan di warna hijau bunga mawar ini. Secara penampilan, mawar hijau terlihat lembut, menyegarkan, dan menenangkan.

Bunga mawar hijau gelap

Mawar hijau buatan (teknik osmosis)

Hijau adalah warna dari kehidupan, pembaharuan dan pertumbuhan. Konotasi mawar hijau melalui maknanya adalah kesuburan, kesejahteraan dan perdamaian. Dalam budaya populer, sebuket bunga warna hijau digunakan untuk mengirim pesan seksual pada lawan jenis. Secara psikologis, mawar hijau memberikan rasa tenang, stabilitas, dan keseimbangan ke pikiran Anda. Pada beberapa budaya, mawar hijau juga diperlakukan sebagai lambang keberuntungan.

Itulah dia informasi seputar bunga mawar hijau yang cantik lagi antik. Semoga bermanfaat, dan apabila Anda membutuhkan mawar hijau, kami memiliki mawar semi holland warna hijau seperti pada gambar di atas. Namun, mawar hijau tersebut bukanlah hasil perkawinan silang seperti yang ada di Bali, tetapi merupakan hasil manipulasi dari mawar putih yang diubah menjadi hijau. Untuk melakukan pemesanan, silahkan hubungi kontak yang tersedia pada blog ini, terima kasih.


Leave a Reply