Mawar Layu – Apa Maknanya dan Bagaimana Cara Mencegahnya?


Siapa sih yang tidak suka dengan bunga mawar? Hampir semua wanita mungkin akan menjerit kegirangan ketika menerima sebuket bunga mawar dari seseorang yang spesial di matanya. Bunga mawar juga diberikan pada saat-saat tertentu dan juga mewakili perasaan tertentu. Namun, hal ini berbeda dengan bunga mawar layu.

Bunga mawar layu tidak lagi terlihat menarik, dengan warnanya yang sudah kecoklatan dan wanginya yang memudar. Namun, adakah arti sebenarnya dibalik sebuket bunga mawar layu? Yuk, kita simak ulasannya berikut ini!

Ilustrasi mawar layu

Ilustrasi mawar layu

Makna Dibalik Mawar Layu

Bunga mawar memiliki berjuta-juta ekspresi, entah itu rasa cinta, persahabatan, rasa terimakasih, kekaguman, atau yang lainnya. Kita pun sering sekali menggunakan bunga mawar sebagai pengganti kata-kata. Ada berbagai macam cara dalam mencari tahu arti dari setangkai mawar, entah itu dari warnanya, waktu dan tempat bunga itu diberikan, cara mendekorasinya, dan bahkan jumlahnya.

Bahkan mawar layu pun memiliki artiannya sendiri. Mawar layu sering dikonotasikan sebagai tidak adanya ketertarikan. Ketika diberikan pada hari valentine, satu buket mawar layu juga bisa diartikan sebagai hubungan yang sudah berakhir. Wah, jangan sampai deh Anda mengalami mendapatkan bingkisan bunga mawar yang sudah layu ya.

Penyebab Mawar Layu

Ada beberapa alasan mengapa mawar potong yang tadinya segar bisa layu. Biasanya ketika leher batang bunga mawar dibengkokkan, maka bunga ini akan cepat layu. Mawar yang berumur tua juga rentan layu dan kadang tampilannya kurang merekah. Efek paparan etilen dan masalah air seringkali membuat kelopak bunga cepat layu dan akhirnya berguguran. Bakteri dan juga gelembung udara disebut-sebut sebagai faktor utama dari mawar layu dalam satu hari.

Tips Agar Mawar Tidak Cepat Layu

Tidak mau kan bunga mawar yang sudah Anda beli atau Anda terima menjadi layu? Nah, ada cara mudah nih untuk membuat bunga mawar Anda tetap segar dan indah. Biasanya mawar yang sudah tua lebih cepat layu karena banyak gelembung udara yang berada di dalam batang. Inilah dia tipsnya untuk Anda:

  • Siapkan wadah berisi air hangat kemudian rendam seluruh bagian dari mawar. Gunakan pisau yang tajam untuk memangkas batang mawar sedikit saja, sekitar 1 ½ inci.
  • Pakai vas bunga yang bersih, namun jangan membersihkannya dengan deterjen karena hanya akan menyebabkan bahan kimia masuk ke dalam mawar.
  • Sebisa mungkin untuk memungut dan membuang daun yang berjatuhan ke permukaan air dalam vas.
  • Segera letakan vas bunga berisi mawar ke tempat dengan suhu kamar yang stabil.
  • Anda harus mengganti air dalam vas setidaknya satu kali dalam sehari. Ada baiknya pula untuk menambahkan makanan mawar.
  • Tempatkan vas berisi bunga mawar dari paparan sinar matahari, angin, dan ventilasi secara langsung.
  • Hindari pula mendekatkan bunga mawar dengan buah-buahan atau sayuran yang tengah masak karena akan mempercepat proses penuaan pada mawar.
  • Umur mawar juga semakin diperpendek dengan asap rokok.
  • Anda tidak dapat menghidupkan kembali bunga mawar yang sudah layu pada bagian leher batang (berada tepat di bawah bunga).

Itulah dia sedikit informasi seputar makna dan juga cara menghindari bunga mawar layu dengan cepat. Dengan begitu, Anda bisa menjaga bunga mawar Anda lebih baik lagi dari sekarang. Semoga bermanfaat, dan apabila Anda membutuhkan pasokan bunga mawar yang segar, silahkan segera hubungi kontak yang tersedia pada blog ini dan terima kasih.

Foto kredit: Mats Hagwall


Leave a Reply