Mawar Pelangi – Mengenal si Cantik yang Unik dan Berbeda


Apa yang terlintas di benak Anda pertama kali ketika mendengar kata ‘mawar’? Mungkin jawabannya adalah bunga berwarna merah yang cantik namun berduri. Padahal bunga mawar itu tidak hanya berwarna merah, lho. Ada berbagai banyak warna bunga mawar yang bisa Anda temui hampir diseluruh belahan dunia. Pernah mendengar mawar pelangi?

Seperti namanya, mawar pelangi memiliki warna yang beraneka ragam layaknya pelangi. Mungkin Anda bisa terkagum-kagum melihat betapa indahnya bunga mawar pelangi ini. Bayangkan, warna-warni pelangi yang terkumpul dalam satu bunga. Wah, cantik sekali tentunya. Cari tau lebih jauh mengenai mawar pelangi yuk!

Mawar pelangi

Mawar pelangi

Apakah ada yang menjual bibit mawar pelangi?

Jawabannya adalah “ya, ada!”. Namun, faktanya adalah bahwa bunga mawar pelangi tidak tumbuh secara alami, sehingga otomotis tidak ada tanaman bunga mawar pelangi (baca: Bibit Bunga Mawar Pelangi – Asli atau Palsu?) Jadi bila ada yang menawarkan bibit bunga mawar pelangi kepada Anda, janganlah cepat percaya. Mawar pelangi bukanlah tanaman yang dihasilkan dari perkawinan antar jenis bunga mawar. Karena itulah mawar pelangi tidak bisa didapatkan secara alami hanya dari penanaman biji. Begitulah faktanya.

Van de Werken, seorang gardeners dari Belanda lah yang menemukan mawar pelangi pertama kali. Mawar pelangi yang ia buat berasal dari bunga mawar putih biasa yang diwarnai melalui teknik khusus dan tentu menggunakan tinta khusus. Teknik ini disebut dengan proses osmosis atau penyerapan dari batang bunga. Pewarna yang sudah diserap oleh batang bunga tersebut akan muncul di kelopak-kelopaknya sehingga jadilah mawar pelangi. Hampir semua varian bunga mawar putih bisa dijadikan mawar pelangi yang indah.

Cara membuat mawar pelangi

Seperti yang sudah dijelaskan, mawar pelangi sebenarnya bisa dibuat dengan sebuah teknik yang disebut osmosis. Anda sendiri pun bisa membuatnya dirumah. Berikut ini adalah caranya:

  1. Siapkan mawar putih – Untuk membuat mawar pelangi, Anda harus menyiapkan bunga mawar berwarna putih. Selain mawar putih, Anda juga bisa menggunakan mawar pink pucat atau mawar kuning pucat sebagai pengganti. Tingkat kemekaran bunga mawar juga harus Anda pertimbangkan karena mempengaruhi seberapa cepat pewarna bisa menyerap ke bunga.
  2. Memangkas batang – Pakai pisau atau gunting untuk memotong batang sesuai dengan panjang yang Anda inginkan. Cara menentukan panjang batang yang tepat adalah dengan mengukurnya menggunakan vas yang akan Anda gunakan untuk memajangnya. Lebihkan panjangnya sedikit.
  3. Membelah batang – Pakai pisau untuk membagi ujung batang menjadi 2-4 bagian. Tidak perlu banyak-banyak karena hanya akan membuat batang rapuh dan sulit untuk digunakan. Buat setiap bagian memiliki ukuran dan tinggi yang sama.
  4. Mewarnai bunga – Gunakan tinta khusus yang dicampur ke segelas air. Jumlah warna yang Anda pakai harus disesuaikan dengan batang yang Anda belah. Ingat! Semakin pekat warna air, maka semakin bagus juga hasilnya nanti. Tempatkan campuran tersebut di wadah yang berbeda dan diletakan saling berdekatan. Tempatkan setiap bagian batang ke wadah yang tadi sudah dipersiapkan. Lakukan dengan hati-hati agar batang tidak rusak.
  5. Biarkan hingga berwarna – Proses osmosis tidaklah terjadi sebentar. Dibutuhkan waktu hingga seharian agar proses pewarnaannya benar-benar sempurna. Batang mawar akan menyerap air yang sudah dicampur dengan pewarna dan membawanya ke kelopak untuk kemudian menjadi bunga mawar pelangi yang sempurna.

Demikianlah sedikit infomasi mengenai mawar pelangi untuk Anda ketahui. Bagaimana? Sekarang Anda lebih mengerti dan memahami bunga mawar pelangi itu, bukan? Semoga bermanfaat dan apabila Anda tidak ingin repot-repot membuat mawar pelangi sendiri yang belum tentu berhasil, Anda bisa memesan mawar pelangi seperti pada gambar di atas melalui kontak yang tersedia pada blog ini, terima kasih.


2 Comments

  1. Ingin Tahu Lebih June 17, 2016
  2. Rudi Ardiansyah June 17, 2016

Leave a Reply