Tips Agar Buket Mawar Anda Tahan Lebih Lama


Siapa yang tidak senang apabila seseorang spesial memberikan Anda buket mawar? Pasti Anda ingin terus menyimpannya kan? Selain karena indah, juga memiliki nilai tersendiri apabila mendapatkannya dari orang yang spesial dimata Anda. Namun, walaupun begitu pada kenyataannya buket mawar pasti akan layu dikemudian hari karena merupakan bunga asli/hidup/bukan plastik/artificial. Oleh sebab itu, pada artikel kali ini saya akan memberikan tips agar buket mawar pemberian orang spesial Anda bisa tahan lebih lama. Jika Anda yang ingin memberikan buket mawar kepada seseorang yang spesial dengan harga terjangkau, Anda dapat membaca tips artikel saya yang berjudul Cara Hemat Merangkai Buket Bunga Mawar Sendiri.

Ada beberapa cara agar buket mawar Anda bisa tahan lebih lama, berikut adalah tipsnya dan silahkan dipilih cara yang Anda anggap sesuai untuk Anda.

Ilustrasi buket mawar

Ilustrasi buket mawar

Cara Pertama

Biasanya buket mawar pada ujung batangnya ditutup oleh alumunium foil atau plastik dan plastik yang dilapisi kapas berair. Bukalah penutup tersebut, kemudian potong ujung batangnya sekitar 1 cm dengan posisi agak miring. Petik juga dedaunan (bila ada) pada bagian bawah batang, bersihkan juga duri-duri jika ada dan masukkan kedalam vas bunga yang sudah diisi dengan air bersih.

Gantilah air dalam vas tersebut setiap harinya sembari diperhatikan apabila ada daun yang mulai berubah warna menjadi kecoklatan atau agak layu untuk kemudian dipetik saja. Perhatikan juga ujung batangnya apabila mulai berubah menjadi warna coklat untuk kemudian dipotong lagi sekitar 1 cm.

Cara Kedua
Sama halnya dengan cara pertama namun ada perbedaan pada pengisian air dalam vas bunga. Pertama lakukan terlebih dahulu langkah-langkah pada cara pertama (paragraf pertama). Kemudian isi vas bunga dengan air hangat, lalu larutkan gula sebanyak 2 sendok makan apabila airnya sebanyak 1 liter. Larutan gula berguna apabila buket mawar yang Anda terima belum terlalu mekar sehingga Anda ingin agar bunganya mekar.

Larutan lain yang bisa digunakan adalah diganti oleh cuka/vinegar (2 sendok makan apabila airnya 1 liter). Cuka berfungsi untuk menghambat pertumbuhan bakteri didalam air yang mengakibatkan pembusukan batang bunga. Jika tidak memiliki cuka, bisa menggunakan jeruk lemon. Jika tidak ada keduanya, Anda dapat juga menggunakan gliserin yang bisa didapatkan di apotek.

Larutan lainnya yang dapat dipakai sebagai pembunuh bakteri adalah pemutih pakaian (merk apapun). Jika menggunakan ini, 1 liter air dicampur dengan 1 sendok teh garam. Dapat juga menggunakan 1 tablet obat flu (merk apapun) yang sebelumnya telah ditumbuk halus untuk kemudian dilarutkan kedalam air vas.

Cara Ketiga
Cara yang terakhir, lakukan langkah-langkah cara pertama pada paragraf pertama. Kemudian simpan vas yang diisi buket mawar tersebut kedalam lemari es, maka buket mawar Anda akan tetap segar dan tahan lebih lama. Hanya saja kelemahan dari penyimpanan didalam lemari es adalah Anda tidak dapat menikmati kesegaran dan keindahannya disebuah ruangan di rumah Anda, cara terakhir ini benar-benar cara agar buket mawar pemberian orang yang spesial dimata Anda dapat bertahan lebih lama saja. Keluarkan sesekali saja untuk menikmati keindahannya dan kemudian kembalikan kedalam lemari es.

Begitulah tips-tips agar buket mawar Anda dapat bertahan lebih lama. Namun, dari cara-cara tersebut diatas, hal yang paling penting dan harus diperhatikan adalah selalu menghindari penyimpanan vas bunga ditempat yang terkena sinar matahari langsung, jauhkan juga dari panasnya lampu sehingga apabila telah tiba malam hari, sebaiknya diletakkan pada tempat yang lampu ruangannya tidak dinyalakan.

Gantilah air dalam vas bunga setiap harinya, namun jika tidak ada waktu, seminimalnya diganti setiap 2-3 hari sekali. Semprot juga bunga mawar sebanyak 3 kali sehari menggunakan air bersih dan semprotan dengan keluaran air menjadi butiran-butiran lembut. Jika tidak ada waktu, 1 kali dalam sehari juga sudah cukup.

Ujung batang dan daun yang mulai berubah warna menjadi kecoklatan atau kuning harus segera dibersihkan dengan cara memotong dan memetiknya agar penyebaran bakteri dapat kembali terhambat. Jadikanlah buket mawar pemberian orang spesial tahan lebih lama dengan cara-cara tersebut. Semoga bermanfaat!

Kredit foto: E’Lisa Campbell


One Response

  1. Amel August 22, 2016

Leave a Reply