Cara Membuat Bunga Mawar Biru


Bunga mawar yang identik dengan cinta dan kasih sayang ini ternyata memiliki ragam warna yang banyak sekali seperti merah, putih, ungu, kuning, oranye dan merah muda. Namun pasti Anda pernah melihat bunga mawar biru entah itu hanya melihat fotonya saja dari internet atau pun aslinya. Lalu yang menjadi pertanyaannya adalah apakah mawar biru itu benar adanya?

Untuk Anda ketahui bahwa pigmen alami warna biru pada mawar itu tidak ada. Walaupun begitu ada beberapa situs yang menjual benih mawar warna biru, apakah mereka menipu? Tidak! Karena manusia dengan akal pikirannya telah bisa membuat/merekayasa tumbuhan ini melalui percampuran keturunan secara tradisional, hanya saja sebetulnya mawar biru yang dihasilkan itu sebetulnya memiliki warna lebih mirip pada warna magenta. Lalu bunga mawar biru yang pernah Anda lihat di toko-toko bunga yang benar-benar berwarna biru itu didapat/dihasilkan dengan cara bagaimana?

Kemungkinan bunga mawar biru yang pernah Anda lihat di toko-toko bunga adalah hasil buatan melalui proses osmosis. Proses osmosis adalah proses penyerapan warna dari ujung batang bunga mawar. Lebih tepatnya lagi bahwa mawar biru dapat dibuat dari bunga mawar berwarna putih yang dicelupkan kedalam cairan warna biru. Jadi sebetulnya Anda pun dapat membuat sendiri bunga mawar biru ini di rumah. Bagaimana caranya? Silahkan disimak prosesnya dibawah ini:

Pertama-tama ambilah bunga mawar putih yang baru saja dipetik dari kebun. Kemudian untuk dijadikan perhatian, bunga mawar putih yang baru dipetik/dipanen tersebut jangan sampai ujung batangnya terkena air atau jangan sampai bunga tersebut direndam dulu dalam air bersih. Apabila ujung batangnya direndam air bersih terlebih dahulu sebelum dilakukan proses osmosis, bisa dipastikan nantinya bunga mawar putih tersebut tidak dapat dirubah menjadi berwarna biru. Jangan takut layu, karena dia akan mekar lagi ketika nanti dilakukan proses osmosis bahkan sebetulnya mawar putih tersebut akan lebih bagus dibuat agak layu terlebih dahulu sehingga nanti pada saat melakukan teknik osmosis, penyerapan warna birunya bisa lebih bagus dan lebih cepat. Jika Anda tidak mengikuti langkah-langkah pertama ini, kemungkinan mawar putih Anda berubah menjadi biru masih ada, namun warnanya tidak akan bisa menjadi biru sekali seperti pada foto dibawah ini.

Mawar biru gagal

Mawar biru gagal

Tahapan kedua adalah mempersiapkan pewarna biru, sebetulnya ada pewarna khusus untuk bunga mawar namun harganya sangat mahal. Untuk menekan biaya, Anda bisa menggunakan pewarna makanan berwarna biru. Tuangkan pewarna makanan berwarna biru tersebut pada wadah yang diisi air bersih secukupnya sampai air tersebut berubah menjadi biru agak pekat.

Tahapan ketiga adalah mempersiapkan bunga mawar putih untuk direndam kedalam air yang sudah dicampuri pewarna biru tersebut. Caranya dengan memotong terlebih dahulu ujung batangnya dengan cara diagonal/miring menggunakan pisau atau gunting stek yang bersih. Setelah itu, Anda tinggal merendam mawar putih tersebut (ujung batangnya) pada air yang telah diwarnai biru tersebut. Inilah yang dinamakan dengan teknik osmosis, setelah itu Anda hanya tinggal menunggu warna biru naik ke atas mahkota bunga mawar putih tersebut. Maka, sekitar 6 jam atau lebih, mawar putih tersebut dapat berubah menjadi bunga mawar biru. Setelah warna birunya keluar, hal berikutnya yang harus dilakukan adalah mengangkat mawar dari rendaman cairan biru, lalu potong lagi ujung batangnya sedikit dan rendam lagi ke air bening sekitar 1 jam sehingga proses pewarnaan birunya dapat lebih naik lagi dan menjadi cantik seperti pada foto dibawah ini.
Bunga mawar biru hasil teknik osmosis

Bunga mawar biru hasil teknik osmosis

Bagaimana, mudah sekali bukan? Pokoknya yang paling terpenting dari cara osmosis ini adalah bunga mawar warna putih yang baru dipanen tidak boleh direndam terlebih dahulu dengan air bersih. Silahkan Anda praktekan sendiri di rumah jika ingin membuat bunga mawar biru sendiri. Namun, jika Anda tidak ingin repot melakukan teknik osmosis tersebut, biarkanlah kami yang repot. Ya, Anda dapat memesan bunga mawar biru ini kepada kami dengan cara menghubungi kontak yang tersedia pada blog ini.

Sebagai tambahan, bunga mawar biru memiliki makna yang melambangkan rasa kekaguman tersendiri dan melambangkan suatu misteri, namun juga dapat diartikan sebagai ekspresi dari kesempurnaan dalam diri. Akhir kata, selamat mencoba!


Leave a Reply