Bunga Mawar Hitam, Apakah Ada?


Ketika Anda mengetik kata kunci bunga mawar hitam melalui mesin pencari favorit Anda, pastilah banyak bermunculan artikel dan juga gambar-gambar bunga mawar warna hitam yang menurut kami warnanya sangat eksotis dan keren. Namun, apakah Anda pernah melihat langsung mawar hitam dengan mata kepala Anda sendiri? Lalu apakah memang ada di dunia ini mawar berwarna hitam yang benar-benar tumbuh (bukan bunga potong mawar putih yang diwarnain hitam)? Yuk kita kupas informasinya disini.

Ilustrasi bunga mawar hitam

Ilustrasi bunga mawar hitam

Warna pada bunga mawar yang sering kita jumpai khususnya di Indonesia yang paling populer dan benar-benar ada keberadaannya diantaranya adalah warna merah, putih, kuning, oranye, merah muda dan ungu. Bunga mawar hitam sendiri pada mulanya sering ditampilkan dalam bentuk fiksi (tidak nyata) untuk menggambarkan atau mencerminkan dan melambangkan kebencian. Tidak jarang juga digunakan sebagai lambang gerakan anarkis serta ancaman pembunuhan. Dalam cerita mitos bunga mawar hitam selalu dikaitkan dengan ilmu hitam atau dunia vampir. Dalam hal percintaan bunga ini melambangkan akhir dari suatu hubungan atau perpisahan. Pokoknya mawar hitam ini selalu diartikan dengan hal-hal yang gelap atau menyeramkan.

Namun, apakah bunga mawar hitam ini benar-benar ada di dunia nyata dan bukan fiksi? Yang dinamakan mawar hitam dan tumbuh ternyata tidaklah benar-benar berwarna hitam pekat. Namun sebenarnya berwarna merah namun intensitas warna merahnya sangat pekat sehingga timbul warna kehitam-hitaman yakni sebenarnya merah maroon yang sangat tua, penampakkannya dapat dilihat melalui foto berikut?

Mawar lokal abra hitam

Mawar lokal abra hitam

Selain bunga mawar abra hitam, ada lagi jenis mawar yang mendekati warna hitam, apabila mawar abra hitam ketika kuncup warnanya agak-agak pink (merah muda) lalu kemudian menjadi merah maroon ketika sudah mekar, nah kalau yang ini ketika kuncup warnanya mendekati hitam (merah gelap) namun menjadi merah (tidak maroon) ketika sudah mekar, namanya adalah bunga mawar black magic.

Mawar lokal black magic

Mawar lokal black magic

Namun, mungkin seseorang diantara Anda pernah melihat di toko bunga (florist) bahwa ada toko yang menjual bunga mawar hitam yang benar-benar warnanya hitam, nah bagaimana tuh? Biasanya yang terdapat di toko bunga itu bukanlah bunga mawar hitam asli melainkan mawar putih yang diproses melalui teknik osmosis yakni teknik pewarnaan menggunakan tinta khusus atau penyemprotan dengan pewarna khusus. Jadi kesimpulannya bunga mawar hitam itu tidak ada yang tumbuh?

Tunggu dulu, dari informasi yang kami dapatkan pada situs vemale.com, ternyata bunga mawar berwarna hitam pekat seperti pada gambar ilustrasi mawar hitam di atas benar-benar ada keberadaannya. Ya, bunga mawar hitam itu ternyata ada dan tumbuh baik di negara Turki, tepatnya di daerah Halfeti. Pada situs tersebut dikatakan bahwa mawar berwarna hitam ini tumbuh dikarenakan kondisi tanah di Halfeti berbeda dengan daerah lain juga karena ada faktor Sungai Efrat sehingga membentuk pigmen alami yakni anthocyanin pada mawar dimana pigmen ini terdapat juga pada tumbuhan blueberry dan raspberry. Walaupun begitu, lagi-lagi warna hitam yang muncul sebenarnya berwarna magenta tua atau ungu tua, tetapi warna tersebut benar-benar sangat mendekati warna hitam asli.

Jadi apabila Anda ingin melihat mawar hitam asli, Anda harus merogoh kocek yang cukup dalam karena keberadaannya yang jauh yakni di Turki. Pun Anda harus tahu juga bulan apa mawar tersebut mekar, karena masih pada sumber tersebut, mawar hitam ini hanya mekar 2 kali dalam setahun (musim semi dan musim gugur) dengan waktu yang cukup singkat yakni 15 hari. Sayangnya saat ini bunga ini semakin langka dan hampir punah mengingat konstruksi bendungan di Halfeti menggusur banyak tanah dan lahan tempat hidupnya mawar hitam tersebut. Namun pemerintah dan penduduk setempat terus berusaha agar mawar yang sangat langka itu tidak punah.
Kredit foto untuk ilustrasi bunga mawar hitam: Ulbrecht Hopper


One Response

  1. Ida Suwartini October 24, 2016

Leave a Reply