Fakta Menarik Tentang Bunga Mawar Merah


Tahukah Anda bahwa bunga mawar itu memiliki banyak sekali jenisnya di dunia ini, namun tahukah Anda bahwa bunga mawar jenis semi holland-lah yang paling banyak diperjualbelikan di Indonesia. Dan tahukah Anda bahwa mawar semi holland yang paling banyak diminati/diburu pembeli adalah warna sexy red, atau bunga mawar merah, mengapa demikian?

Tidak dapat dipungkiri bahwa bunga mawar merah merupakan bunga mawar yang paling indah warnanya dibandingkan dengan warna-warna mawar lainnya seperti putih, merah muda, kuning, oranye dan lain sebagainya. Juga bunga mawar merah pada dasarnya telah diakui dunia memiliki arti atau melambangkan rasa sayang dan cinta kasih yang sangat besar. Bunga potong terlebih itu adalah bunga mawar sangat cocok sekali sebagai ungkapan rasa cinta seseorang terhadap pasangannya, sedangkan mawar merah apabila diberikan oleh seseorang terhadap pasangannya dapat berarti sebagai ungkapan cinta, romantisme, keindahan, rasa hormat atau melambangkan pujian terhadap orang yang dicintainya.
Bunga mawar merah semi holland

Bunga mawar merah semi holland

Fakta lainnya tentang bunga mawar merah khususnya jenis semi holland adalah dia mampu bertahan setidaknya selama satu minggu apabila disimpan kedalam vas bunga berisi air, hal ini berbeda dengan jenis mawar lokal yang hanya bertahan setidaknya selama 3 hari dalam vas bunga.

Dikarenakan bunga mawar merah merupakan jenis warna mawar yang paling disukai, maka keberadaannya lebih sulit didapatkan dan mungkin lebih mahal harganya dibandingkan warna lainnya jika sudah masuk ke toko bunga. Namun terdapat fakta yang paling mencengangkan tentang mawar merah dikalangan produsen yakni petani bunga mawar. Bunga mawar merah walaupun paling banyak diminati, namun petani selalu memproduksinya lebih sedikit ketimbang warna lain semisal warna putih. Mengapa demikian?

Bukan karena petani tidak menyukai warnanya yang mempesona itu, namun ini terkait ekonomi para petani. Bunga mawar merah merupakan jenis bunga mawar yang paling sulit perawatannya dibanding warna lain sehingga produksi mawar merah pun relatif lebih sedikit dibanding warna lain, hasil panennya pun bisa berbanding 1:3 dengan warna lain seperti putih. Baca lebih detil mengenai hal ini pada postingan sebelumnya yang berjudul Perawatan Mawar Merah Tak Seindah Bunganya.

Lanjut ke fakta berikutnya tentang bunga mawar merah adalah bahwa mawar ini dapat dibuat menjadi konsumsi makanan manusia yakni sebagai teh mawar dan selai mawar. Lebih lengkapnya mengenai info tersebut dapat Anda baca pada postingan sebelumnya yang berjudul Teh Mawar: Cara Membuat dan Khasiatnya dan Cara Membuat Selai Mawar.

Bunga mawar berwarna merah ini pun dapat juga dijadikan sebagai parfum, bunga tabur dan berbagai manfaat lainnya yang sangat berguna bagi kehidupan manusia seperti untuk kesehatan. Contohnya bisa juga dijadikan sebagai obat bau mulut dimana caranya sangat sederhana yakni dengan memasukkan kelopak bunga mawar merah kedalam mangkuk berisi air minum yang direndam semalaman. Anda dapat membaca lebih lengkap mengenai bunga mawar untuk kesehatan manusia dan manfaat lainnya pada postingan sebelumnya yang berjudul Manfaat Bunga Mawar, Lengkap Beserta Penjelasannya!

Itulah tadi seputar fakta menarik tentang bunga mawar merah, terima kasih telah membaca dan semoga bermanfaat!


Leave a Reply