Jual Mawar: Tips Bagi Pemula Yang Ingin Berbisnis Jual Mawar


Apakah Anda pernah berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, tetapi tidak tahu apa yang harus dilakukan? Jual mawar merupakan salah satu contoh peluang bisnis yang dapat Anda geluti. Jual mawar akan lebih menguntungkan apabila dirangkai minimal menjadi buket mawar (dilengkapi dengan bunga potong lain seperti aster, krisan, pikok, dll) karena harga buket mawar dipasaran cukup tinggi. Akan tetapi hal ini membutuhkan kreatifitas tangan (seni) merangkai bunga agar buket dapat dibuat dengan indah.

Namun, apabila Anda belum bisa merangkai bunga mawar menjadi sebuah buket yang indah, Anda dapat mencoba terlebih dahulu jual mawar dengan cara pertangkai dengan dibungkus plastik mika. Lalu mungkin pertanyaan Anda adalah “dimana saya harus menjualnya?”. Cobalah jual di tempat-tempat hiburan malam atau restoran-restoran yang buka hingga malam hari, karena saat ini perempuan atau pun laki-laki selalu ingin membeli bunga mawar untuk seseorang yang spesial baginya untuk menemani santap makan malam, sehingga potensi jual mawar seperti ini terbilang luas.

Jual mawar

Cara Memulai

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari terlebih dahulu supplier bunga mawar sebagai rekan pemasok kebutuhan mawar Anda. Anda dapat mengontak saya melalui kontak yang tersedia pada blog ini jika Anda ingin bekerja sama yakni saya sebagai pemasok bunga mawarnya, atau Anda dapat mencari toko bunga (florist) lokal yang dekat dengan tempat Anda dan mintalah diskon karena Anda membeli untuk dijualkan kembali, atau jika masih belum cocok dengan Anda, carilah online supplier-supplier lainnya yang menurut Anda paling cocok bekerja sama dengan Anda. Apabila Anda memiliki modal lebih, belilah lemari pendingin sebagai tempat penyimpanan mawar agar bunga dapat bertahan lebih lama.

Hal yang kedua adalah Anda harus mendapatkan izin dari klub-klub malam atau pun restoran yang menurut Anda memiliki potensi pasar penjualan mawar yang bagus untuk pegawai-pegawai Anda bekerja di ruangan atau tempat mereka. Mintalah setiap pegawai Anda pergi ke 10 lokasi per malam, jadi sebagai contoh apabila Anda memiliki 5 orang pegawai, Anda harus menyiapkan 50 lokasi untuk mereka.

Hal ketiga adalah terkait para pegawai Anda. Pegawai Anda harus memiliki/dibekali kendaraan yang memadai semisal kendaraan roda dua agar mereka dapat dengan mudah pergi ke setiap lokasi yang Anda tetapkan untuk jual mawar. Klub malam dan restoran merupakan tempat bagi kalangan menengah ke atas, jadi Anda harus memberikan pakaian yang tepat untuk mereka juga agar kesan bunga mawar yang indah dan mahal melekat kepada para pegawai Anda. Pakaian kemeja putih dan celana kain hitam dengan sepatu pantofel merupakan salah satu contoh pakaian yang cocok untuk mempresentasikan penjualan mawar Anda berkelas.

Cara Berbisnis

Kirim setiap pegawai Anda dengan jumlah mawar yang telah ditetapkan setiap malamnya semisal 100 tangkai. Bagian dari tanggung jawab mereka setelah penjualan adalah menghitung berapa banyak tangkai yang mereka jual dan masukkan uang yang terkumpul kedalam sebuah amplop. Mintalah mereka untuk menuliskan jumlah mawar yang terjual dan uang yang terkumpul di luar amplop tersebut beserta nama mereka. Informasikanlah pegawai Anda bahwa setiap perbedaan akan dipotong dari gaji mereka, ini perlu dilakukan agar mereka dapat jual mawar Anda dengan baik (rajin) dan tidak ceroboh (malas). Untuk lebih formal dan kuat hukumnya mungkin Anda ingin membuat kontrak kerja dengan mereka dan dibubui tanda tangan Anda dan mereka di atas meterai.

Pemberian harga jual mawar harus didasarkan pada berapa banyak modal yang harus Anda keluarkan untuk mendapatkan setangkai bunga mawar? Contohnya apabila modal untuk setangkai mawar di dapat dengan Rp. 1000, Anda dapat memberikan harga jual mawar dengan Rp. 2000 dan memberikan komisi Rp. 250 kepada pegawai Anda untuk setiap mawar yang terjual. Pada kondisi ini, pegawai Anda akan mendapatkan pendapatan sebesar Rp. 25000/malam jika mereka berhasil menjual 100 mawar per malam. Pilihan lain agar para pegawai Anda bisa memperoleh penghasilan lebih tinggi adalah dengan menjual mawar lebih mahal sehingga komisi yang diberikan bisa lebih tinggi, serta memberikan mawar lebih banyak untuk dijualkan semisal 200 tangkai atau lebih. Namun tentunya hal tersebut harus didasari kondisi pasar (market) dimana Anda berada. Untuk itu, adalah penting bagi Anda untuk menguji pasar oleh Anda sendiri sebelum merekrut pegawai.

Terakhir, pertimbangkanlah untuk membuka rekening bank untuk pencatatan pengeluaran dan pemasukan uang dari bisnis Anda tersebut, sehingga dapat tersusun rapi dan memudahkan pencatatan pajak perusahaan (jika ada). Itulah salah satu tips bagi Anda yang ingin memulai bisnis jual mawar, selamat mencoba dan semoga bermanfaat!


16 Comments

  1. Rudi Ardiansyah May 15, 2016
  2. Tere July 13, 2016
      • Antonigiar anjar febriansyah September 14, 2016
        • Admin September 15, 2016
  3. Maria Magdalena July 24, 2016
    • mawarku July 25, 2016
  4. Maryam August 7, 2016
    • mawarku August 9, 2016
  5. Ninda August 29, 2016
    • Admin August 30, 2016
  6. toko bunga Praktis September 24, 2016
  7. yusnida November 4, 2016
    • Admin November 5, 2016

Leave a Reply