Manfaat Bunga Mawar Untuk Kecantikan


Bunga mawar sangat cocok untuk dijadikan hiasan ruangan di sebuah rumah, kantor, untuk menemani acara makan malam bersama kekasih, apalagi untuk dekorasi acara pernikahan. Tetapi diluar itu ternyata bunga mawar dapat dimanfaatkan untuk kepentingan lainnya semisal manfaat yang populer selain untuk hiasan adalah sebagai bahan minyak wangi. Dan ternyata, diluar manfaat paling populer tersebut, bunga mawar dapat digunakan untuk kepentingan lainnya yakni salah satunya adalah untuk kecantikan, oleh karena itu dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai manfaat bunga mawar untuk kecantikan dilengkapi dengan cara bagaimana pengaplikasiannya.

Sebagai Pembersih Wajah

Air mawar dipercaya efektif dalam membuat wajah Anda menjadi bersih dan halus. Caranya adalah dengan merendam kelopak mawar ke dalam air, kemudian gunakan airnya untuk mencuci wajah Anda sehingga berfungsi sebagai toner. Atau bisa juga dengan cara mencelupkan bola kapas ke dalam air mawar dan terapkan ke wajah Anda sehingga dapat membuat kulit Anda terasa segar. Cara membuat air mawar secara sederhana dapat Anda baca pada artikel sebelumnya (Manfaat Bunga Mawar Untuk Wajah).

Manfaat bunga mawar untuk kecantikan

Sebagai Obat Jerawat

Air mawar dapat juga dipakai sebagai obat jerawat, caranya hampir sama seperti di atas yakni dengan merendam kelopak mawar ke dalam air, kemudian oleskan air mawar tersebut pada kulit yang berjerawat untuk mengurangi peradangan dan kemerahan yang disebabkan oleh jerawat.

Dapat juga dengan cara mencampurkan jus lemon dengan perbandingan yang sama dengan air mawar, lalu oleskan campuran tersebut pada wajah dan diamkan kurang lebih selama setengah jam. Kemudian bilas dengan air bersih, penggunaan selama 2-3 minggu dapat membantu menghilangkan jerawat dan mengurangi noda serta bekas luka.

Sebagai Tabir Surya

Kelopak mawar memiliki kandungan Vitami C yang baik digunakan untuk tubuh manusia yakni salah satunya sebagai tabir surya yakni melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. Caranya adalah dengan mencampurkan kelopak mawar, mentimun dan gliserin lalu oleskan pada tubuh Anda. Dapat juga dengan cara menumbuk 10-15 lembar daun kemangi (tulsi) dan tambahkan ke dalam 200 ml air mawar, lalu simpan cairan ini ke dalam botol semprot dan dinginkan. Semprotkan kabut cairan tersebut kepada seluruh tubuh Anda setiap kali Anda akan keluar rumah dalam keadaan panas terik matahari.

Mengurangi Mata Panda

Jika Anda memiliki lingkaran hitam di bawah mata seperti mata Panda, Anda dapat menggunakan kelopak mawar untuk menguranginya. Caranya adalah dengan memasangkan kelopak mawar tepat dibagian bawah mata dan diamkan beberapa menit. Dapat juga dengan cara mencelupkan bola kapas ke dalam air mawar dan terapkan pada mata Anda untuk mengurangi bengkak di bawah mata.

Memelihara Kulit Kepala

Alirah darah akan lebih lancar di kepala, mulai dari akar sampai ke ujung rambut apabila Anda membilas kepala Anda dengan air yang dicampur kelopak mawar setelah Anda keramas menggunakan sampo.

Mencerahkan Kulit

Agar kulit Anda tampak lebih bercahaya dan segar, gunakan campuran kelopak mawar dan madu sebagai pelembab kulit.

Mengangkat Kulit Mati

Masker yang dibuat dari campuran kelopak mawar dan pasta almond dapat bekerja untuk mengangkat kulit mati pada wajah.

Sebagai Aroma Terapi

Masukkan taburan kelopak mawar ke dalam air hangat yang digunakan untuk mandi, hal ini dapat meringankan tekanan stres yang Anda rasakan juga dapat membuat kulit lebih halus. Dapat juga dengan cara mencampurkan satu cangkir air mawar ke dalam air mandi Anda untuk membuat kulit Anda terasa lebih segar.

Membuat Bibir Tampak Merah Muda

Anda dapat membuat bibir Anda tampak merah muda secara alami dan juga sehat tanpa produk kosmetik. Caranya dengan memotong ubi bit merah menjadi potongan-potongan kecil kemudian keringkan di bawah sinar matahari. Lalu setelah benar-benar kering, giling hingga benar-benar menjadi bubuk yang sangat halus. Setelah itu, campurkan satu sendok teh air mawar ke dalam bubuk ubi bit merah tersebut dan oleskan secara merata di atas bibir Anda, cuci setelah 15 menit.

Itulah tadi manfaat bunga mawar untuk kecantikan yang bisa saya rangkum pada artikel ini yang diolah dari berbagai sumber. Ini hanyalah beberapa dari sekian banyak manfaat bunga mawar untuk kecantikan, silahkan dicoba dan semoga bermanfaat!


Leave a Reply