Tentang Bibit Bunga Mawar Biji dan Polibag


Bunga mawar disebut sebagai ratunya bunga dikarenakan mahkotanya yang sangat indah, di Indonesia bunga mawar paling banyak ditemui di toko-toko bunga (florist) sebagai bunga utama dalam rangkaian bunga atau buket bunga maupun diperjual belikan sebagai bunga potong satuan. Tahukah Anda bunga mawar apa yang biasanya dipakai oleh florist? Kebanyakan menggunakan bunga mawar semi holland yakni bunga mawar varietas holland (varietas impor dari Belanda) yang dikembangkan di Indonesia, oleh karena itu ditambahkan kata “semi” didepannya. Mawar semi holland ini banyak dikembangkan di Indonesia karena bentuknya yang benar-benar indah dan fungsinya yang dapat digunakan sebagai bunga potong segar. Sebetulnya tak jarang jenis lokal pun dikembangkan di Indonesia sebagai bunga potong, kebanyakan daerah Malang yang membudidayakan jenis lokal sedangkan jenis semi holland banyak dikembangkan di daerah Bandung.

Terdapat beberapa perbedaan yang dimiliki antara mawar jenis lokal, semi holland dan holland asli. Jenis lokal memiliki mahkota yang lebih kecil serta warnanya tidak terlalu cerah dan ketahanan hidup dalam vas rata-rata hanya 3 hari, namun harganya paling murah. Untuk jenis semi holland, mahkotanya lebih besar dibanding jenis lokal dan warnanya lebih cerah juga ketahanan dalam vas rata-rata sekitar 1 minggu, harganya lebih mahal dibanding jenis lokal. Untuk jenis holland asli, mahkotanya lebih besar lagi daripada jenis semi holland juga warnanya lebih mencolok namun harganya mahal sekali karena harus diimpor langsung dari Belanda. Sehingga mawar jenis semi holland lebih difavoritkan di Indonesia.

Saking indahnya bunga mawar, para pecinta bunga ini tak jarang selalu ingin menanam bunga mawar di rumahnya sendiri. Maka mereka pun mencari bibit bunga mawar untuk ditanam di rumahnya. Apakah Anda tahu ada berapa macam bibit bunga mawar yang bisa kita dapatkan khususnya di Indonesia? Jawabnya hanya ada dua yakni bibit bunga mawar dalam bentuk biji dan juga polibag. Lalu, bibit jenis bijikah atau jenis polibag yang cocok untuk ditanam di rumah Anda?

Bibit Bunga Mawar Biji

Untuk mencari bibit bunga mawar biji sangatlah mudah, cukup ketik “biji mawar” pada mesin pencari favorit Anda di internet, maka muncul banyak situs yang menjual bibit bunga mawar dari biji. Harganya sangat murah dan tersedia dalam banyak warna termasuk warna biru dan pelangi yang tidak bisa didapatkan pada bunga mawar jenis semi holland. Jadi varietas mawar apakah yang dijual bijinya tersebut untuk ditanam? Entahlah, karena setiap saya membaca situs yang menjual produk bibit bunga mawar dari biji, kebanyakan saya selalu tidak mendapatkan keterangan varietas mawarnya apa, hanya keterangan warnalah yang biasanya tertera, padahal jenis bunga mawar itu benar-benar banyak sekali varietasnya hingga beribu-ribu baik itu alami maupun pengembangan hibrida atau proses kawin silang.

Kelebihan bibit bunga mawar biji yang bisa saya rangkum adalah harganya murah, jenis warnanya banyak sekali dan sangat mudah didapatkan. Namun kekurangannya menurut saya, menumbuhkan bunga mawar dari biji itu sangat lama (sangat susah dan kebanyakan sering gagal) terlebih jika biji mawar yang dibeli tidak ada keterangan “sudah distratifikasi”, pada literasi asing saya dapatkan bahwa biji mawar yang dibeli jika tidak ada keterangan “sudah distratifikasi” pada kemasannya, lama waktu biji tersebut bisa berkecambah adalah 2-3 tahun. Apa maksud dari “stratifikasi?”, silahkan baca artikel saya yang berjudul Cara Memperbanyak Mawar Dari Biji untuk memahaminya.

Jadi apakah saya tidak menyarankan Anda untuk menanam mawar dari biji? Bukan begitu! Namun, saya menyarankan Anda untuk lebih teliti lagi apabila ingin menumbuhkan mawar dengan membeli bibit bunga mawar dari biji. Pertama tanyakan kepada produsennya jenis varietas apa yang mereka jual, apakah sudah distratifikasi atau belum, serta apakah dia bisa membimbing Anda dalam penanamannya? Jika mereka bisa menjawab varietasnya apa, biji sudah distratifikasi dan mereka bersedia membimbing Anda dalam penanamannya, maka produsen tersebut bisa Anda andalkan. Minimal dalam situsnya terdapat tips dan trik cara menanam biji mawar tersebut.

Bibit Bunga Mawar Polibag

Secara umum bibit bunga mawar dari polibag ada dua macam, yang pertama adalah bunga mawar hias yang diperuntukkan memang untuk ditanam pada pot yakni jenis lokal dan yang kedua adalah jenis semi holland yang sebenarnya diperuntukkan sebagai tanaman budidaya bunga potong.

Bibit bunga mawar polibag

Bibit bunga mawar polibag

Jadi apakah mawar semi holland tidak bisa dijadikan sebagai tanaman hias? Padahal banyak sekali yang ingin menanam bunga mawar semi holland di halaman rumahnya karena bentuknya yang indah? Sebenarnya mawar semi holland dapat ditumbuhkan di halaman rumah atau dalam pot, namun memang perawatannya agak beda, diperlukan beberapa teknik khusus untuk menanam bunga mawar semi holland dalam pot agar bisa tumbuh dengan baik. Untuk itu, saya memberikan tips bagaimana cara menanam mawar semi holland dalam pot bagi Anda yang ingin menanamnya untuk hiasan di rumah.

Jadi saya menyarankan bagi Anda yang tidak ingin menunggu terlalu lama untuk menumbuhkan bunga mawar, lebih baik beli bibit mawar hias lokal atau bibit bunga mawar semi holland polibag yang sudah tumbuh tunas dan akar hasil teknik okulasi. Kelebihannya adalah Anda tahu benar jenis mawar yang Anda tanam, bunga mawar sudah tumbuh tunas dan berakar sehingga Anda tinggal melanjutkan saja perawatannya tanpa menunggu terlalu lama dibandingkan menanam dari biji. Kelemahannya adalah harga lebih mahal ketimbang bibit bunga mawar biji, warna bunga yang tersedia terbatas dan resiko bibit rusak diperjalanan apabila pengiriman jarak jauh, kecuali ambil langsung ke tempat.


2 Comments

  1. Suci Cahya Ramadhan November 28, 2015
  2. Rudi Ardiansyah November 28, 2015

Leave a Reply