Adakah Mawar Hijau Asli di Dunia Ini?


Apakah ada mawar hijau asli di dunia ini? Berbeda dengan mawar biru yang memang tidak ada pigmen alami warna biru pada tanaman mawar, mawar hijau yang unik, aneh tapi nyata ternyata tumbuh secara alami di beberapa negara termasuk Amerika dan Inggris, dimana mawar berwarna hijau ini selalu dilambangkan dengan sebuah simbol keberuntungan dan kesuburan.

Mawar hijau asli dikabarkan mulai dibudidayakan pada tahun 1743 menurut ahli dan penulis yang bergerak di bidang bunga mawar yakni Lance Walheim. Teori umumnya adalah bahwa mawar hijau dikembangkan sebagai keturunan dari varietas mawar slater’s crimson china, dan akhirnya mawar hijau pertama kali diperkenalkan secara resmi ke Inggris pada tahun 1856.

Uniknya dibandingkan dengan mawar lain, mawar hijau asli tidak memiliki petal melainkan hanya memiliki sepal yang berwarna hijau. Petal adalah daun mahkota bunga, sedangkan sepal adalah daun kelopaknya (helai kelopak bunga). Mawar hijau asli ini memiliki nama latin yakni Rosa chinensis Viridiflora.

Rosa chinensis Viridiflora merupakan salah satu tanaman mawar antik yang ada di dunia, mawar semak ini tumbuh hingga ketinggian 60-120 cm dengan sebaran lebar sekitar 60-90 cm. Mawar hijau ini sangat kuat dan tahan terhadap penyakit, kelemahan satu-satunya adalah sangat tidak tahan dengan cuaca dingin. Penampakan daripada bunga mawar ini dapat dilihat pada foto berikut.
Mawar hijau asli
Lalu apakah mawar hijau asli ini keberadaannya dapat ditemukan di Indonesia? Ya, ada! Namun, agak jarang ditemukan. Selain itu, di Indonesia sendiri saat ini terdapat bunga mawar berwarna hijau yang alami tumbuh namun bukan dari varietas Rosa chinensis Viridiflora, melainkan konon katanya merupakan mawar hasil persilangan dua jenis spesies mawar dan berlangsung alami (tidak diketahui hasil persilangannya dari varietas mawar apa saja). Pun berbeda dengan mawar chinensis viridiflora, mawar tersebut memiliki petal dan juga sepal layaknya bunga mawar pada umumnya dengan warna hijau muda. Mawar ini dapat ditemui di Indonesia di Kebun Raya Bali dan Kebun Raya Cibodas, Jawa Barat. Akan tetapi keberadaannya masih sangat sedikit sehingga tanaman ini akan terus dilestarikan dan dibudidayakan di tempat tersebut.
Lalu apakah varietas mawar semi holland yang kami jual memiliki warna hijau asli? Tentu tidak ada mawar hijau dari varietas semi holland. Lalu mungkin Anda pernah melihat bunga mawar hijau di toko-toko bunga (florist) di daerah Anda, apakah itu bunga mawar hijau asli? Sepertinya itu bukanlah mawar hijau asli.

 Jadi bunga mawar jenis apakah yang biasa kita temui di toko bunga? Saya yakin itu adalah jenis bunga mawar semi holland yang asalnya berwarna putih (white avalanche) dan telah dilakukan teknik osmosis (pencelupan) menggunakan cairan khusus berwarna hijau, karena kami pun melakukan hal tersebut yakni kami menjual bunga mawar hijau semi holland hasil proses teknik osmosis (bukan mawar hijau alami).

*Tulisan diambil dari berbagai sumber

Foto kredit: Rassil


Leave a Reply