Mawar Kuning Melambangkan Apa?


Apakah Anda tahu, mawar kuning melambangkan apa jika seseorang memberikan mawar warna ini kepada seseorang lainnya? Dengan warnanya yang optimis dan ceria, mawar kuning merupakan cara sempurna untuk mempererat tali persahabatan. Mengirim buket bunga mawar merah untuk sekretaris/rekan kerja Anda misalnya, bisa terjadi kesalahpahaman karena dia atau teman kantor lain menyangka Anda menyukainya, tetapi berbeda apabila dengan memberikan buket mawar kuning, karena bisa mengangkat semangat sekretaris/rekan Anda dalam hal berkerja.

Dapat juga diartikan semisal apabila terdapat teman Anda yang sedang merasa sedih, sakit atau Anda hanya sedang ingin mencerahkan hari seseorang teman Anda, maka mawar kuning merupakan pilihan yang sempurna, mungkin seperti tidak ada pilihan wana lain, tetapi mawar berwarna kuning dapat meyakinkan seseorang tersenyum karenanya. Berdasarkan hal itu pula, mawar kuning cocok juga untuk diberikan kepada seorang ibu baru (baru melahirkan), pengantin baru maupun teman yang baru saja lulus sarjana atau kelulusan lainnya.

Lambang mawar kuning

Walaupun sebenarnya mawar kuning melambangkan cinta juga apabila diberikan kepada pasangannya, yakni berarti bahwa Anda bahagia dengan hubungan Anda berdua selama ini. Akan tetapi jika Anda memberikan mawar kuningnya setangkai, sebenarnya hal ini memiliki dua arti. Pada zaman Victoria, pemberian setangkai mawar kuning dapat diartikan untuk mengekspresikan kecemburuan dan perselingkuhan, sehingga apabila itu untuk diberikan kepada pasangan Anda, lebih baik disisipkan sebuah tulisan yang mengekspresikan kondisi hati Anda agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Tetapi, persahabatan dan “saya peduli” merupakan makna yang utama dari mawar kuning. Bebas dan tanpa hambatan seperti angin, bebas dari keterikatan, mawar kuning melambangkan bahwa pengirim hanya tertarik pada persahabatan saja. Pada mawar kuning tidak akan ditemukan gairah yang membara, hanya kehangatan senyum yang tulus dan ikhlas. Pengirim bunga mawar kuning menunjukkan bahwa dia sayang sebagai seorang sahabat langsung dari hatinya yang tulus dan tidak ada yang disembunyikan.

Meskipun mawar kuning melambangkan simbol dari ide-ide positif seperti kebebasan, kebahagiaan pengantin baru, ibu baru, lulusan baru dan persahabatan, tetapi mawar warna ini dapat juga memiliki konotasi negatif, dimana sifat manusia terkadang juga memiliki nuansa negatif dalam dirinya. Salah satunya seperti yang telah dijelaskan sebelumnya yakni bisa memiliki arti kecemburuan atau perselingkuhan cinta. Lainnya bisa berarti memudarnya gairah cinta yang tidak lagi berdenyut dengan memberikan mawar kuning tersebut kepada pasangannya, atau pernyataan hati-hati dalam sebuah hubungan cinta apabila hubungannya sedang berjalan tidak baik.

Akan tetapi pada akhirnya mawar kuning dapat diartikan apa pun jika sang pengirim dan sang penerima tidak memahami benar makna yang tersirat di dalamnya. Karena bisa juga berarti untuk menyatakan cinta, semisal karena sang calon pasangan memiliki warna favorit kuning, sehingga sang penembak cinta mengungkapkannya dengan mawar kuning dimana melambangkan warna kesukaan calon pasangannya. Terkecuali sang pengirim dan sang penerima minimal telah membaca artikel ini, maka lebih baik menggunakan mawar warna merah saja jika itu untuk menyatakan cinta. Namun, apabila itu untuk teman atau sahabat Anda, lebih baik menggunakan mawar kuning agar tidak terjadi kesalahpahaman dan lebih baik lagi untuk menyisipkan tulisan pesan dalam rangkaian bunganya dengan jelas. Bahaya juga kan jika Anda mengirimkan mawar warna ini untuk teman Anda tanpa pesan yang jelas, dimana maksud Anda adalah untuk memberikan keceriaan kepadanya, tetapi teman Anda memiliki pengetahuan tentang konotasi negatif dari bunga mawar kuning semisal kecemburuan?


Leave a Reply