Nama Latin Bunga Mawar Putih

Sebelumnya saya telah menulis dan mengumpulkan nama-nama latin dari bunga mawar merah pada postingan yang berjudul Nama Latin Bunga Mawar Merah. Nah, pada postingan kali ini saya akan menuliskan lagi nama-nama latin bunga mawar untuk bunga mawar warna lainnya yakni warna putih. Nama latin bunga mawar putih memiliki nama latin masing-masing sesuai dengan jenis/spesies/hibridanya, semoga tulisan ini bermanfaat baik itu hanya untuk sekedar menambah wawasan atau pun untuk menyelesaikan tugas sekolah.
Rosa Alba
Rosa Alba yang disebut juga dengan nama White Rose of York dalam bahasa Inggris merupakan mawar taman berwarna putih yang paling tua dan hanya berbunga setahun sekali. Karena mawar putih (rosa alba) ini merupakan salah satu contoh mawar taman paling tua yang ada di bumi ini, maka tak jarang orang mengenal nama latin bunga mawar putih identik dengan rosa alba.
Mawar putih (rosa alba)
Rosa Floribunda ‘Lime Sublime’

Rosa floribunda ‘lime sublime’ yang disebut juga dengan nama Rose ‘lime sublime’ dalam bahasa Inggris merupakan bunga mawar yang berwarna putih semu kuning jeruk nipis, mahkotanya mekar ganda dengan jumlah kelopak biasanya sekitar 17-25 lembar. Daunnya majemuk, kasar, berwarna hijau tua tapi agak mengkilap. Dikembangkan oleh Colin Dickson dari Irlandia Utara dan dikenalkan oleh Weeks Roses pada tahun 2005 di Amerika Serikat.

Rosa hybrid ‘Glamis Castle’

Rosa hybrid ‘Glamis Castle’ yang disebut juga dengan nama Rose ‘Glamis Castle’ dalam bahasa Inggris merupakan salah satu mawar yang memiliki warna putih bersih semu krem. Mahkota bunganya berbentuk agak bulat diisi oleh banyak lembaran kelopak bunga hingga 120 lembar dengan diameter mahkota bunga rata-rata 6,35 cm. Mawar ini dikembangkan oleh David CH Austin dari Inggris sebelum tahun 1992.

Rosa hybrid ‘Fair Bianca’

Rosa hybrid ‘Fair Bianca’ adalah nama latin bunga mawar putih yang dalam bahasa Inggris disebut dengan Rose ‘Fair Bianca’. Mawar ini memiliki bunga berwarna putih bersih pada bagian luar dan semu krem pada bagian dalam/tengah mahkota dengan jumlah kelopak mahkota hingga 60 lembar dan diameter bunga rata-rata 7,5 cm. Mawar ini dikembangkan oleh David CH Austin dari Inggris pada tahun 1982.

Rosa hybrid ‘Iceberg’

Rosa hybrid ‘Iceberg’ yang disebut juga dengan nama Rose ‘Iceberg’ dalam bahasa Inggris, merupakan bunga mawar berwarna putih kultivar dari spesies floribunda, memiliki aroma yang kuat dengan diameter mahkota rata-rata 5 cm terdiri atas 17-25 lembar kelopak bunga. Mawar ini dikembangkan oleh Reimer Kordes dari Jerman pada tahun 1958.

Rosa hybrid ‘Moondance’

Rosa hybrid ‘Moondance’ yang disebut juga dengan nama Rose ‘Moondance’ dalam bahasa Inggris, merupakan mawar berwarna putih bersih dengan diameter mahkota bunga rata-rata 10,15 cm yang terdiri atas 26-40 lembar kelopak bunga, memiliki aroma raspberry tingkat menengah. Mawar ini dikembangkan oleh Dr. Keith W. Zary dari Amerika Serikat dan dikenalkan oleh Jackson & Perkins Co. pada tahun 2007 di Amerika Serikat.

Rosa hybrid ‘Wild Spice’

Rosa hybrid ‘Wild Spice’ adalah nama latin bunga mawar putih yang dalam bahasa Inggris disebut dengan nama Rose ‘Wild Spice’. Mawar ini memiliki warna putih bersih dengan aroma cengkeh, mahkota bunga berdiameter rata-rata 7,62 cm yang terdiri atas 4-8 lembar kelopak bunga. Mawar ini dikembangkan oleh Dr. Keith Z. Zary dari Amerika serikat pada tahun 1999.
Itulah tadi sedikit informasi dari nama latin bunga mawar putih yang dapat saya olah dari berbagai sumber dari internet. Sedangkan bunga mawar putih yang biasa saya jual atau yang biasa terdapat di toko-toko bunga sekitar kita adalah mawar putih jenis semi holland. Mawar putih semi holland kami disebut juga dalam bahasa Inggris dengan nama Avalanche Roses. Avalanche Roses pertama kali dikenalkan ke pasaran pada tahun 2000, mawar ini memiliki batang yang kokoh dengan mahkota bunga yang besar dan selalu terbuka penuh ketika mekar, warnanya putih dengan semu hijau di sekitar kelopak luar. Jumlah kelopaknya banyak dan memiliki umur yang panjang ketika dibudidayakan yakni mencapai 3-5 tahun dengan umur rata-rata jika sudah dimasukkan ke dalam vas adalah satu minggu. Apabila Anda memerlukan pasokan bunga mawar putih (Avalanche Roses) seperti pada gambar di samping, Anda dapat memesannya kepada kami melalui kontak yang tersedia dalam blog ini. Terima kasih dan semoga bermanfaat!
Foto kredit: S. Rae

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here