Taman Bunga Mawar Terindah Di Dunia Bagian 3


Berikut adalah daftar taman bunga mawar terindah di dunia bagian 3 yang merupakan lanjutan daripada artikel sebelumnya yakni taman-taman mawar indah yang berada di Bermuda, Kanada, Denmark dan Perancis.
Jerman

Europa-Rosarium: Berlokasi di Am Rosengarten 2 a, 6526 Sangerhausen, Jerman. Taman bunga mawar ini sebelumnya bernama Rosarium Sangerhausen, merupakan taman mawar kota yang memiliki koleksi mawar sebanyak 8.300 kultivar dan spesies menjadikannya salah satu koleksi taman mawar terbesar di dunia. Pernah mendapatkan penghargaan ‘sangat baik’ yang diberikan oleh the World Federation of Rose Societies pada tahun 2003.

Deutsches Rosarium: Berlokasi di An der Buschmühle 3, 44139 Dortmund, Jerman. Memiliki koleksi bunga mawar sekitar 3.000 spesies dari varietas yang berbeda-beda. Hal tersebut menjadikan taman ini merupakan taman mawar terbesar ke-3 di dunia.

Rosengarten: Berlokasi di Palatinate Zweibrücken (Rhineland-Palatinate), Jerman. Merupakan taman mawar yang memiliki luas 5 hektar, dimana terdapat lebih dari 60.000 mawar dari 2.000 varietas yang berbeda diatur disana.

Rosengarten

Rosengarten


Italia

 

Rome Rose Garden: Berlokasi di Circus Maximus, Roma, Italia. Taman yang memiliki luas 1 hektar dengan koleksi mawar 1.100 spesies yang berbeda-beda. Di sana kita bisa melacak evolusi mawar dari jaman dahulu hingga sekarang, dimana terbagi menjadi mawar botani, mawar antik dan mawar modern.

The Roseto Botanico “Carla Fineschi”: Berlokasi di Provinsi Arezzo, hanya 50 km dari Florence, Italia. Merupakan taman pribadi terbesar di dunia, dimana terdapat lebih dari 6.500 varietas dan spesies mawar yang berbeda. Hal tersebut menjadikan taman bunga mawar ini adalah taman mawar terbesar ke-2 di dunia setelah taman Europa-Rosarium di Jerman.

Jepang

Sakura Kusabue-no-Oka Rose Garden: Berlokasi di The City of Sakura Rose Garden, Kusabue-no-oka, 820, Iino, Sakura, Chiba, 285-0003, Jepang. Taman ini memiliki sekitar 2.500 mawar dari 1.050 varietas yang berbeda pada luas taman sekitar 3,2 hektar.

Selandia Baru

Dunedin Botanic Gardens: Berlokasi di ujung utara dari pusat Dunedin, di Pulau Selatan Selandia Baru. Taman mawar ini memiliki 3 klaster yakni dengan 3 koleksi utama mawarnya yakni spesies mawar, taman mawar tua dan mawar modern. Di taman mawar tua, koleksi mawarnya dikelompokkan dalam kelasnya masing-masing seperti Gallica, Alba, Damask, Centifolia, China, Tea, Bourbon, Hybrid Perpetual, Portland, dan Moss. Mawar klasik lainnya seperti Noisette, Hybrid Musk, dan mawar Inggris juga tumbuh di taman ini.

Slovakia

Borova Hora Arboretum: Berlokasi di Universitas Technická vo Zvolene, Ul. T. G. Masaryka 2117/24,  960 53 Zvolen, Slovakia. Taman mawarnya memiliki koleksi dasar yang sangat berharga untuk pembibitan lebih lanjut. Banyak varietas yang lebih tua, terutama mawar varietas Rudolf Geschwind yang tahan terhadap kondisi lingkungan yang kurang baik. Saat ini koleksi mawar yang dimilikinya mencakup lebih dari 800 varietas mawar.

Britania Raya

Mottisfont Abbey: Berlokasi di Mottisfont, Hampshire, Inggris. Merupakan biara bersejarah dan tanah milik Inggris dimana di dalamnya terdapat karpet lampu musim semi, dedaunan musim gugur yang banyak, taman musim dingin yang berwarna-warni serta taman mawar dinding yang menakjubkan.

Sissinghurst Castle Garden: Berlokasi di Weald of Kent, Desa Sissinghurst, Inggris. Merupakan salah satu taman yang paling terkenal di Inggris. Didalamnya terdapat taman mawar yang dirancang sedemikian rupa dan terbagi menjadi 4 area.

Castle Howard: Berlokasi di North Yorkshire, Inggris, 24 km utara dari York. Merupakan estat dengan luas 10.000 hektar, dimana bunga mawar ditanam pada lahan seluas 3 hektar di tiga kebun bertembok abad ke-18 yang berdampingan. Salah satu dari tiga taman bunga mawar ditanam pada tahun 1975 yakni Taman Lady Cecilia yang diisi mawar tua untuk memperingati Lady Cecilia Howard (anak dari George Howard – bangsawan Inggris, politisi dan pelukis) dan berisi varietas mawar Damask, Gallica dan Alba. Dua taman lainnya yakni The Sundial dan Venus mengandung 2.000 mawar modern termasuk di dalamnya mawar David Austin.

David Austin Roses & Display Gardens: Berlokasi di Bowling Green Lane, Albrighton, Wolverhampton WV7 3HB, Inggris. David Austin adalah kolektor dan spesialis penumbuh semua jenis mawar, termasuk mawar pendaki, menjalar, mawar tua, mawar semak, spesies mawar dan mawar modern. Koleksinya meliputi lebih dari 800 varietas mawar, yang semuanya dapat dibeli secara online, tergantung ketersediaan stok.

Sumber: Famous Rose Gardens, dll.
Foto kredit: Marcus Meissner


Leave a Reply