10 Tanaman Hias Mawar Terpopuler


Jika seseorang bertanya kepada Anda tentang bunga mawar, apa yang terbesit dalam benak Anda? Maksud kami adalah apa yang terbayang dalam benak Anda bagaimana bentuk bunga mawar itu? kami yakin sebagian besar orang akan membayangkan bunga mawar berwarna merah dari jenis semi holland yang disebut juga dengan nama sexy red. Mengapa kami sangat yakin? Karena memang khususnya di Indonesia mawar sexy red adalah mawar yang paling populer dan paling banyak disukai. Hal ini dikarenakan bentuk dan warnanya yang benar-benar sangat indah, terlebih bunga mawar merah ini pasti selalu ada di toko-toko bunga (florist) dan menjadi pilihan terfavorit sebagai buket bunga.

Mawar merah

Mawar merah

Akan tetapi pada kesempatan kali ini, kami akan membahas 10 tanaman hias mawar terpopuler yang didapatkan pada salah satu sumber situs (sumber dapat dilihat di bawah). Dimana di dalamnya tidak terdapat mawar semi holland. Mengapa tidak terdapat mawar semi holland? Mungkin karena mawar semi holland bukan merupakan tanaman hias mawar melainkan lebih kepada bunga potong sebagai fungsi utamanya. Oleh karena itu, mawar semi holland pun jarang dijadikan sebagai tanaman hias rumahan akan tetapi sebagai bunga potong yang sering kali ditanam sebagai tanaman budidaya. Mungkin Anda jadi penasaran apa perbedaan dari bunga mawar yang berfungsi sebagai tanaman hias dan sebagai bunga potong, silahkan baca artikel sebelumnya yang berjudul Mawar: Tanaman Hias Atau Bunga Potong? untuk mendapatkan jawabannya.

Baiklah tanpa berbasa-basi lagi, mari kita simak 10 tanaman hias mawar terpopuler selama beberapa tahun terakhir dikalangan tukang kebun tanaman hias mawar rumahan:

Ballerina roses

Mawar ballerina merupakan mawar indah dan salah satu yang dapat diandalkan selalu berbunga terus menerus dari semua jenis mawar. Bunganya kecil (spray) berwarna merah muda lembut dengan warna putih di tengah mahkota bunga dan benang sari yang menonjol berwarna emas. Mawar ballerina merupakan jenis mawar semak pendek dengan bunganya yang banyak mengingatkan kita kepada bunga hortensia (hydrangea) dan memiliki sedikit aroma.

Blaze roses

Mawar blaze adalah jenis tanaman mawar hias yang tumbuh merambat dan menghasilkan kelimpahan bunga mawar berwarna merah menengah dengan jumlah kelopak bunga rata-rata adalah 25 lembar, memiliki sedikit wangi  dan mekar dari musim panas ke musim gugur apabila di tanam di daerah yang memiliki 4 musim, di Indonesia sepertinya bisa berbunga sepanjang tahun karena hanya memiliki 2 musim yakni kemarau dan hujan.

Bonica roses

Mawar bonica merupakan mawar semak berwarna merah muda namun lebih gelap, memiliki diameter bunga rata-rata 3,8 cm dengan jumlah kelopak bunga 26-40 lembar, sedikit wangi, toleransi terhadap keteduhan, mekar berulang kali di penghujung musim semi atau awal musim panas.

Chrysler Imperial roses

Mawar chrysler imperial merupakan mawar semak berwarna merah tua berbentuk seperti teh dengan diameter bunga ketika mekar sangat besar yakni rata-rata 12,7 cm, dengan jumlah kelopak bunga 45-50 lembar, memiliki aroma yang kuat, toleran terhadap keteduhan, tahan terhadap bintik hitam, tahan terhadap jamur dan batangnya sangat berduri. Mekar berulang kali dipenghujung musim semi atau awal musim panas.

Double delight roses

Mawar double delight merupakan tanaman hias mawar semak berwarna merah campuran (tengah berwarna putih dan ujungnya merah). Memiliki aroma rempah-rempah yang kuat, jumlah kelopak hingga 30 lembar dengan diameter bunga rata-rata 12,7 cm, mekar dua kali lipat, rentan terhadap bintik hitam dan jamur, mekar  berulang kali dipenghujung musim semi atau awal musim panas.

Iceberg roses

Mawar iceberg merupakan bunga mawar putih hasil kultivar dari spesies floribunda, memiliki aroma yang kuat, terdiri atas 17-25 lembar kelopak bunga dengan diameter mahkota rata-rata 5 cm. Mawar iceberg dikembangkan pertama kali oleh Reimer Kordes dari Jerman pada tahun 1958.

Mister lincoln roses

Mawar mister lincoln merupakan mawar semak berwarna merah tua (hampir mirip merah sexy red semi holland), jumlah kelopak sampai 35 lembar dengan diameter bunga rata-rata 12,7 cm, beraroma kuat, rentan terhadap bintik hitam, mekar  berulang kali dipenghujung musim semi atau awal musim panas.

Olympiad roses

Mawar olympiad merupakan mawar semak berwarna merah sedang , beraroma ringan teh, jumlah kelopak 32-37 lembar dengan diameter bunga rata-rata 12,7 cm, tahan terhadap jamur dan karat, batang sangat berduri, mekar  berulang kali dipenghujung musim semi atau awal musim panas.

Queen elizabeth roses

Mawar queen elizabeth merupakan mawar semak berwarna merah jambu mirip mawar semi holland revival. Beraroma sedang, jumlah kelopak 38-40 lembar dengan diameter bunga rata-rata 10,15 cm, sangat tahan terhadap penyakit.

Scentimental roses

Mawar scentimental merupakan tanaman hias mawar semak berwarna merah garis-garis putih dan sedikit bergaris ungu muda, beraroma ringan hingga kuat, jumlah kelopak 25-36 lembar dengan diameter bunga rata-rata 12 cm, tahan terhadap bintik hitam, tahan terhadap jamur, tahan terhadap karat, mekar  berulang kali dipenghujung musim semi atau awal musim panas.
Itulah 10 tanaman hias mawar terpopuler yang bersumber dari dummies dengan rangkuman deskripsi yang diambil dari berbagai sumber. Lalu apakah mawar semi holland tidak dapat dijadikan tanaman hias semisal untuk ditanam di pot? Memang belum lazim dijadikan sebagai tanaman hias, akan tetapi mawar semi holland masih tetap dapat ditanam dalam pot. Jika Anda penasaran bagaimana mawar semi holland dapat ditanam dalam pot, silahkan baca tipsnya pada artikel kami sebelumnya yang berjudul Apakah Mawar Semi Holland Dapat Ditanam Dalam Pot? Terima kasih telah berkunjung disini, semoga artikelnya bermanfaat dan selamat berkebun!


Leave a Reply