Bibit Bunga Mawar Pelangi – Asli atau Palsu?

9

Tak heran apabila banyak orang terutama pecinta bunga mawar ingin menanam bunga mawar pelangi di halaman rumahnya, mengapa tidak? Bunga mawar pelangi tidak hanya indah namun juga unik karena lembaran daun kelopaknya berwarna warni bak layaknya pelangi.

Untuk mendapatkan bibit bunga mawar pelangi dalam era teknologi sekarang ini sungguh sangat mudah, seseorang tinggal mengetik kata kunci bibit/benih bunga mawar pelangi dalam mesin pencarian di internet dan muncul-lah banyak produsen lokal yang menjualnya dalam bentuk biji, atau jika ingin membeli dari luar negeri cukup ketik kata kunci rainbow roses seeds.

Namun pertanyaannya adalah “apakah bunga mawar pelangi ini bisa tumbuh secara alami?”.

Kami sebagai salah satu produsen bibit bunga mawar polibag hasil teknik okulasi dan bunga mawar potong di Bandung sering mendapatkan permintaan baik itu bibitnya maupun bunga potongnya. Tentu saja untuk permintaan bibit bunga mawar pelangi langsung kami katakan tidak ada, karena memang tidak ada mawar yang tumbuh secara alami berwarna pelangi.

Sedangkan apabila itu terkait permintaan bunga potong mawar pelangi, bisa kami siapkan jika ada permintaan. Namun sebelumnya pasti kami jelaskan bahwa bunga mawar pelangi tersebut bukanlah bunga mawar pelangi asli, melainkan bunga mawar putih yang telah dilakukan teknik pewarnaan melalui proses osmosis sehingga menjadi berwarna pelangi.

bibit bunga mawar pelangi

Lalu, apakah mungkin bibit bunga mawar pelangi yang banyak dijual secara online itu asli? Memang banyak sekali jenis atau spesies bunga mawar di dunia ini, baik itu terjadi secara alami maupun atas campur tangan manusia dengan merubah genetik atau kawin silang antar jenis mawar.

Hanya saja untuk kasus mawar pelangi, kami meragukan keasliannya. Apakah diantara Anda yang pernah membeli biji bunga mawar pelangi berhasil menumbuhkannya? Berapa lama-kah biji tersebut tumbuh dan apakah hasilnya memuaskan (baca: bunganya berwarna pelangi?).

Keraguan kami akan biji mawar pelangi ini bukan tanpa alasan, ketika kami melakukan tinjauan terkait biji bunga mawar pelangi ini dengan berkunjung ke situs Amazon, dimana disana terdapat produsen biji mawar pelangi yang menitipkan produknya di situs pengecer daring terbesar di dunia tersebut dan membaca testimoni dari para pembeli maupun para petani yang memberikan komentarnya, kebanyakan isinya adalah cacian terhadap produsen tersebut.

Jika belum dihapus oleh Amazon, coba lihat produk Rains Rainbow Rose Seeds Bush Flower Seeds dan baca testimoninya. Sedikit kami kutip beberapa testimoni dari produk tersebut yang sudah kami terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berikut ini:

Oleh Ladybug: “Ini adalah PENIPUAN”.

“Saya seorang holtikulturis. Tidak ada bunga mawar pelangi, dan jika ada, Anda tidak bisa menumbuhkannya dari biji …….. Saya sudah melaporkan penipuan ini kepada Amazon, jadi mari kita lihat apakah mereka berbuat sesuatu tentang ini”.

Oleh EL: “Jelek”.

“Mawar tidak berkecambah, walaupun sudah mengikuti petunjuk. Harganya pun terlalu mahal. Istri saya bilang kepada saya untuk mencoba mendapatkan uang saya kembali.

Oleh Julie: “Bibit tidak tumbuh”.

“Saya sangat ingin biji indah ini untuk tumbuh, tidak sama sekali! Saya pergi ke lokal green house untuk mengetahui apakah mereka punya masukan mengapa setelah 2 bulan benih saya tidak tumbuh, mereka menyarankan kita untuk memotong dan membuka satu benih ternyata itu sekeras batu, mereka tidak memberi saya saran apa pun kecuali untuk mendapatkan uang saya kembali”.

Jika belum dihapus juga oleh Amazon, coba lihat produk lainnya yakni Mystic Rainbow Flower dan baca testimoninya:

Oleh Charles M. Moughamian: “Bukan apa-apa kecuali murni penipuan”.

“Saya terkejut Amazon membiarkan penipu ini menjual sesuatu seperti ini di situs mereka. Beli-lah dan ikuti petunjuknya dari penipu ini dan Anda akan melihat dia menipu Anda.  ……. . Syukurlah Amazon mengembalikan uang saya untuk kedua benih ini dan juga yang warna biru. Ini benar-benar membuat saya marah ketika penipu ini telah memperdaya banyak orang. Dia membuat mawar terlihat seperti ini menggunakan pewarna”.

Oleh What The Best: “Biji tidak berkecambah seperti yang dijelaskan !!!”.

“Saya mengikuti semua petunjuk yang diberikan dan biji tidak berkecambah. Jangan membeli, tidak sebanding dengan uangnya. Hanya membuang-buang waktu dan uang saja. Sangat kecewa”.

Oleh Alex: “Mohon jangan membeli biji mawar”.

“Tolong, tolong, teman-teman, ini adalah penipuan! Mawar tidak pernah ditanam secara komersial dari biji. Mawar hampir selalu dicangkokkan dan dijual sebagai tanaman dewasa. Juga foto ini jelas palsu. Tidak ada mawar yang seperti itu, tidak ada bunga mawar yang tumbuh secara alami seperti itu. Toko bunga dapat membuat mawar berubah warna, tetapi mereka memasukkan pigmen langsung ke batangnya. Bibit dan bunga mawar pelangi …! Saya tidak percaya ada orang yang memiliki keberanian untuk memasang penipuan ini.

Itulah sedikit dari banyaknya testimoni yang mengutarakan kekecewaannya terkait bibit bunga mawar pelangi yang dijual di Amazon, jika Anda telusuri lagi melalui mesin pencari dalam bahasa Inggris, banyak yang menjelaskan dan meyakinkan kita bahwa bunga mawar pelangi benar-benar tidak dapat tumbuh secara alami.

Jadi apakah Anda masih berani untuk mencoba membeli biji bunga mawar pelangi? Keputusan ada pada diri Anda sendiri!

Foto kredit: nnice

9 COMMENTS

  1. Bener seperti itu ya kang?.Saya pernah beli online juga tapi bibit cabai rainbow dan saya cba semaikan sesuai petunjuk.Hasilnya..?.Dri sekian ratus benih ga ada yg berkecambah/tumbuh,pdhl udh saya bangga2in sblmnya ke teman2.Kecewa banget kang.Apakah itu juga palsu ya kang?.Kalau yg cabai ungu saja memang saya pun ada pohonnya.

    • Kalau cabe rainbow itu asli Gan.. Saya pernah nanem dan tumbuh besar sampai berbuah.. Dan emang warna cabenya warna warni tergantung tingkat kematangan buahnya..

  2. Saya baru tahu hal ini kang,mksh infonya.Tapi apakah cabai rainbow juga palsu?.Saya pnh beli online juga,tapi ga satupun benih berhasil tumbuh.Pdhl pembenihan/penyemaian udh sesuai petunjuk…kecewa pisan kang.

  3. Saya pernah membeli aneka biji bunga mawar di salah satu situs online khusus tanaman hingga 400rb rupiah. Dan hingga kini (udah 4 bulan) tidak ada 1 pun benih yg tumbuh padahal prosedurnya pembibitan dikemasan sudah diikuti dengan benar. Jadi saya berkesimpulan bahwa bunga benih bunga mawar itu mungkin hanya penipuan. Saya tidak menyalahkan situs online tersebut karena saya pikir mereka hanya distributor aja. Cuma sebagai distributor harusnya jelih melihat yg mereka pasarkan. (Sorry oot)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here