Cara Merawat Mawar Agar Rajin Berbunga


Tak heran mengapa bunga mawar disebut sebagai ratunya bunga, hal ini dikarenakan kelopak bunganya memiliki bentuk yang sangat indah juga memiliki aroma yang khas. Oleh sebab itu, banyak sekali orang yang ingin menanam bunga mawar di rumahnya khususnya adalah para kaum hawa. Namun, berdasarkan komunikasi via bbm, sms, maupun telepon kepada kami, kebanyakan mereka agak kesulitan dengan bagaimana cara merawat mawar agar rajin berbunga, atau permasalahan lainnya adalah biasanya bunga mawar yang semula memiliki kelopak besar ketika membeli dari penjual bunga, ketika beralih tangan kepada mereka, bunga selanjutnya yang mekar menjadi kecil atau tidak sebesar sebelumnya. Bagaimana mengatasi permasalahan tersebut?

Menanam bunga mawar itu memang agak unik, bisa dikatakan sulit jika tidak tahu ilmunya, tetapi bisa menjadi mudah jika sudah mengetahui ilmunya. Menanam bunga mawar memang memerlukan perlakuan khusus, dia tidak bisa dirawat hanya dengan cukup menyiramkan air setiap pagi dan sore. Tetapi terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Yang pertama adalah tanaman mawar harus ditempatkan di tempat yang terkena sinar matahari sepanjang hari (full sun) agar kegiatan fotosintesis bisa terlaksana dengan baik.

Mawar rajin berbunga

Cara merawat mawar agar rajin berbunga lainnya adalah dengan memberikan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan mawar tersebut. Nutrisi tersebut adalah pupuk, pupuk yang paling baik adalah pupuk kandang atau pupuk alami yang dihasilkan dari kotoran hewan. Akan tetapi, jika Anda kesulitan mendapatkan pupuk jenis tersebut, bisa menggunakan pupuk NPK (pupuk kimia) yang mengandung unsur hara utama yakni nitrogen yang membantu pertumbuhan vegetatif terutama daun, fosfor yang membantu pertumbuhan akar dan tunas, serta kalium yang dapat membantu pembungaan dan pembuahan. Akan tetapi, aplikasi penggunaan pupuk NPK ini tidak boleh terlalu sering digunakan dan tidak boleh terlalu banyak diberikan untuk setiap tanaman mawar, karena jika over dosis, tanaman mawar Anda malah bisa menjadi kering/gosong dan akhirnya mati. Baca: Tips Memberikan Pupuk Bunga Mawar Dalam Pot.
Penyiraman harus dilakukan sebanyak 2 kali (pagi dan sore) dalam sehari jika cuaca sedang panas dan hanya dilakukan sekali (pagi) dalam sehari setiap harinya jika cuaca tidak panas. Jika kondisi cuaca hujan setiap hari terlebih jika tanaman mawar Anda terkena langsung air hujan, maka disarankan untuk menyemprot daun serta bunganya dengan air biasa segera setelah hujan reda (Baca: Apa Yang Harus Dilakukan Jika Mawar Terkena Hujan?), karena air hujan bersifat agak keras khususnya untuk tanaman bunga mawar. Alternatif kedua jika musim hujan adalah rutin melakukan penyemprotan pestisida agar mawar tahan terhadap guyuran hujan yang biasanya mengakibatkan bunga mawar rusak (Baca: Tips Agar Mawar Tahan Terhadap Hujan). Jika disimpan pada tempat yang mengadaptasi konsep rumah kaca semisal di bawah naungan kanopi, cukup disiram dua hari sekali apabila sedang musim hujan.

Dalam berbagai sumber, penggunaan air bekas AC atau air dingin dari kulkas bisa dimanfaatkan untuk menyiram bunga mawar dan disebutkan katanya bunga mawar bisa rajin berbunga dengan air tersebut. Untuk hal ini belum pernah kami coba karena kami tidak memiliki AC (Bandung sudah dingin tanpa AC, hehe). Walau pun begitu, terdapat pelanggan kami yang mencobanya dan ternyata hasilnya memang membuat mawar rajin berbunga walau pun di daerah dengan suhu udara yang panas.

Cara merawat mawar agar rajin berbunga selanjutnya adalah rutin melakukan pengobatan agar tanaman mawar Anda tidak terserang hama. Jika terserang hama, tentunya pertumbuhan mawar akan terhambat dan bahkan bisa mati karenanya. Untuk itu penyemprotan obat insektisida dan atau fungisida perlu dilakukan minimal sebulan sekali dan maksimal 2 minggu sekali (jika kondisi cuaca kemarau). Baca: Tips Antisipasi Hama Pada Bunga Mawar Dalam Pot. Jangan lupa juga untuk selalu membersihkan gulma (tanaman liar yang tidak diinginkan) jika tumbuh pada media tanam bunga mawar Anda.

Yang terakhir dan yang paling penting agar mawar Anda rajin berbunga adalah perlakuan yang biasanya dikatakan oleh kaum hawa “tidak tega”, apakah itu? Rajin memotong tangkai bunga mawar yang sudah mulai mengering menggunakan gunting stek batang yang bersih. Beberapa orang mengatakan kepada saya bahwa mereka tidak tega melakukan itu karena mereka sayang dengan tanaman mawarnya. Padahal memotong batang pada mawar merupakan cara kasih sayang agar mawar tersebut rajin berbunga. Bahkan terkadang tidak perlu menunggu batang mulai mengering untuk kemudian dipotong. Dalam beberapa kasus, agar bunga mawar rajin berbunga dan agar tetap menghasilkan bunga yang besar, pemotongan batang perlu dilakukan untuk merangsang pertumbuhan tunas baru, dimana tunas baru tersebut biasanya akan tumbuh lebih baik sehingga dapat menghasilkan bunga yang baik pula.

Itulah gambaran umum cara merawat mawar agar rajin berbunga terutama untuk jenis bunga mawar hias. Sedangkan untuk mawar jenis semi holland, perlu perlakuan yang agak sedikit lebih khusus daripada bunga mawar hias, dan mungkin kaum hawa akan semakin tidak tega dengan cara perlakuan kepada mawar semi holland yang sebenarnya perlakuan tersebut bertujuan agar mawar semi holland dapat menghasilkan bunga yang besar dan indah. Jadi bila Anda ingin menanam jenis mawar semi holland di rumah, sebaiknya Anda membaca terlebih dahulu artikel saya sebelumnya yang berjudul Apakah mawar semi holland dapat ditanam dalam pot? Akhir kata, semoga bermanfaat dan selamat berkebun!

Baca juga: Mengapa Bunga Mawar Saya Kecil?


15 Comments

  1. Rudi Ardiansyah November 27, 2015
  2. juni novita January 18, 2016
  3. Rudi Ardiansyah January 18, 2016
  4. Barondsay Saesaemawon April 18, 2016
  5. Rudi Ardiansyah April 18, 2016
  6. Siti Mardiana April 23, 2016
  7. Rudi Ardiansyah April 23, 2016
  8. Nia Kurniasari June 5, 2016
  9. zwizzgamer27 August 25, 2016
    • Admin August 25, 2016
  10. v3 September 8, 2016
    • Admin September 9, 2016
  11. astiya September 17, 2016
  12. Yuyun November 28, 2016

Leave a Reply