Harga Bunga Mawar Di Rawa Belong

0

Siapa yang tidak tahu dengan Rawa Belong khususnya pasar Rawa Belong terutama para pecinta bunga? Ya, pasar Rawa Belong yang berlokasi di Kebon Jeruk, Jakarta Barat ini merupakan pusat penjualan macam-macam bunga potong dan tanaman hias di Jakarta. Tak tanggung-tanggung, pasar Rawa Belong merupakan salah satu pasar bunga terbesar di Asia Tenggara dengan omset atau perputaran uangnya dalam sebulan hingga berkisar 15-20 milyar (fantastis!). Di pasar bunga ini Anda dapat menemukan berbagai macam bunga potong baik itu lokal seperti mawar, anggrek, melati, lili, dan lain sebagainya atau pun jenis impor dari mawar, lili, tulip dan lain sebagainya juga tanaman hias seperti Aglonema dan sebagainya. Dikarenakan blog ini bertemakan tentang bunga mawar, yuk kita bahas tentang bunga mawar yang ada di Rawa Belong khususnya berapa sih harga bunga mawar di Rawa Belong?

Harga bunga mawar di Rawa Belong tentunya akan berbeda-beda tergantung kepada siapa Anda membelinya, karena terdapat banyak sekali penjual bunga mawar di sana. Namun walaupun begitu, biasanya harga bunga mawar relatif tidak akan terlalu beda jauh disetiap pedagang. Harga bunga mawar biasanya akan melonjak tinggi jika itu menjelang hari valentine. Seperti dilansir Tempo, Selasa (14/02/2012), seorang pedagang di sana (Iwan) mengatakan kalau hari biasa dia menjual bunga mawar dengan harga Rp 8 ribu per tangkainya. Harga tersebut naik hampir 100% ketika menjelang atau pas hari valentine dengan harga Rp 15 ribu per tangkai. Sedangkan apabila pembeli membeli sebanyak 10 tangkai (satu buket), dia menjualnya dengan harga Rp 125 ribu.

harga bunga mawar di rawa belong

Pedagang lainnya mengatakan bahwa dia menjual mawar pada hari biasa satu buket dengan isi 4-5 tangkai dengan harga Rp 55 ribu – Rp 60 ribu. Di hari valentine dia bisa menjual per buket dengan isi 4-5 tangkai tersebut dengan harga Rp 80 ribu. Terlihat beda-kan antara penjual yang satu dengan lainnya terkait harga jual mawar di sana? Perbedaan harga antara penjual di pasar Rawa Belong bisa dikarenakan perbedaan kualitas bunga atau standar harga yang memang telah diterapkan masing-masing penjual dengan pertimbangan mereka masing-masing.

Data tersebut didapatkan dari tahun 2012, lalu berapa harga bunga mawar di Rawa Belong pada tahun 2015 ini? Ternyata ditahun 2015 ini harga bunga mawar tidak mengalami banyak perubahan. Seperti dilansir JPNN, Jumat (13/02/2015), seorang pedagang yang bernama Tono mengatakan bahwa dia menjual bunga mawar dihari valentine dengan harga Rp 15 ribu per tangkai untuk warna mawar yang mudah ditemui seperti merah, putih dan merah muda. Sedangkan warna yang agak sulit didapatkan seperti warna biru dan ungu dijual dengan harga Rp 40 ribu per tangkainya.

Selain itu, harga bunga mawar yang telah dirangkai menjadi sebuah buket rata-rata dijual mulai dari harga Rp 85 ribu hingga ratusan ribu. Perbedaan harga buket mawar tentunya difaktori oleh berapa banyak tangkai bunga mawar dalam satu buket, serta bunga apa yang jadi hiasan lainnya dan berapa banyak bunga lainnya tersebut, juga tergantung aksesoris lainnya yang dipakai seperti misalnya yang paling digemari adalah tambahan aksesoris boneka berdasarkan ukuran juga.

Hal yang unik untuk mendapatkan bunga segar di pasar Rawa Belong yang buka 24 jam ini adalah terkait dengan pukul berapa Anda berkunjung ke sana. Jika Anda ingin mendapatkan bunga segar kiriman Sukabumi dan Bandung, sebaiknya Anda berkunjung antara pukul 02.00 WIB sampai 06.00 WIB. Sedangkan apabila Anda ingin mendapatkan bunga segar kiriman Sumatera, sebaiknya Anda berkunjung antara pukul 14.00 WIB sampai 21.00 WIB.

Foto kredit: “Rawa Belong” dari Indonesian Tourism

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here