Harga Setangkai Bunga Mawar


Berapa harga setangkai bunga mawar di pasaran? Harga setangkai bunga mawar tentunya sangat bervariasi sekali sesuai dengan dimana tempat atau daerah penjual bunga mawar tersebut. Biasanya daerah yang di dalamnya terdapat para petani pembudidaya bunga mawar, maka harga mawar di daerah tersebut akan lebih murah jika dibandingkan dengan daerah lain yang di dalamnya tidak terdapat pembudidaya bunga mawar. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Asumsi saya, ya hanya sekedar berasumsi (bukan hasil penelitian yang harus melakukan survey lapangan secara resmi). Hal ini dikarenakan pada suatu daerah yang terdapat banyak pembudidaya bunga mawar, yang dikejar oleh mereka (baca: petani) adalah kuantitas produksi, dimana semakin banyak petani maka semakin sengit persaingan produksi bunga mawar sehingga faktor kualitas juga harus diperhitungkan, dan oleh sebab itu, bunga mawar akan lebih mudah didapatkan di daerah tersebut saking banyaknya pembudidaya bunga mawar. Maka harga pun relatif cenderung tidak akan terlalu mahal karena yang terpenting adalah bunga mereka dapat dipasarkan (baca: dijual).

harga setangkai bunga mawar

Hal tersebut akan berbeda jika di suatu daerah hanya terdapat satu pembudidaya bunga mawar, maka dengan permintaan mawar yang tinggi di suatu daerah tersebut (misalnya), harga setangkai bunga mawar dapat dipastikan akan jauh lebih mahal apabila dibandingkan dengan harga setangkai bunga mawar di daerah yang banyak pembudidaya bunga mawarnya, sederhana saja alasannya, karena tidak ada pesaing lain. Tentunya akan berbeda apabila suatu daerah tersebut walaupun hanya memiliki satu pembudidaya bunga mawar, namun terdapat orang yang berjualan bunga mawar dengan cara mendatangkan bunga mawarnya dari daerah yang memiliki banyak pembudidaya bunga mawar.

Di seluruh dunia pun akan begitu, harga setangkai bunga mawar pastinya sangat bervariasi, dari sumber yang saya peroleh yakni CNN, harga mawar paling murah di seluruh dunia adalah mawar dari Kenya yakni hanya $2.50 untuk 22 tangkai mawar, katanya ini dikarenakan Kenya merupakan produsen besar bunga mawar serta produk holtikultura lainnya. Itu artinya jika kurs rupiah terhadap dollar pada saat artikel ini dipublikasikan Rp 12.500, berarti 22 tangkai mawar sama dengan Rp 31.250, dan artinya lagi adalah harga setangkai bunga mawar di Kenya adalah sekitar Rp 1.500.

Masih dari sumber yang sama, harga tersebut (dalam rupiah) sangat jauh berbeda dengan harga di Bangkok, Thailand yakni Rp 562.500 per tangkainya pada hari valentine. Di Hongkong harganya sekitar Rp 213.500/tangkai dan sekitar Rp 125.000/tangkai di Tokyo, Jepang. Cina memiliki harga yang lebih murah yakni sekitar Rp 16.000/tangkainya. Sedangkan harga setangkai bunga mawar di Indonesia menurut sumber tersebut yakni di Jakarta berkisar di Rp 62.500.

Mahal-mahal sekali ya harga bunga mawar itu? Terutama harga yang di Bangkok! Mawar apa ya? Ternyata mawarnya sama dengan mawar kami yakni mawar semi holland, dari sumber tersebut dikatakan terutama yang di Bangkok adalah ”Dutch Roses” (mawar holland), dari foto bunga mawarnya dapat saya yakini bahwa itu adalah mawar jenis sama yang kami jual disini yakni jenis semi holland. Sedangkan harga setangkai bunga mawar kami dipatok Rp 4.000 saja, sepertinya enak kalau bunga mawar kami bisa di jual di Bangkok, Thailand?


Leave a Reply