Sejarah Bunga Mawar Merah


Bagaimana sejarah bunga mawar merah tercipta atau pertama kali ditemukan? Menelusuri sejarah ini kiranya agak sulit karena saya tidak menemukan literasi yang benar-benar menerangkan secara pasti bagaimana asal mula mawar merah tercipta atau ditemukan. Literasi yang didapat dari internet hanya mengacu kepada bukti sejarah bunga mawar secara global yakni perkiraan bunga mawar ada di dunia mengacu pada bukti fosil yang ditemukan. Tidak seperti asal mula sejarah manusia tercipta dan turun ke dunia yang mudah didapatkan seperi dari kitab suci Al-Qur’an.

Walaupun begitu, diketahui bahwa sampai awal abad ke-19, semua mawar yang ada di Eropa waktu itu hanya bernuansa merah muda dan putih. Bunga mawar merah yang melambangkan cinta dan romantisme baru pertama datang ke Eropa pada sekitar tahun 1800 yang didatangkan dari Cina. Dari situ dapat disimpulkan bahwa sebelum tahun 1800, Cina sudah memiliki mawar merah, tetapi penelusuran selanjutnya terhenti disitu. Mungkin hanya Tuhan saja yang tahu karena Dia-lah yang menciptakan bunga indah tersebut.

Namun, terlepas dari semua hal itu (bukti nyata), terdapat beberapa legenda atau mitos dari beberapa negara terkait asal mula mawar merah yang saya rangkum ceritanya berikut ini:
burung dan bunga mawar

Ilustrasi

Dalam legenda Arab, semua bunga mawar awalnya hanya berwarna putih sampai suatu malam ketika burung bulbul bertemu mawar putih yang indah, ia langsung jatuh cinta. Pada saat itu, burung bulbul tidak tahu bagaimana cara bernyanyi dengan merdu, burung itu hanya berteriak dengan suara parau dan berkicau seperti burung lainnya. Tetapi sekarang burung bulbul memiliki cinta yang begitu kuat dan ia terinspirasi untuk menyanyi pada pertama kalinya. Akhirnya cinta burung ini terhadap mawar putih bertambah besar, sehingga ia ingin bersatu dengannya, ia pun menekan dirinya ke bunga mawar putih tersebut sehingga duri dari mawar menusuk hatinya dan mewarnai mawar putih menjadi merah selamanya.

Sedangkan dalam mitologi Yunani kuno, ketika Venus anak dari Cupid (dewa hasrat, cinta erotis, pemikat dan kasih sayang) disengat oleh lebah, ia tidak sengaja menembak panah ke arah kebun mawar. Tembakan panah tersebut diyakini yang menyebabkan duri tumbuh pada bunga mawar. Ketika Venus berjalan ke kebun mawar tersebut, kakinya tertusuk duri mawar, sehingga tetesan darahnya membuat bunga mawar berwarna merah.

Pada legenda lainnya yang tidak diketahui asalnya yang mirip dengan legenda dari Arab, suatu ketika terdapat burung yang jatuh cinta dengan mawar putih. Burung tersebut berusaha keras untuk mengungkapkan bahwa ia sangat mencintai mawar putih yang sangat indah itu. Namun mawar putih menjawabnya dengan perkataan yang menyakitkan bahwa ia tidak akan pernah mencintai burung tersebut. Lantas burung itu tidak pantang menyerah, ia memotong sayapnya sendiri dan menebarkan darah yang keluar dari sayapnya sebagai bukti pengorbanan cintanya kepada mawar putih. Darahnya yang merah tersebut akhirnya mengubah mawar putih menjadi mawar merah. Setelah itu akhirnya mawar putih sadar bahwa betapa besarnya cinta burung kepadanya. Sebenarnya mawar putih juga mencintai burung tersebut, namun apa dikata, semuanya sudah terlambat, sang burung telah mati karena kehabisan darah. Mawar pun merasa sedih dan kecewa terhadap dirinya sendiri.

Itulah beberapa cerita legenda sejarah bunga mawar merah tercipta yang saya dapatkan dari berbagai sumber di internet. Mungkin Anda kecewa terhadap artikel ini, begitu pun dengan saya, saya kecewa karena tidak dapat menemukan sejarah sebenarnya dari bunga mawar merah. Oleh karena itu, alangkah senangnya jika Anda yang lebih mengetahui sejarah dari bunga mawar merah untuk membagikan ilmunya dengan berkomentar disini.

Foto kredit: Flower Bird Texture Vampstock


Leave a Reply