Bagian Bagian Bunga Mawar Beserta Fungsinya


Bunga mawar memiliki banyak sekali macam/jenis/spesiesnya di dunia ini. Bunga mawar memiliki sejarah yang unik. Di alam liar, terdapat sekitar 100-150 spesies mawar yang tumbuh. Seiring berkembangnya dunia botani, bunga mawar telah diperbanyak spesiesnya melalui perkawinan silang atau rekayasa genetika hingga menjadi ribuan. Walaupun begitu, bagian-bagian bunga mawar dari setiap spesies secara umum terdiri atas bagian yang sama yakni terdiri atas mahkota bunga, kelopak, batang, duri, daun dan akar. Pun dengan fungsinya secara umum memiliki fungsi yang sama, adapun bagian-bagian bunga mawar beserta fungsinya dapat dibaca bahasannya berikut ini.

Bagian-bagian bunga mawar beserta fungsinya

Fungsi Mahkota Bunga Mawar

Mahkota bunga atau disebut corolla dalam bahasa Inggris pada bunga-bunga umumnya yang memiliki warna cerah berfungsi sebagai pemikat hewan (biasanya serangga) untuk membantu penyerbukan. Fungsi ini mungkin berlaku pada bunga mawar liar namun tidak pada mawar hibrida (mawar yang telah diperbanyak melalui proses kawin silang atas campur tangan manusia) yakni mawar modern. Pada mawar modern, fungsi mahkota bunga adalah sebagai bagian paling indah untuk dinikmati atau dipandang dan menjadi komoditi ekonomi.

Fungsi Kelopak Bunga Mawar

Kelopak bunga (calyx) mawar adalah modifikasi dari daun yang terletak pada lingkaran bunga terluar dan disebut juga sebagai perhiasan bunga. Lembaran kelopak bunga disebut juga dengan nama sepal. Fungsi kelopak bunga mawar adalah sebagai pelindung mahkota bunga dimana mereka menutupi bagian bunga mawar ketika bunga masih kuncup (belum mekar), dan seiring mekarnya bunga, kelopaknya pun ikut membuka.

Fungsi Batang (Tangkai) Bunga Mawar

Fungsi batang pada bunga mawar adalah sebagai pendukung bagian dirinya yang berada di atas tanah seperti tempat melekatnya daun, duri dan bunga. Selain itu tangkai mawar berfungsi juga sebagai jalan pengangkut air, mineral dan zat makanan. Juga batang pada bunga mawar berfungsi sebagai alat perkembangbiakkannya seperti stek pada mawar liar atau sebagai bahan teknik okulasi untuk mawar modern.

Fungsi Duri Bunga Mawar   

Duri pada bunga mawar sebenarnya memiliki fungsi yang berbeda-beda sesuai spesiesnya. Pada mawar liar yang merambat, duri berfungsi sebagai pengait/pegangan sewaktu memanjat tumbuhan atau apa pun yang ada disekitarnya untuk dipanjat. Duri pada mawar juga berfungsi sebagai bentuk pertahanan dari pemangsa yang senang memakan bunga. Sedangkan fungsi duri pada mawar modern yang dikembangkan manusia pada green house atau lain-lain adalah sebagai organ aksesoris karena biasanya hewan pemangsa tanaman tidak dapat masuk ke dalam green house.

Fungsi Daun Bunga Mawar

Fungsi daun bunga mawar adalah sebagai tempat melakukan fotosintesis atau pengolahan zat-zat makanan yang dibantu oleh cahaya matahari. Oleh sebab itu, tanaman bunga mawar harus ditempatkan pada tempat yang terkena sinar matahari agar dapat tumbuh dengan baik.

Fungsi Akar Bunga Mawar

Fungsi akar pada bunga mawar yang tumbuh menuju pusat bumi di dalam tanah adalah sebagai penopang/fondasi agar batang mawar dapat berdiri dengan kokoh. Selain itu, dia juga berfungsi sebagai bagian dari tubuhnya untuk menyerap air dan zat makanan (garam mineral) dari dalam tanah untuk kemudian diangkut melalui batangnya menuju daun dan bunga.

Itulah tadi penjelasan bagian-bagian bunga mawar beserta fungsinya secara umum, sedangkan bagi yang ingin mengetahui bagian-bagian bunga mawar yang sering dijumpai di toko-toko bunga (florist) yakni mawar modern jenis semi holland, dapat Anda baca pada postingan sebelumnya yang berjudul deskripsi mawar semi holland.


Leave a Reply