Berapa Hari Bunga Mawar Layu?


Berapa hari bunga mawar layu? Pertanyaan yang bagus. Mungkin sebagian orang akan melayangkan pertanyaan tersebut ketika baru akan membeli bunga potong mawar, atau orang yang masih awam tentang bunga mawar. Sehingga jawaban akan pertanyaan ini lumayan penting, dikarenakan harga bunga mawar memiliki harga yang lumayan dibanding bunga potong lainnya – Tidak ingin kan, kalau rupiah yang dikeluarkan untuk membeli bunga mawar terbuang sia-sia?
berapa hari bunga mawar layu

Jadi berapa hari bunga mawar layu? Jawabannya adalah sehari. Apa? Sehari! Sia-sia dong ya kalau beli bunga mawar yang cukup mahal dan hanya bisa dinikmati cuman sehari? Yup, benar sekali, sia-sia kalau sehari saja sudah layu. Tapi tunggu dulu, sehari itu memang bisa layu dengan beberapa kondisi tertentu. Apa saja kondisi tersebut, simak bahasannya berikut ini.

Bunga mawar sehari saja sudah layu dengan kondisi apabila setelah dipanen dari kebun dibiarkan begitu saja tanpa direndam kedalam air. Hal tersebut berlaku juga apabila membeli bunga mawar dari toko bunga dan dibiarkan begitu saja tanpa dimasukkan ke dalam air. Ya, air merupakan sumber utama (makanan) kebanyakan bunga potong termasuk bunga mawar. Sehingga alasannya sederhana saja, karena tidak diberi makan, maka otomatis dia akan layu. Tidak beda jauh dengan manusia yang jika tidak diberi makan sehari, maka orang tersebut akan lesu.

Lalu bagaimana dengan paket kiriman bunga potong mawar yang dipesan dari luar kota? Misal Anda memesan bunga potong mawar kepada kami (dari Bandung) ke tempat Anda misalnya di Kalimantan, Sumatera, bahkan Papua yang memakan lama perjalanan satu hingga dua hari (terutama Papua pasti 2 hari) apakah tidak akan layu?

Untuk pengiriman bunga mawar ke luar kota, ujung batangnya selalu kami beri kapas berair yang ditutup dan diikat dengan plastik untuk menjaga kesegaran dan ketahanan bunga mawar dalam perjalanan yang memakan waktu 1-2 hari. Akan tetapi, walaupun begitu bunga mawar akan tetap agak layu setibanya di tempat Anda. Tak heran hal ini terjadi (agak layu) dikarenakan bunga mawar dikirim menggunakan dus yang pastinya pengap walaupun dusnya sendiri sudah diberi lubang udara. Pun kapas berair tidak akan membuat mawar tetap segar karena kandungan airnya sedikit, tetapi berguna untuk menjaga agar bunga mawar tidak menjadi sangat layu.

Jadi apa yang harus dilakukan agar paket kiriman bunga yang Anda dapatkan bisa menjadi segar kembali? Sederhana saja, jawabannya adalah air. Pun begitu jika Anda tidak tahu tekniknya, bunga yang Anda dapatkan dari kami khususnya mawar semi holland, ketika Anda terima dan langsung Anda simpan dalam vas berair, dia tidak akan menjadi segar kembali dengan kondisi tertentu. Kondisi ini akan terjadi apabila Anda langsung merendam ujung batangnya kedalam air tanpa terlebih dahulu memotong ujung batangnya. Jadi Anda harus memotong ujung batangnya terlebih dahulu sebelum Anda rendam ke dalam air (vas berair atau lainnya), potonglah setidaknya satu cm.
Potong ujung batang mawar

Pertanyaannya adalah mengapa harus dipotong dulu? Ya, karena biasanya permukaan ujung batangnya sudah mengering, jadi ketika dimasukkan ke dalam air dengan kondisi permukaan ujung batangnya kering, maka air tidak dapat diserap dengan baik karena pori-pori batangnya sudah menutup, sehingga untuk membuka kembali pori-porinya, hanya tinggal di potong saja, maka dia bisa kembali menyerap air dengan baik dan bunga mawar pun akan segar kembali. Baca juga: Ketika Bunga Mawar Sampai di Tangan Anda.

Lalu berapa hari bunga mawar layu ketika sudah dilakukan langkah-langkah diatas terutama setelah dipotong ujung batangnya dan dimasukkan ke dalam air? Untuk jenis mawar semi holland rata-rata usia hidupnya adalah seminggu jika itu disimpan dalam vas bunga berair. Bahkan khususnya bunga mawar semi holland, usia hidupnya bisa lebih panjang apabila Anda tahu juga cara perawatannya. Silahkan baca tips agar buket mawar Anda tahan lebih lama untuk info selanjutnya.


2 Comments

  1. Nir Mala April 19, 2016

Leave a Reply