Bibit Bunga Mawar Biru, Percayakah Anda?


Telah saya jelaskan pada beberapa artikel di blog ini mengenai bunga mawar biru, dan tak bosannya saya katakan bahwa bunga mawar biru itu memang ada. Ya, memang ada! Namun, mawar biru tidaklah tumbuh secara alami melainkan dibuat melalui proses osmosis yakni pencelupan batang mawar putih (white avalanche) ke dalam cairan berwarna biru, mawar biru hanya ada sebagai bunga potong saja. Jadi janganlah Anda langsung tergiur kepada produsen yang mengaku memiliki bibit bunga mawar biru khususnya yang berbentuk biji. Ada pun penampakkan mawar biru kami hasil proses osmosis dapat dilihat di bawah ini.

bunga mawar biru

Bunga mawar tidak memiliki pigmen alami warna biru, para ahli tanaman pun sampai saat ini belum ada yang bisa membuat mawar biru bisa tumbuh secara alami baik itu melalui kawin silang, rekayasa genetika, dll. Walaupun perusahaan Jepang yakni Suntory (bekerja sama dengan perusahaan Australia Florigene) mengklaim telah melakukan rekayasa genetika yang menghasilkan mawar biru, tetapi biru mawar yang mereka ciptakan tidaklah benar-benar berwarna biru melainkan berwarna lavender. Mungkin ini adalah salah satu keputusasaan perusahaan Jepang tersebut karena tidak dapat menciptakan bunga mawar biru. Mereka hanya sanggup mengubah genetika mawar menjadi warna lavender yang diklaim sebagai mawar biru. Berikut adalah penampakkan mawar biru yang diciptakan oleh Suntory.

Lihatlah, perusahaan Jepang dimana biasanya memiliki sumber daya manusia yang gigih dan pantang menyerah pun tidak mampu menciptakan bibit bunga mawar biru. Jika pun ada perusahaan lain yang bisa membuatnya, pastilah harga bibit bunga mawar biru ini akan sangat mahal sekali karena diciptakan melalui proses yang panjang dan tentunya akan banyak menghabiskan dana penelitian yang tidak sedikit. Bunga mawar biru milik Suntory pun dibanderol dengan harga 200 – 300 ribu rupiah per tangkainya.

Di Amazon ada yang menjual bibit mawar berwarna biru asli dengan harga $6.90 per 10 biji, di salah satu toko online Indonesia ada yang menjualnya Rp 10.000 saja. Apakah Anda percaya bahwa bibit tersebut akan tumbuh?

Kita telusuri di halaman Amazon (situs ritel terbesar di dunia) pada salah satu produk biji mawar biru, banyak sekali testimoni negatif terhadapnya. Berikut saya kutip beberapa testimoni terkait biji mawar biru tersebut yang langsung saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia:

Oleh Marty Nemko dengan judul: Tidak ada mawar biru. DAN bunga mawar sangat sulit ditumbuhkan dari biji.

“Saya seorang mawar hibrider profesional. Saya tahu banyak tentang mawar. Tidak ada mawar warna biru. Ya, ada lavender, tapi tidak ada mawar biru yang menyerupai pada gambar atau apapun yang bahkan dekat dengan biru. Tidak ada mawar biru langit. Tidak ada biru menengah. Tidak ada biru tua. Lavender, ungu ya. Biru, sama sekali tidak. Penjual ini harusnya malu karena mencoba menjual ini. Dan biji mawar apa pun sangat sulit untuk ditumbuhkan. Bahkan dalam kondisi germinasi dibawah pengawasan profesional yang dikontrol dengan hati-hati pada benih yang sudah distratifikasi (tetap dingin selama 6 minggu) ……”.

Oleh Phil dengan judul: Pembohong!

“Tidak ada mawar yang benar-benar biru, hitam, dll … pada warna mawar. Penipuan … mohon laporkan penjual ini dan seorang yang memberikan bintang 5 jelas adalah penipu yang sama kepada pelayanan pelanggan Amazon”.

Oleh David_gurgi dengan judul: Biji mawar Anda tidak akan berkecambah! – Tidak ada hasil – Aku ingin uangku kembali.

“Benih tidak tumbuh – tinjauan buruk. Benih tidak tumbuh – tinjauan buruk. Benih tidak tumbuh – tinjauan buruk – Tidak ada hasil. Saya ingin uang saya kembali”.

Jika Amazon belum menghapus produk tersebut, Anda dapat membaca testimoni lainnya disini. Jadi apakah Anda masih percaya bahwa bibit bunga mawar biru itu ada?

Foto kredit: Hiroshi Nishimoto


4 Comments

  1. pak Y.Wartin April 19, 2015
  2. Rudi Ardiansyah April 19, 2015
  3. Marina Menari May 19, 2015
  4. Arlan Liwu February 15, 2016

Leave a Reply