Cara Memotong Batang Bunga Mawar


Bagaimana cara memotong batang bunga mawar yang baik dan benar khususnya bagi bunga mawar yang ditanam dalam pot? Sesungguhnya terdapat beberapa teknik pemotongan yang bisa dilakukan, berbagai teknik tersebut dapat dilakukan sesuai dengan tujuannya masing-masing atau sesuai nantinya bunga mawar Anda ingin ditumbuhkan seperti apa. Teknik pemotongan pun berbeda sesuai dengan jenis bunga mawarnya. Adapun cara memotong batang bunga mawar yang akan saya bahas disini hanya terbatas pada jenis mawar yang saya jual yakni jenis semi holland dan juga mawar hias yang biasa kami sebut juga dengan jenis mawar lokal.
potong batang mawar dari atas
Mawar Semi Holland

Cara memotong batang bunga mawar jenis semi holland sebenarnya pernah saya bahas sedikit pada artikel sebelumnya yang membahas tentang cara menanam mawar semi holland dalam pot. Disini akan saya bahas lagi secara lebih lengkap.

Tak jarang orang yang memesan bibit mawar semi holland ingin menanamnya di rumah karena ingin agar nantinya bisa mendapatkan bunga mawar yang cantik dan juga bisa dipotong sebagai hiasan mawar potong untuk disimpan dalam vas bunga. Untuk itu, bunga mawar semi holland harus dipotong dengan teknik tertentu agar mendapatkan bunga yang besar, cantik dan juga tinggi batangnya.

Jika Anda menumbuhkan mawar semi holland dimana bibitnya didapatkan dari saya yakni bibit mawar polibag (hasil teknik okulasi), cara memotong batang yang wajib Anda lakukan pada pertama kalinya adalah melakukan teknik yang dinamakan pinching (memotong cikal bakal bunga yang pertama) seperti berikut:

Teknik pinching tanaman mawar

Hal tersebut sangat penting dilakukan apabila Anda menginginkan tanaman mawar semi holland Anda menghasilkan batang yang tinggi serta bunga yang besar. Beberapa pelanggan saya ada yang mengatakan tidak tega melakukannya, ada juga yang takut kalau nanti tanaman mawarnya menjadi mati. Sekali lagi, hal tersebut penting dilakukan agar bisa mendapatkan batang yang besar, tinggi serta bunganya besar. Tidak perlu takut tanaman mawarnya akan mati, justru nantinya akan tumbuh tunas baru yang lebih bagus. Lihatlah pada foto berikut:

Tanaman mawar setelah pinching

Dapat Anda lihat bahwa panah No. 1 menunjukkan pucuk batang yang sudah dilakukan teknik pinching sebelumnya. Lalu lihatlah panah No. 2, itu adalah tunas (batang) barunya yang muncul setelah sebelumnya dilakukan teknik pinching, batangnya lebih besar dan juga lebih tinggi-kan daripada yang pertama? Serta tanamannya juga tidak mati-kan?

Kemudian tunas baru tersebut apabila telah menjadi batang dan terlihat cikal bakal bunganya lagi, maka Anda harus melakukan teknik pemotongan pada pangkal batangnya namun tidak sampai potong (hanya patah saja), teknik ini dinamakan dengan nama teknik bending. Silahkan lihat caranya pada gambar berikut:

1
2

Nah, setelah teknik bending tersebut dilakukan, tunas baru akan muncul lagi dan tumbuh lebih bagus lagi daripada batang yang sebelumnya dilakukan teknik bending. Lakukan teknik bending tersebut minimal tiga kali dari awal penanaman. Setelah tiga kali dilakukan teknik bending, barulah Anda dapat membiarkan batang baru yang tumbuh hingga menghasilkan bunga mawar yang tinggi dan besar.

Tunas baru yang muncul hasil bendingan

Mawar Hias (Mawar Lokal)

 

Cara memotong batang bunga mawar hias sedikit berbeda dengan mawar jenis semi holland. Pada tanaman mawar hias tidak perlu dilakukan teknik pinching dan juga tidak perlu dilakukan teknik bending. Jika Anda mendapatkan bibit mawar hias dari saya, langsung saja tanam dengan cara penanaman yang telah saya berikan tipsnya pada artikel sebelumnya yakni cara menanam mawar dalam pot, dan biarkanlah dia tumbuh berbunga apa adanya.

Walaupun begitu, teknik pemotongan diperlukan agar tanaman mawar Anda rajin berbunga, terutama batang atau bunga yang sudah mulai mengering wajib untuk dipotong agar tunas baru muncul dan segera menghasilkan bunga yang baru. Adapun teknik pemotongan pada mawar hias ada dua macam dengan hasil yang akan berbeda.

Yang pertama adalah memotong tangkai (batang) dengan menghitung jumlah rumpun daun dari paling atas sebanyak 2-4 rumpun daun. Contohnya dapat Anda lihat pada gambar berikut:

1
2

Sedangkan yang kedua adalah kebalikannya, yakni memotong batang dari bawah dengan menghitung jumlah rumpun daun dari bawah ke atas sebanyak 2-4 rumpun. Contohnya dapat Anda lihat pada gambar berikut:

1
2

Nah, tujuan pemotongan dari atas untuk menghasilkan tunas-tunas baru sehingga bunga baru akan tumbuh namun tangkainya tidak akan terlalu tinggi. Sedangkan pemotongan yang dilakukan dari bawah bertujuan sama yakni untuk menghasilkan tunas serta bunga baru, namun tangkainya akan lebih tinggi daripada pemotongan yang dilakukan dari atas. Walaupun begitu tinggi batang tidak akan tinggi sekali seperti pada jenis mawar semi holland.

Cara memotong batang bunga mawar pada jenis lokal ini dapat juga diterapkan pada jenis semi holland jika Anda menginginkan tanaman mawar jenis semi holland tidak tumbuh terlalu tinggi.

Dengan mengetahui cara memotong batang bunga mawar di atas, diharapkan Anda dapat memilih ingin seperti apa tanaman mawar Anda tumbuh. Namun disamping itu, ternyata ada tunas mawar yang wajib dipotong, karena jika tidak, mawar Anda bisa mati. Tunas mawar apakah itu? Baca pada artikel ini: Tunas Mawar Ini Wajib Dipotong.


5 Comments

  1. firstfarming May 28, 2015
  2. Yuli Anti June 3, 2015
  3. Virtania Meirina vAgusta August 4, 2015
  4. vanny October 29, 2016
    • Admin October 30, 2016

Leave a Reply