Cara Menanam Mawar Dalam Pot


Bagaimana langkah-langkah cara menanam mawar dalam pot? Berikut saya berikan tips bagaimana cara menanam mawar pada pot khususnya bagi yang akan menanam dari bibit yang sudah berbentuk pohon (bukan biji mawar).

cara menanam mawar dalam pot

Langkah pertama, siapkan terlebih dahulu media pot yang memiliki lubang drainase dibagian bawahnya. Lebih besar pot lebih baik agar pertumbuhan akar pada nantinya bisa bergeriliya dengan cukup leluasa sehingga bisa menghasilkan bunga yang lebih baik. Kami sarankan minimal menggunakan pot berukuran diameter 30 untuk pertama kali. Ke depannya seiring bertambah besarnya mawar, pot dapat diganti lagi ke diameter yang lebih besar.

Contoh pot untuk bunga mawar

Langkah kedua, siapkan bibit bunga mawar yang akan ditanam. Jika Anda membeli bibit mawar kepada kami, bagi yang memesan di luar Kota Bandung secara eceran, kurang lebih bibitnya dikemas  seperti berikut.

Contoh kemasan bibit mawar kami

Langkah ketiga, siapkan media tanam bunga mawar. Bunga mawar tidak suka apabila media tanamnya terlalu padat (bantat), hal tersebut biasanya mengakibatkan tanaman bunga mawar susah untuk berkembang menjadi besar. Untuk itu media yang perlu disiapkan adalah sekam mentah dan tanah hitam dengan perbandingan 2:1 (contoh: sekam 2 gayung, tanah 1 gayung), lalu campurkan dan aduk hingga sekam dan tanah tercampur merata.

Campurkan 1 tanah kedalam 2 sekam

Langkah keempat, masukkan sekam mentah yang telah dicampur dengan tanah tadi ke dalam pot.

Masukkan campuran sekam mentah dan tanah kedalam pot

Langkah kelima, tanamkan bibit bunga mawar Anda kedalam pot yang telah diisi media tadi, usahakan pohon mawar Anda dapat berdiri tegak dan kokoh di tengah-tengah pot.

Bunga mawar selesai ditanam

Langkah keenam, siramlah bibit pohon mawar yang sudah tertanam pada pot dan telah berdiri dengan kokoh tersebut. Siraman pertama sebaiknya dilakukan dengan air yang cukup banyak. Setelah itu, simpanlah pot mawar Anda di tempat teduh dahulu hingga pohon mawar Anda dapat beradaptasi dengan baik di tempat Anda. Apabila sudah beradaptasi dengan baik (biasanya sekitar 1-2 minggu tergantung daerah), wajib simpan di tempat panas.

Siramlah bunga mawar Anda

Mudah bukan? Selengkapnya Anda bisa menyaksikkan video berikut:

Lalu bagaimana apabila di tempat Anda tidak ada sekam mentah? Silahkan baca artikel lainnya yang berjudul alternatif media tanam bunga mawar.


Leave a Reply