Cara Menghilangkan Hama Mawar (Wereng Hijau)


Tips cara menghilangkan hama mawar wereng hijau ini adalah khusus bagi Anda yang menanam bunga mawar dalam pot atau dipekarangan rumah. Karena tips yang akan diberikan untuk menghilangkannya tidak menggunakan obat kimia khusus tanaman, namun dengan cara manual yang mungkin bermanfaat bagi Anda yang kesulitan untuk mendapatkan obat-obatan kimia untuk tanaman di daerahnya.

Hama wereng hijau atau kecoklatan yang bentuknya sangat kecil ini biasanya menyerang daun dan pucuk bunga mawar, penampakkannya dapat Anda lihat pada foto berikut (mohon maaf kurang jelas karena hanya menggunakan kamera ponsel):
hama wereng hijau

Salah satu cara untuk menghilangkannya bisa dengan cara manual yakni dengan menggunakan tangan dan ambil satu persatu dengan jari-jari Anda dan musnahkan dengan meremasnya, menginjaknya, atau apapun itu agar mereka mati dan buang jauh-jauh dari tanaman bunga mawar Anda. Tentunya hal ini akan efektif jika Anda hanya memiliki sedikit tanaman mawar.

Cara kedua bisa dengan memotong pucuk atau batang mawar yang terkena hama tersebut dan musnahkan atau buang jauh-jauh. Tidak perlu takut mawar mati karena dipotong jika pada tangkai bagian bawahnya setelah dipotong masih tersisa minimal dua rumpun daun, maka nantinya tunas baru akan muncul lagi.

Cara ketiga bisa menggunakan semprotan air dengan pengaturan keluaran air menjadi tembakkan seperti berikut.

Lalu letakkan telapak tangan Anda di belakang batang atau daun tanaman mawar Anda sebelum air ditembakkan kepada wereng hijau tersebut seperti berikut.

Tembakkan air tepat mengenai sasaran hama, sehingga hama wereng hijau tersebut akan menempel pada telapak tangan Anda seperti berikut.

Kemudian musnahkan dengan cara meremasnya atau terserah mau Anda bagaimanakan yang penting mereka mati.

Cara keempat dapat menggunakan deterjen (merk apapun). Masukkan kurang lebih satu sendok teh deterjen kedalam wadah semprotan air dengan banyaknya air sekitar satu liter.

Kocok terlebih dahulu agar deterjennya larut dan berbusa, lalu semprotkan pada bagian tanaman bunga mawar Anda yang terkena hama wereng hijau itu dengan keluaran air berbentuk butiran halus (spray).

Itulah tips cara menghilangkan hama mawar khususnya jenis wereng hijau bagi Anda yang kesulitan untuk mendapatkan obat semprot kimia khusus tanaman di lokasi Anda, atau bagi Anda yang tidak mau menggunakan obat kimia tanaman. Namun, jika Anda ingin menggunakan obat kimia khusus tanaman, silahkan baca tipsnya pada artikel sebelumnya yang berjudul Daun Mawar: Bagian Yang Sering Diserang Hama.


Leave a Reply