Cara Petik Mahkota Bunga Mawar


Bunga mawar terdiri atas berlapis-lapis lembaran mahkota bunga, lembaran-lembaran ini disebut juga dengan nama petal. Cara petik mahkota bunga mawar yang baik merupakan suatu keharusan bagi para penjual bunga potong yang didalamnya menjual bunga mawar. Namun, apakah petalnya harus dipetik? Dan Mengapa?

Terlebih bagi para penjual bunga mawar potong entah itu dengan cara menjualnya satuan dengan dibungkus plastik atau dirangkai menjadi sebuah karangan bunga (buket) yang indah dimana mendapatkan pasokan bunganya dari luar daerah. Misalnya Anda yang berada di Kalimantan dan memesan bunga mawarnya kepada saya di Bandung, adalah suatu keharusan memetik petal mawar ketika bunga sudah sampai di tempat Anda.

Petal mawar yang harus dipetik hanyalah bagian terluarnya saja, namun mengapa harus dipetik? Hal ini dikarenakan biasanya petal bagian terluar suka agak lusuh atau terkadang agak rusak dikarenakan sudah mengalami perjalanan yang jauh atau memiliki warna yang berbeda dengan bagian petal-petal didalamnya. Contoh pada mawar merah (sexy red) warna petal bagian terluarnya biasanya berwarna merah lebih gelap dibanding petal-petal dibagian dalamnya.

Mungkin Anda bertanya “mengapa tidak dipetikkan saja sebelum dikirim?”. Tidak akan saya petikkan! Mengapa? Karena sesungguhnya lembaran mahkota bunga mawar paling luar adalah lembaran pelindung bagi lembaran-lembaran mahkota dibagian dalamnya, sehingga apabila saya petikkan terlebih dahulu untuk dikirim kepada Anda dimana lokasi Anda sangat jauh dari Bandung, maka resiko mahkota bunga mawar akan berguguran. Jadi petal bagian terluar tidak dipetikkan terlebih dahulu agar mahkota bunganya tidak berguguran dalam perjalanan menuju tempat Anda.

Lalu bagaimana cara petik mahkota bunga mawar bagian terluarnya tersebut? Lihatlah pada contoh bunga mawar merah semi holland berikut.

Dalam satu kodi mawar (20 tangkai) tidak akan selalu semuanya sempurna khususnya pada bagian lembaran mahkota bunga terluarnya. Pada gambar tersebut saya berikan contoh dimana terdapat petal mawar terluar yang agak rusak. Cara petiknya sebenarnya sangat mudah, tarik bagian petal terluar ke arah bawah seperti berikut.

 cara petik mahkota bunga mawar 1

Lalu petik dengan cara menariknya juga ke arah bawah dengan perlahan seperti berikut.

Petiklah semua bagian petal terluar hingga mahkota bunga mawar terlihat cantik seluruhnya seperti ini.

Yang harus diperhatikan adalah bahwa Anda tidak boleh memetik bagian kelopaknya. Bagian kelopak adalah aksesoris mahkota bunga yang berfungsi juga sebagai pelindung utama keseluruhan mahkota bunga. Kelopak pada bunga mawar adalah yang saya tunjuk dengan jari telunjuk pada gambar berikut.

Itulah tips cara petik mahkota bunga mawar dan alasan mengapa bagian lembaran mahkota bunga mawar terluar harus dipetik sebelum dijual kepada konsumen akhir. Cara petik lembaran-lembaran mahkota bagian dalam atau semuanya juga sama seperti itu jika Anda memang ingin memetiknya untuk keperluan lain semisal menjadi bunga tabur. Dan ternyata, selain dapat dijual sebagai bunga potong satuan atau untuk dirangkai menjadi karangan (buket) yang indah, bunga mawar juga khususnya bagian mahkotanya dapat juga dimanfaatkan menjadi peluang bisnis lainnya. Apakah itu? Silahkan baca artikel sebelumnya yang berjudul manfaatkan mahkota mawar untuk peluang bisnis lainnya.


4 Comments

  1. Lidya Angellia April 8, 2015
  2. Rudi Ardiansyah April 8, 2015
  3. Astriana Madjid February 22, 2016
  4. Rudi Ardiansyah February 22, 2016

Leave a Reply