Cara Merawat Mawar di Pot


Apa yang harus dilakukan ketika Anda memilih bunga mawar sebagai tanaman yang Anda tanam dalam pot? Dengan kata lain, bagaimana cara merawat mawar di pot sehingga tanaman bunga mawar Anda dapat tumbuh baik dan rajin berbunga? Yuk disimak tipsnya pada artikel kali ini.

Tanaman mawar merupakan tanaman yang membutuhkan sinar matahari penuh demi berlangsungnya kegiatan fotosintesis, yakni cara tanaman untuk menghasilkan zat makanan bagi dirinya sendiri. Oleh sebab itu, penyimpanan pot yang ditumbuhi bunga mawar harus disimpan di tempat terbuka atau di tempat yang terkena sinar matahari langsung.

Hampir semua makhluk hidup membutuhkan air untuk bisa melangsungkan hidupnya, tak terkecuali tanaman bunga mawar. Oleh karena itu, tanaman mawar harus selalu disiram setiap harinya 2 kali dalam sehari jika dalam keadaan cuaca panas yakni pagi dan sore. Pada suatu daerah yang memiliki cuaca lebih panas, tanaman mawar bisa disiram hingga 3 kali dalam sehari yakni pagi, siang dan sore hari. Namun, ketika datang musim hujan bagi mawar yang tidak terkena air hujan (pot mawar disimpan di bawah naungan semisal kanopi atau semacamnya seperti rumah kaca), cukup disiram sekali dalam sehari atau 2 hari sekali. Sedangkan bagi yang terkena air hujan, diusahakan menyemprotkan air ke bagian daun/bunganya segera setelah hujan reda agar air hujan tidak menempel, karena air hujan biasanya dapat mengakibatkan daun mawar menjadi rontok (Baca selengkapnya: Agar Mawar Tahan Hujan).

Ilustrasi penyiraman mawar

Ilustrasi penyiraman mawar

Selalu rutin memeriksa kondisi tanaman bunga mawar Anda, jika terdapat daun yang mulai menguning, petiklah dan buang agar mawar terhindar dari penyakit.

Ilustrasi pemetikan daun menguning

Ilustrasi pemetikan daun menguning

Selalu rutin juga melakukan penyiangan yakni membersihkan permukaan media tanam pada pot mawar yang biasanya ditumbuhi oleh gulma (rumput liar yang tidak diharapkan keberadaannya) agar nutrisi tidak dicuri tumbuhan lain yang tidak diinginkan keberadaannya

Ilustrasi pencabutan gulma

Ilustrasi pencabutan gulma

Lakukan juga pemotongan pada batangnya apabila bunga sudah mulai layu. Tips bagaimana cara memotong batang bunga mawar dapat Anda baca lebih lengkap pada artikel sebelumnya yang berjudul Cara Memotong Batang Bunga Mawar.

Ilustrasi pemotongan batang bunga mawar

Ilustrasi pemotongan batang bunga mawar

Tanaman mawar memerlukan nutrisi yang cukup agar dapat tumbuh dengan baik dan juga menghasilkan bunga yang bagus. Oleh karena itu, pemberian pupuk semisal pupuk NPK perlu rutin dilakukan setiap 2 minggu sekali atau selambat-lambatnya setiap satu bulan sekali.

Ilustrasi pemberian pupuk

Ilustrasi pemberian pupuk

Tak dapat dipungkiri bahwa tanaman bunga mawar rentan terhadap serangan hama. Seperti kita ketahui, hama dapat merusak pertumbuhan bunga mawar dan bisa mengakibatkan mati jika tanaman mawar yang terkena hama dibiarkan tanpa pengobatan. Jangan menunggu hingga tanaman mawar terserang hama baru diobati, tapi gunakanlah prinsip sedia payung sebelum hujan, yakni semprotlah tanaman bunga mawar Anda setiap seminggu atau 2 minggu sekali menggunakan pestisida (Baca Tips Antisipasi Hama Bunga Mawar).

Ilustrasi penyemprotan pestisida

Ilustrasi penyemprotan pestisida

Itulah tips sederhana cara merawat mawar di pot, semoga bermanfaat dan selamat menanam bunga mawar!


4 Comments

  1. ayen August 14, 2015
  2. Nur Midia September 11, 2015
  3. Hendry July 20, 2016
    • mawarku July 21, 2016

Leave a Reply