Tips Antisipasi Hama Pada Bunga Mawar Dalam Pot

Bunga mawar rentan terhadap berbagai hama yang dapat mengakibatkan tanaman ini rusak. Akan tetapi apabila ditanam dalam pot, hama yang paling sering menyerang adalah hama ulat danĀ wereng hijau. Hama ulat tentunya akan merusak bunga mawar karena mereka biasanya memakan daun dan juga bunganya itu sendiri, tidak mau kan tanaman bunga mawar Anda diserang oleh ulat seperti ini.
Hama ulat sedang menggerogoti bunga mawar
Hama ulat sedang menggerogoti bunga mawar

Namun tenang saja, bila tanaman bunga mawar Anda terkena serangan hama ulat terdapat pestisida yang dapat membasminya. Walaupun begitu, sebaiknya Anda menggunakan prinsip sedia payung sebelum hujan, yakni jangan biarkan hama ulat menyerang bunga mawar Anda, karena walaupun hama ulat dapat dibasmi dengan mudah ketika sudah menyerang, tetapi biasanya proses pemulihan mawar untuk menjadi sehat seperti sedia kala tidaklah sebentar. Oleh karena itu, Anda harus rutin memberikan penyemprotan pestisida terhadap bunga mawar Anda agar selalu tumbuh sehat. Untuk itu, yuk dibaca tips antisipasi hama pada bunga mawar dalam pot berikut ini.

Semprotlah tanaman bunga mawar Anda secara rutin menggunakan campuran obat Antracol dan Curacron setiap dua minggu sekali. Antracol dapat berfungsi untuk menyehatkan daun mawar sedangkan Curacron (insektisida) berfungsi untuk mengantisipasi agar hama khususnya ulat/serangga tidak mau menyerang tanaman bunga mawar Anda. Jika tidak ada Curacron di tempat Anda, Anda bisa menggantinya dengan insektisida merk lainnya.
Sepasang Curacron dan Antracol
Masukkan satu sendok makan Antracol ke dalam semprotan berkapasitas 5 liter air.
1 Sendok Antracol

Kemudian masukkan cairan Curacron sebanyak seperempat tutup botolnya ke dalam semprotan berkapasitas 5 liter air.

1/4 tutup botol Curacron
Lalu tambahkan air sebanyak 5 liter yang kemudian di aduk hingga larutan kedua pestisida tersebut larut secara merata dengan air.
Aduk pestisida
Aduk pestisida
Setelah itu semprotkanlah kepada tanaman bunga mawar Anda secara merata (batang, daun dan bunga).
Semprotkan secara merata
Selesai, tanaman mawar Anda pun akan berwarna keputih-putihan akibat penyemprotan tersebut, tapi tidak apa-apa, dari pada bolong-bolong dimakan ulat atau hama lainnya.
Penyemprotan selesai

Yang perlu diingat bahwa takaran penggunaan pestisida pada artikel ini adalah dengan campuran air sebanyak 5 liter, jadi apabila Anda menggunakan semprotan berkapasitas 1 liter, takarannya harus dikurangi lagi seperlimanya. Jadi Antracolnya adalah seperlima sendok makan dan seperlima dari 1/4 tutup botol Curacron. Jika pestisidanya tersisa dalam semprotan, jangan digunakan lagi untuk penyemprotan berikutnya, karena bila disimpan lama, fungsinya hilang. Disarankan untuk menggunakan sarung tangan dan jauhkanlah dari jangkauan anak-anak juga hewan peliharaan. Tips penyemprotan ini berlaku untuk musim kemarau, bila masuk musim penghujan dan mawar Anda terkena guyuran hujan, maka penyemprotannya berbeda, silahkan baca Tips Agar Mawar Tahan Terhadap Hujan.

Selengkapnya Anda dapat menyaksikan tips antisipasi hama pada bunga mawar dalam pot melalui video berikut:

8 COMMENTS

  1. apakah campuran Curacron dan Antracol ini hanya untuk tanaman mawar saja atau bisa untuk semua tanaman yang lain juga? terima kasih,

  2. Tolong solusinya. Ini saya baru berkebun tanaman mawar 4 bulan di dalam greenhouse. Tp masalahnya bunga saya terkena virus tepung berwarna putih.. itu menyerang bunga batang dan daun.. itu kombinasi obatnya gimna ya atau merk obatnya krna udah byk saya coba tp tidak memuaskan..??
    Terimakasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here