Tips Perlakuan Bibit Mawar Yang Baru Sampai Di Tangan Anda


Bagaimana tips perlakuan bibit mawar yang baru sampai dari tempat kami ke tempat Anda? Apakah sebegitunya Anda terima, harus langsung Anda tanam atau dibiarkan dahulu? Yuk, simak tipsnya berikut ini.
Bagi pemesanan bibit mawar eceran, biasanya kami kemas (paketkan) menggunakan kotak kardus kecil dalam pengirimannya seperti berikut.
Contoh pengemasan dus bibit mawar

Contoh pengemasan dus bibit mawar

Nah, begitu sampai ditangan Anda, tentunya Anda harus segera membuka dus tersebut dan mengeluarkan semua bibit mawar yang ada di dalamnya. Kurang lebih bibit mawar yang dikemas dalam dus seperti berikut ini.

Contoh kemasan bibit mawar
 Setelah itu, bukalah plastik yang menyelimuti bibit mawar seperti berikut ini.
Contoh bibit mawar kami
Tak dapat dipungkiri karena bibit mawar sudah menempuh perjalanan jauh selama satu atau dua hari dalam kotak dus yang berdesakan, biasanya kondisi bibit mawar kurang baik, dalam artian kurang segar atau agak layu. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, diharapkan Anda jangan langsung menanamnya pada pot atau tanah di tempat Anda. Maka yang harus Anda lakukan sebelum menanamnya adalah menyimpannya terlebih dahulu di tempat teduh dengan posisi berdiri (senderkan agar bisa berdiri) seperti berikut.
Berdirikan bibit mawar
Kemudian siramlah seluruh bagian bibit mawar tersebut dengan air yang cukup banyak dan diamkan selama kurang lebih satu sampai dua jam atau sampai bibit mawar terlihat lebih segar daripada pertama kali Anda terima.
Contoh penyiraman

Nah, setelah itu, baru kemudian boleh Anda tanam pada media pot, namun penyimpanan pot harus di simpan dulu di tempat teduh selama kurang lebih seminggu untuk proses pemulihan agar mawar dapat segar kembali dan beradaptasi pada lingkungan baru. Pada awal penanaman, penyiraman harus dilakukan dengan sangat banyak. Selama masa pemulihan, diharapkan untuk melakukan penyiraman sehari tiga kali. Jika bunga mawar terlihat sudah dapat beradaptasi di tempat Anda dengan baik. Kurangilah penyiraman hingga satu sampai dua kali saja dalam sehari tergantung kondisi cuaca disana dan pindahkan tanaman mawar Anda ke tempat yang terkena sinar matahari langsung.

Untuk tips bagaimana cara menanam bibit mawar kami dalam pot, silahkan baca artikel yang berjudul cara menanam mawar dalam pot (dalam artikel tersebut terdapat juga tips tentang media tanam apa yang cocok untuk digunakan).Dalam beberapa kasus, pihak ekspedisi (kurir ekspedisi) jasa pengiriman mengantarkan paket pada malam hari mungkin karena banyaknya paket yang harus diantar. Nah, bagaimana jika Anda mengalami hal ini? Dalam artian Anda menerima paket bibit mawar pada malam hari? Mungkin beberapa dari Anda sudah kelelahan karena aktivitas pada siang harinya, jadi apakah bibitnya bisa didiamkan dulu semalaman dan baru kemudian ditanam keesokan harinya? Jawabnya bisa, namun Anda harus melakukan tips sebelumnya di atas (mengguyur seluruh bagian bibit), lalu setelah itu rendamlah bagian akarnya dalam air seperti berikut.

Contoh perendaman akar mawar

Dalam beberapa kasus lainnya, tanaman mawar sulit beradaptasi ketika sudah ditanam khususnya di daerah yang memiliki suhu udara relatif panas, untuk mengatasi hal tersebut, diharapkan Anda untuk melakukan teknik sungkup bunga mawar.

Terima kasih kami ucapkan bagi yang sudah memesan bibit mawar kepada kami dan selamat menanam bunga mawar!


Leave a Reply