Mawar Terpopuler di Indonesia Versi Pribadi


Bunga mawar memiliki banyak sekali macam atau jenisnya, mungkin jika dikumpulkan dari seluruh dunia jenis bunga mawar bisa mencapai ribuan. Di tempat kami sendiri (Bandung) jenis bunga mawar banyaknya hingga mencapai ratusan jenis. Namun, biasanya kami menggolongkannya ke dalam dua jenis yakni mawar semi holland (mawar potong) dan mawar lokal (mawar hias).

Banyaknya jenis bunga mawar ini sebagian dikarenakan oleh tangan manusia yang melakukan perkawinan silang beda jenis. Namun, dari banyaknya jenis bunga mawar yang ada, hanya beberapa jenis yang populer. Hal tersebut mungkin dikarenakan minimnya promosi pada suatu jenis mawar (tidak banyak orang yang tahu), jenisnya sulit diperbanyak, bentuknya kurang bagus, perawatannya sulit, dan sebagainya.

Di Indonesia sendiri, bunga mawar yang paling populer adalah bunga mawar semi holland yakni jenis bunga mawar potong yang biasa diperuntukkan sebagai keperluan acara dekorasi pernikahan, buket tangan, hiasan vas bunga, ditanam dalam pot dan lain sebagainya. Mawar jenis ini bisa populer dikalangan pecinta mawar dikarenakan bentuknya yang indah dan juga memiliki mahkota bunga yang besar.

Yang kedua adalah jenis mawar lokal yakni jenis bunga mawar yang biasanya diperuntukkan sebagai tanaman hias dalam pot atau langsung ditanam pada tanah. Mawar lokal memiliki banyak ragamnya dengan keunikannya masing-masing. Perbedaan yang paling mendasar antara mawar semi holland dan mawar lokal adalah bahwa mawar semi holland dapat dijadikan untuk keperluan dekorasi, buket tangan, hiasan vas bunga dikarenakan memiliki daya tahan yang bagus apabila direndam dalam air yakni rata-rata bertahan selama seminggu. Sedangkan mawar lokal apabila dilakukan seperti itu, kekuatannya hanya bertahan selama 2-3 hari dan bentuknya yang kurang cocok apabila dijadikan sebagai dekorasi pernikahan dan lain sebagainya.

Mawar semi holland walaupun ragam warnanya tidak sebanyak warna lokal, dia memiliki ragam warna yang lumayan banyak juga, namun warna apakah yang paling populer? Tidak lain dan tidak bukan warna merah-lah yang paling populer, yakni yang memiliki nama beken dengan sebutan sexy red. Tak salah mengapa diberi nama sexy red, karena mawar ini memiliki warna merah yang sangat menarik hati dan enak dipandang (terlebih apabila itu pemberian dari si-dia). Tak heran juga mengapa ada pepatah “roses are red, violets are blue” (mawar itu merah, violet itu biru).

Mawar merah semi holland (sexy red)

Mawar merah semi holland (sexy red)

Makna dari mawar merah yang melambangkan arti cinta dan romantisme membuat mawar ini menjadi mawar yang paling dicari karena bisa dijadikan lambang bagi seseorang untuk mengungkapkan cinta atau kasih sayang kepada pasangannya. Mawar merah setangkai, dalam buket tangan, maupun rangkaian lainnya yang diberikan seseorang kepada pasangannya didapati dari penjual bunga yang disebut sebagai florist dimana florist ini pada umumnya menggunakan mawar merah jenis sexy red. Hal ini mendorong mawar sexy red semakin populer karena tidak ada lagi jenis mawar berwarna merah yang dapat dirangkai sedemikian rupa dan bertahan cukup lama selain mawar sexy red. Dari pengalaman pribadi pun (sebagai penjual bunga mawar potong sekaligus bibitnya), mawar merah jenis sexy red merupakan mawar terfavorit yang banyak dipesan oleh para pelanggan baik itu mawar potongnya maupun bibitnya.

Lalu mawar lokal jenis apakah yang paling populer? Berdasarkan pengalaman pribadi, mawar lokal yang paling populer (baca: paling banyak diburu) adalah mawar yang biasa kami sebut dengan nama mawar kampung. Lalu mengapa mawar kampung yang kami golongkan kedalam jenis mawar lokal ini adalah yang terpopuler? Hal ini dikarenakan mawar ini memiliki kelebihan lainnya dibandingkan dengan mawar lokal lainnya. Apakah kelebihan dan keunikan yang dimiliki mawar kampung? Silahkan cek terus blog ini karena akan saya bahas lebih lanjut mengenai mawar kampung pada artikel berikutnya.

Kesimpulannya adalah bahwa mawar terpopuler khususnya di Indonesia adalah mawar semi holland yang secara lebih spesifik terutama jenis sexy red. Mawar lokal tidak terlalu populer, namun yang paling populer diantara mawar lokal adalah jenis mawar kampung. Walaupun begitu, tulisan tentang mawar terpopuler ini adalah versi saya pribadi dimana kesimpulan mawar terpopuler ini didasari atas dasar pengalaman pribadi yakni yang paling banyak dipesan oleh para pelanggan saya. Jika Anda tidak setuju dengan tulisan ini, silahkan untuk berdiskusi pada kolom komentar yang tersedia. Mawar apakah yang menurut Anda paling populer khususnya di Indonesia dan apa alasannya?


Leave a Reply