Berapa Lama Bunga Mawar Mekar?


Berapa lama sih bunga mawar mekar dari mulai pertama tumbuh tunas barunya? Ketika Anda membeli bibit bunga mawar kepada kami, bibitnya sudah berbentuk pohon, terkadang sudah memiliki kuncup dan bahkan sudah berbunga. Nah, jika mendapatkan yang kuncup biasanya bunga akan mekar sekitar 1-2 mingguan dan bunga akan habis (gugur) sekitar 1-2 mingguan juga. Setelah itu Anda harus memotongnya (tips: cara memotong batang bunga mawar) agar mawar dapat cepat tumbuh kembali tunas baru yang bakal menjadi bunga baru berikutnya.
Bunga mawar sedang mekar

Bunga mawar sedang mekar

Nah pertanyaannya adalah: “Berapa lama waktu yang dibutuhkan bagi pohon mawar ketika bunga sebelumnya telah dipotong untuk tumbuh kembali menjadi bunga yang baru?”. Jawabannya adalah 45 hari! Ya, secara rata-rata bunga mawar kembali berbunga setelah dipotong kurang lebih selama 1,5 bulan. Itu pun dengan catatan perawatannya baik, pengairan cukup, nutrisi cukup dan sebagainya. Sehingga apabila perawatannya kurang baik, bisa jadi bunganya akan tumbuh lebih lambat.

Tunas baru pada batang mawar yang sudah dipotong

Selama 45 hari adalah waktu yang dibutuhkan bagi kebanyakan bunga mawar untuk menumbuhkan bunga baru setelah habis dipotong, terkecuali mawar merah semi holland (sexy red) dan mawar oranye semi holland (vodoo) rata-rata tumbuh lebih lambat yakni sekitar 50-55 hari. Mawar oranye dan terlebih mawar merah semi holland memang mawar yang paling lambat pertumbuhannya padahal terutama mawar merah (sexy red) adalah mawar yang paling banyak diminati.

Lalu, mengapa mawar potong (mawar semi holland) bisa diproduksi setiap tiga kali dalam seminggu atau bahkan setiap hari? Jawabannya sederhana saja yakni dikarenakan banyaknya jumlah populasi pohon yang ditanam oleh petani. Lima ribu pohon adalah penanaman paling minimal agar bisa memproduksi mawar potong sebanyak 3 kali dalam seminggu yang tentunya sudah mencakup hitung-hitungan ekonomi. Sedangkan untuk bisa dipanen setiap hari, seorang petani harus memiliki populasi pohon setidaknya 15-20 ribu pohon dengan catatan dapat melakukan setelan sedemikian rupa agar mawar dapat diproduksi menjadi setiap hari.

Kuncup bunga mawar

Lalu bagaimana dengan seseorang yang hanya menanam beberapa pohon saja untuk hiasan di halaman rumah, apakah berarti selamanya dapat melihat bunga mawarnya mekar pada satu pohon setiap 1,5 bulan? Tentu tidak! Karena jika pohon mawar yang ditanam dalam pot atau langsung di tanah pekarangan rumah sudah tumbuh besar dan banyak cabang pada batangnya, dalam satu pohon tersebut bisa Anda lihat bunganya mekar setiap 1-2 minggu sekali dikarenakan bunganya mekar dan habis saling bergantian karena banyak cabangnya. Terlebih jika itu bunga mawar jenis spray atau baby yakni jenis mawar yang bunganya kecil-kecil namun banyak, mawar jenis ini akan lebih rajin lagi berbunganya.

Namun, untuk membuat mawar tumbuh besar dan banyak cabangnya dengan tinggi sekitar 1-1,5 meteran. Anda membutuhkan waktu selama kurang lebih 1-1,5 tahun apabila membeli bibit mawar yang masih kecil. Lama juga ya? Itulah mengapa harga bibit mawar yang besar terbilang cukup mahal, karena waktu untuk menumbuhkannya hingga bertahun-tahun dimana dalam jangka waktu tersebut ada biaya-biaya perawatan yang harus dikeluarkan seperti pemupukan, pengobatan dan lain sebagainya.

Jika Anda membeli bibit mawar yang masih kecil dan Anda tanam sampai berhasil menjadi besar, maka pastilah menjadi suatu kebanggaan tersendiri. Namun, jika Anda ingin langsung mempunyai pohon mawar yang berumur diatas satu tahun, Anda dapat langsung membelinya kepada kami dengan catatan langsung berkunjung ke lokasi karena mawar yang sudah besar sulit untuk dipaketkan.

Maka sayangilah pohon mawar Anda, rawatlah dengan baik dan rajin seperti Anda merawat anak Anda sendiri, karena pertumbuhan si ratu bunga ini tidak lah secepat pertumbuhan rumput liar yang suka mengganggu mawar Anda.


One Response

  1. Ruzita August 12, 2016

Leave a Reply