Alternatif Media Tanam Bunga Mawar


Jika Anda sebelumnya sudah membaca artikel kami yang berjudul cara menanam mawar dalam pot, dimana disana dijelaskan juga media tanam apa yang cocok untuk menanam bunga mawar yakni sekam mentah dan tanah, kami yakin untuk media tanah bisa Anda dapatkan dengan mudah di tempat Anda, lalu bagaimana jika sekam mentahnya tidak ada? Untuk itulah artikel yang berjudul alternatif media tanam bunga mawar ini dibuat, silahkan baca terus ya.

Jika di tempat Anda tidak ada sekam mentah, maka alternatif media tanam pengganti adalah sekam bakar. Sekam bakar walau pun bahan dasarnya sekam mentah, namun biasanya mudah dijumpai di toko-toko bunga/tanaman hias atau toko-toko pupuk karena biasanya sudah dikemas dengan bagus, beda halnya dengan sekam mentah yang mungkin di beberapa daerah tidak ada karena sekam mentah biasanya tidak ada yang menjual dalam kemasan. Campurkan sekam bakar dan tanah dengan perbandingan 2:1 (sekam bakar 2, tanah 1), baca kembali cara menanam mawar dalam pot pada link di atas untuk melihat tata caranya.

Lalu bagaimana jika sekam bakar pun tidak ada? Anda bisa menggunakan pupuk kompos, yakni pupuk yang terbuat dari dedaunan. Pupuk kompos biasanya mudah ditemukan di toko-toko tanaman hias atau pun toko-toko pupuk. Campurkan dengan tanah dan perbandingannya sama dengan di atas yakni 2:1 (pupuk kompos 2, tanah 1). Namun, penggunaan kompos sebagai media tanam untuk bunga mawar ini lebih baik dijadikan alternatif terakhir apabila tidak ada sekam mentah dan sekam bakar. Hal ini dikarenakan penggunaan pupuk kompos untuk media tanam pindahan terkadang menjadikan tanaman tersebut khususnya mawar sulit untuk beradaptasi, karena media kompos agak panas sehingga membuat tanaman pindahan mawarnya kadang bisa mati gosong terutama di beberapa daerah dimana suhu udaranya sangat panas.

Lalu, jika media-media di atas tidak ada juga, Anda bisa menggunakan alternatif lainnya yakni dengan mengumpulkan dedaunan kering (busuk) yang biasanya berjatuhan di bawah pepohonan. Kumpulkan sebanyak-banyaknya untuk kemudian di potong-potong menjadi serpihan-serpihan kecil yang kemudian nantinya dicampurkan juga dengan tanah 2:1 (daun kering 2, tanah 1). Silahkan tonton video berikut ini:

 

Yang tidak boleh dijadikan sebagai media tanam khususnya untuk mawar pindahan yakni mencampurkan tanah dengan pupuk kandang. Hal ini dikarenakan pupuk kandang memiliki suhu yang sangat panas. Dapat dipastikan apabila mawar pindahan Anda ditanam dengan menggunakan media pupuk kandang, biasanya mawar Anda akan menjadi gosong dan kemudian mati. Pupuk kandang boleh digunakan jika mawar Anda sudah tumbuh baik di tempat Anda minimal 3 minggu. Walau pun sebenarnya penggunaan pupuk kandang sebagai media tanam mawar pindahan dapat juga digunakan, akan tetapi ada proses yang membutuhkan waktu 2 minggu.

Mungkin Anda bertanya, apakah tidak boleh menggunakan media tanah saja? Ya, jawabnya tidak boleh. Sering-sering cek blog ini ya, nanti akan dibahas juga mengapa menanam mawar pindahan tidak boleh hanya menggunakan media tanah saja, juga bagaimana jika hanya pupuk kandang saja yang tersedia. Terima kasih dan selamat berkebun.


Leave a Reply