Apa Yang Harus Dilakukan Jika Mawar Terkena Hujan?


Hujan merupakan berkah, hujan adalah rejeki karena kekeringan akan berhenti, namun hujan juga dapat menjadi musibah seperti banjir, longsor dan lain sebagainya walaupun hal ini bisa dikarenakan juga oleh andil perbuatan manusia. Ada pun terhadap bunga mawar, hujan dapat menjadi malapetaka baginya. Mengapa tidak? Apabila tanaman bunga mawar sering terkena hujan, biasanya daun-daun bunga mawar akan mengalami kerontokkan sehingga menghambat pertumbuhannya. Pada kasus ekstrim, jika dibiarkan terus menerus, tanaman bunga mawar akan mati karenanya. Jadi apa yang harus dilakukan jika mawar terkena hujan?

Ilustrasi hujan

Ilustrasi hujan

Bunga mawar merupakan tanaman matahari penuh, dia akan lebih sehat apabila terkena matahari sepanjang hari, kebalikannya dia sangat sensitif terhadap hujan, hujan mengakibatkan daun-daun dan bunga mawar mengalami kerontokkan. Untuk itu, pada artikel ini akan diberikan tips-tips yang dapat Anda lakukan untuk menyelamatkan bunga mawar Anda dari guyuran hujan.
Mawar Rontok

Apabila Anda menanam bunga mawar dalam pot, Anda dapat memindahkan pot bunga mawar Anda ke tempat yang teduh (tidak terkena hujan), namun apabila hujan berhenti, Anda harus memindahkannya kembali ke tempat dimana dia bisa terkena sinar matahari lagi. Ulangi cara ini setiap kali hujan turun dan juga reda.

Namun, jika tips pertama tadi tidak dapat Anda lakukan dikarenakan Anda tidak mau bolak-balik memindahkan pot bunga mawar Anda, atau bunga mawar Anda ditanam langsung di tanah, hal lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan selalu menyiram tanaman mawar Anda dengan air biasa dari rumah ketika hujan reda. Bukan medianya yang disiram, melainkan tanamannya yakni daun, batang, bunga (seluruh bagian dari pohonnya) agar air hujan yang menempel pada mawar segera bersih. Lakukan hal ini berulang-ulang setiap kali mawar Anda terkena hujan.
Penyiraman mawar menyeluruh

Alternatif lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan cara memasang plastik bening di atas tanaman mawar Anda sebagai penghalang air hujan agar tidak mengguyur mawar Anda. Bahasa lainnya adalah memasang green house sementara sehingga bunga mawar Anda tidak terkena air hujan namun tetap mendapatkan sinar matahari walaupun tidak langsung. Buka kembali green house sementaranya apabila musim panas tiba. Lalu mungkin Anda bertanya dalam hati, kalau begitu lebih baik pasang green house saja dari awal?

Memang benar, khususnya mawar semi holland terutama yang diperuntukkan sebagai budidaya bunga potong, harus menggunakan green house agar mendapatkan bunga yang panjang, lurus, besar. Namun perawatannya harus ekstra sekali, dimana hal tersebut mungkin tidak bisa Anda lakukan. Selain itu, penggunaan green house pada budidaya bunga mawar potong menghasilkan bunga atau batang yang relatif menjulang tinggi dan tunggal. Oleh karena itu, bagi Anda yang hanya menanam bunga mawar sebagai penghias halaman rumah tidak kami rekomendasikan untuk memasang green house. Hal ini dikarenakan apabila perawatannya tidak ekstra, tanaman mawar yang dinaungi plastik di atasnya akan memiliki batang yang tinggi namun tidak kokoh (gemulai) sehingga kurang enak dipandang. Akan tetapi, tidak ada salahnya juga hal ini untuk dicoba terutama bagi Anda yang tinggal di tempat dengan suhu udara yang sangat panas, karena bunga mawar tidak terlalu suka juga dengan suhu udara yang terlalu panas yang biasanya mengakibatkan bunga yang dihasilkan relatif lebih kecil dibanding dengan bunga mawar yang ditanam pada tempat dengan suhu udara lebih dingin.

Repot juga memang ya tipsnya? Namun begitulah hal yang harus dilakukan agar bunga mawar Anda tidak mengalami kerontokkan akibat guyuran hujan. Akan tetapi, jika Anda tidak ingin terlalu repot dengan melakukan tips-tips tersebut. Tips terakhir yang bisa dilakukan walaupun masih repot, namun tidak serepot tips-tips di atas adalah dengan melakukan penyemprotan pestisida terhadap tanaman mawar Anda. Lalu, bagaimana dan pestisida apa saja yang bisa digunakan? Silahkan baca pada artikel yang berjudul Tips Agar Mawar Tahan Terhadap Hujan. Terima kasih dan selamat berkebun.


Leave a Reply