Bunga Mawar


Siapa yang tidak mengenal bunga mawar, bunga yang cantik dengan beragam warna dan juga bentuk yang rupawan. Hingga saat ini tercatat lebih dari seratus jenis bunga mawar yang sudah ditemukan. Pada dasarnya, tanaman ini merupakan tanaman semak yang tangkainya mempunyai duri dan biasanya hidup di daerah sejuk. Tanaman ini biasanya juga tumbuh merambat atau bertumpu pada tumbuhan lain dan juga objek lain, misalnya tembok. Menurut riset, tanaman mawar bisa mencapai tinggi sekitar dua hingga lima meter. Dalam sejarah bunga mawar, tinggi tanaman ini bahkan bisa mencapai dua puluh meter apabila tangkainya merambat di tumbuhan lain.

Ciri-ciri tanaman bunga mawar pada dasarnya tidak jauh berbeda apapun macam spesiesnya. Walaupun mempunyai warna yang beragam, tetapi sebagian besar jenis bunga ini mempunyai lima kelopak atau mahkota bunga. Namun ada beberapa jenis spesies bunga mawar yang hanya memiliki empat kelopak bunga saja, seperti jenisĀ Rosa sericea. Selain tangkainya yang berduri, daun tanaman mawarpun bergerigi dan berbentuk lonjong menyirip pada ujungnya. Karena tergolong tumbuhan yang mempunyai daun majemuk maka tak heran jika kita sering menjumpai banyak helai daun, yang bisa berjumlah lima hingga sepuluh lebih, dalam setiap tangkainya.

Bunga mawar semi holland

Bunga mawar sering direpresentasikan sebagai simbol cinta dan romantisme. Bahkan di kalangan remaja bunga ini sangat laris pada saat momen-momen penting seperti hari kasih sayang atau yang bahasa kerennya dikenal sebagai hari Valentine. Bunga mawar juga sering sekali dipakai sebagai kado simpel nan manis untuk pasangan di hari ulang tahunnya maupun hari spesial lainnya. Tapi jangan salah, tak hanya anak muda saja yang memanfaatkan aura romantis dari bunga ini, pasangan yang sudah menikahpun juga banyak yang memakai mawar sebagai pilihan bunga kado untuk pasangannya.

Jika dilihat dari sisi estetik tentu tak diragukan lagi bunga mawar memang simbol romantisme, akan tetapi, tanaman ini juga memiliki banyak manfaat lain. Tak hanya sebagai hiasan untuk mempercantik ruangan, bunga mawar potong juga mempunyai bermacam-macam khasiat medis, antara lain untuk mencegah bakteri, membantu mengurangi resiko depresi, peradangan, dan bahkan sebagai antiviral. Kehebatan lain yang dimiliki tanaman mawar yang perlu kita ketahui adalah kadar vitamin C nya yang tinggi hingga tak heran saat ini sudah banyak inovasi produk sari tumbuhan mawar dalam bentuk selai, jelly maupun teh. Selain bahan makanan, sari mawar juga sangat efektif digunakan sebagai bahan dasar pembuatan parfum karena baunya yang harum tapi lembut. Daun-daun dan juga kelopak bunga mawar diuapkan dan disuling hingga menjadi minyak esens yang merupakan bibit parfum mawar.

Tanaman mawar sejatinya menghasilkan buah yang dikenal sebagaiĀ rose hips. Buah inilah yang memicu kedatangan serangga, burung dan hewan lain yang berperan penting dalam proses penyerbukan. Bagian daging buah inilah yang kaya akan kadar vitamin C yang tinggi dan kemudian menjadi bahan utama dalam pembuatan berbagai bahan makanan yang lezat dan bergizi. Tak heran bahwa tak hanya manusia saja yang suka mengkonsumsi hasil olahan buah ini tapi berbagai spesies burungpun sangat suka dengan buah bunga mawar ini. Biji mawar yang terbuang bersama kotoran burung-burung itu pulalah yang nantinya akan tumbuh menjadi tanaman mawar yang baru, jadi kita tidak perlu khawatir populasi tanaman mawar akan punah karena terlalu banyak burung pemakan biji mawar.


Leave a Reply