Teknik Sungkup Bunga Mawar


Apa itu teknik sungkup? Secara sederhana, teknik sungkup adalah cara membungkus tanaman untuk menciptakan kedap udara terhadap tanaman. Dimana fungsi teknik sungkup ini berguna untuk meningkatkan persentase pertumbuhan bibit tanaman dikarenakan penguapan (evaporasi) pada tanaman menjadi rendah, panas yang tercipta merata, kelembaban udara tetap dan banyak hal positif lainnya yang bisa diperoleh dari teknik sungkup khususnya terhadap pembibitan tanaman.

Kaitannya dengan bunga mawar, teknik sungkup ini sangat bermanfaat bagi bibit tanaman mawar pindahan. Oleh sebab itu, tulisan ini dibuat khususnya agar para pelanggan kami yang memesan bibit mawar kepada kami dapat menumbuhkan tanaman mawarnya dengan baik dan mengurangi persentase kematian khususnya bagi Anda yang tinggal di daerah dengan suhu udara di atas 30 derajat celcius.

Bibit bunga mawar yang kami tumbuhkan disini (Bandung) dengan suhu udara yang relatif sejuk, ketika dipindahkan ke tempat khususnya yang memiliki suhu udara relatif panas (dataran rendah), biasanya akan mengalami stres dengan ciri-ciri tanaman layu terus, daun terus berguguran, batang mulai berwarna kecoklatan dan pada akhirnya bisa mengalami kematian jika terus dibiarkan tanpa adanya usaha untuk memperbaiki kondisi tersebut. Nah, teknik sungkup ini berfungsi untuk merangsang agar tanaman mawar bisa cepat mengeluarkan tunas baru dimana tunas baru tersebut adalah tunas yang sudah bisa beradaptasi dengan suhu udara panas di daerah Anda.

Baiklah, tanpa berbasa-basi lagi, inilah cara-cara untuk melakukan teknik sungkup bunga mawar:

Pertama-tama, siapkan terlebih dahulu bibit mawarnya, pot yang memiliki nampan dan plastik bening dengan ukuran yang bisa dimasukkan oleh pot tersebut. Tanamkan terlebih dahulu bibit mawarnya pada pot tersebut (Anda dapat membaca tips cara menanam mawar pada artikel yang berjudul cara menanam mawar dalam pot).
Peralatan teknik sungkup mawar

Peralatan teknik sungkup mawar

Kemudian masukkan nampan dan potnya kedalam plastik bening tersebut (penggunaan nampan berfungsi agar air siraman tetap fokus berada pada media tanam). Lalu, ikat bagian atas plastik dengan karet gelang atau tali yang bisa membuat tanaman mawar tersebut menjadi kedap udara namun mudah dibuka untuk melakukan penyiraman.

Contoh pot mawar masuk plastik

Contoh pot mawar masuk plastik

Penyimpanan harus dilakukan di tempat teduh yang tidak terkena sinar matahari, penyiraman hanya dilakukan satu minggu 2 kali dengan air yang cukup (tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit) atau setiap media tanam terlihat mulai kering (sehingga media tanam diharuskan tetap lembab). Mudah sekali bukan? Namun, teknik sungkup bunga mawar ini biasanya memakan waktu 3-4 minggu atau sampai terlihat tunas baru yang muncul dan nampak kokoh.

Contoh mawar yang sudah disungkup

Contoh mawar yang sudah disungkup

Apabila daerah Anda tidak terlalu panas (relatif sejuk), maka teknik sungkup biasanya tidak perlu dilakukan namun tetap mengikuti langkah-langkah tips perlakuan bibit mawar yang baru sampai di tangan anda. Pun dibeberapa daerah panas ada juga yang berhasil tanpa harus melakukan teknik sungkup seperti di Jakarta. Ada pun contoh kota yang dalam pengalaman kami harus dilakukan teknik sungkup contohnya di Makassar.

Namun, jika Anda malas untuk melakukan teknik sungkup (bagi yang berada di daerah panas), Anda bisa mencoba menanam bunga mawar tanpa teknik sungkup terlebih dahulu. Akan tetapi, jika terjadi gejala-gejala dimana tanaman mawarnya terlihat sulit beradaptasi, maka jalan keluarnya Anda harus melakukan teknik sungkup.

Untuk lebih memperjelas bagaimana langkah-langkah teknik sungkup bunga mawar, silahkan ditonton videonya berikut ini:


Leave a Reply