Tips Agar Mawar Tahan Terhadap Hujan


Tanaman mawar rentan sekali terhadap hujan, apabila sering terkena hujan, daun-daunnya akan rontok. Artikel serupa dengan judul tips agar mawar tahan terhadap hujan ini sebelumnya telah kami tulis pada artikel sebelumnya yang berjudul Apa Yang Harus Dilakukan Jika Mawar Terkena Hujan? Artikel kali ini adalah lanjutan daripada artikel sebelumnya tersebut, dimana pada tips sebelumnya dijelaskan bagaimana cara agar mawar tidak terkena dampak negatif dari guyuran hujan dengan cara-cara konvensional dan terbilang organik (tanpa pestisida). Nah, artikel kali ini khusus menjelaskan bagaimana dan pestisida apa saja yang dapat digunakan agar mawar kita tidak rentan terhadap hujan.
Mawar terkena hujan

Mawar terkena hujan

Siapkanlah AntracolDithaneCuracronTrubus, perekat pestisida dan tentunya alat semprotan. Dimana kita bisa mendapatkan pestisida-pestisida tersebut? Anda dapat mencarinya di toko-toko pertanian yang ada di daerah Anda, merk daripada pestisida-pestisida tersebut biasanya mudah ditemui. Mohon untuk diperhatikan, takaran yang akan kami paparkan di bawah adalah takaran dengan perbandingan air sebanyak 5 liter. Jadi apabila Anda akan mencampurkannya dalam takaran 1 liter, maka takarannya harus disesuaikan lagi (dibagi 5).

Pestisida dan semprotan mawar

Pestisida dan semprotan mawar


Antracol
 berbahan aktif propineb 70% merupakan fungisida yang berfungsi untuk mengendalikan penyakit jamur, penggunaannya pada tanaman mawar berfungsi sama serta memberikan suhu hangat sehingga mengurangi dampak dinginnya guyuran hujan. Takarannya adalah 1 sendok makan.

Dithane M-45 berbahan aktif mancozeb 80% merupakan fungisida yang berfungsi untuk melindungi tanaman dari serangan jamur lebih lanjut, penggunaannya pada tanaman mawar khususnya dimusim penghujan dapat mengendalikan penyakit bercak daun, busuk daun, busuk bunga dan gugur daun (daun rontok). Takarannya adalah 1 sendok makan.

Curacron 500EC merupakan insektisida yang dapat digunakan untuk mengendalikan hampir semua jenis tanaman seperti ulat, kutu daun, jangkrik, dll. Takarannya adalah seperempat tutup botolnya. Jika tidak ada curacron, maka bisa diganti dengan insektisida lainnya yang ada di tempat Anda.

Trubus merupakan pupuk penyubur daun, sehingga pengaplikasiannya untuk tanaman mawar tentunya agar daun mawar tetap sehat dan lebih subur. Takarannya adalah 1 tutup botolnya. Jika tidak ada trubus di tempat Anda, maka bisa diganti dengan pupuk penyubur daun lainnya semisal growmore.

Perekat pestisida berfungsi agar campuran-campuran pestisida tersebut dapat lebih merekat pada tanaman mawar, terlebih dimusim penghujan sehingga campuran-campuran pestisida tersebut apabila terkena guyuran hujan tidak lekas hilang olehnya namun tetap menempel sehingga fungsi daripada pestisidanya tidak hilang atau dapat bertahan lebih lama. Anda dapat menggunakan merk apa pun yang ada, namun disini kami biasanya menggunakan merk pro sticker.

Campurkanlah pestisida-pestisida tersebut dengan campuran air sebanyak 5 liter, aduk merata lalu semprotkan pada tanaman mawar Anda secara merata dan menyeluruh  menggunakan semprotan yang dapat mengeluarkan cairannya menjadi butiran-butiran halus (spray). Semprotkanlah ramuan pestisida ini satu minggu sekali khususnya dimusim penghujan.

Mohon diingat kembali, bahwa takaran yang kami paparkan di atas adalah untuk perbandingan air sebanyak 5 liter, sehingga takarannya akan berubah apabila takaran airnya pun berbeda. Sebagai contoh, apabila Anda menggunakan semprotan 2,5 liter, maka takaran untuk Antracolnya dibagi dua yakni menjadi setengah sendok makan. Sebaliknya apabila air yang digunakannya adalah 10 liter, maka takaran Antracolnya menjadi 2 sendok makan dan seterusnya.

Tips lainnya yang perlu diperhatikan adalah sebaiknya menggunakan sarung tangan terlebih bagi Anda yang tidak terbiasa menggunakan pestisida. Cuci tangan dengan sabun dan benar-benar bersih apabila Anda tidak menggunakan sarung tangan selepas mengaplikasikan pestisida tersebut. Juga jangan lupa untuk menjauhkannya dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Selengkapnya bagaimana cara mengaplikasikan pestisida-pestisida tersebut, dapat Anda saksikan melalui video berikut ini:

Selain penggunaan pestisida, tanaman mawar membutuhkan pupuk kandang agar semakin kuat tahan terhadap hujan. Baca tips penggunaan pupuk kandang tersebut disini.


Leave a Reply